Persiapan Menghadapi Job Fair, Temukan Beberapa Tips Berguna Bagi Job Seekers

Kali ini Cerdaskan.ID akan memuat artikel mengenai persiapan menghadapi job fair, dan temukan beberapa tips berguna bagi job seekers. Di dalam artikel ini akan dimuat hal-hal apa saja yang perlu kamu persiapkan ketika mendatangi job fair.

Bagi kamu yang masih freshgraduate dan hendak mencari kerja, artikel ini bisa kamu pelajari terutama ketika event-event job fair sudah menjamur di kotamu. Yuk simak lebih lanjut artikelnya!

Pendahuluan

Mencari pekerjaan menjadi sebuah keharusan dan agenda wajib bagi setiap orang setelah lulus sekolah atau lulus kuliah. Terutama bagi kamu yang memang berencana bekerja setelah lulus. Salah satu sumber informasi penting mengenai lowongan pekerjaan adalah job fair.

Persiapan menghadapi job fair bagi para job seekers. Source: Pexels.com

Sedikit cerita bagi kamu yang masih asing dengan job fair, job fair sebenarnya sama saja dengan career expo atau pameran kerja dsb. Acara tersebut merupakan salah satu cara perusahaan untuk berkumpul dan mempertemukan diri dengan para pencari kerja secara face-to-face. Di sana akan tersedia banyak sekali informasi seputar lowongan pekerjaan yang tersedia di suatu perusahaan, bahkan kamu bakalan bisa melakukan walk-in interview di lokasi job fair, dan tak jarang perekrutan langsung dilaksanakan di lokasi.

Baca juga : 10 Soft skills yang harus kamu miliki dalam menghadapi ekonomi tahun 2020

Bagi kamu yang tinggal di kota besar, tidak akan terlalu sulit menemukan event job fair. Malahan event tersebut tidak hanya diadakan di satu tempat, atau di satu waktu, sehingga para jobseekers bisa memilih waktu yang pas untuk hadir. Dikarenakan job fair merupakan jalan efektif untuk dapat melamar pekerjaan, tak jarang kamu akan bertemu ratusan bahkan ribuan pelamar di lokasi yang siap bersaing denganmu. Maka, dibutuhkan nilai lebih yang ada pada dirimu agar kamu dapat dipilih dari sekian banyak orang yang mendaftar.

Job fair tidak hanya berisi informasi seputar pekerjaan yang kamu butuhkan, tapi job fair juga merupakan tempat mencari informasi seputar magang atau freelance. Karenanya kamu harus benar-benar mempersiapkan banyak hal ketika mendatangi job fair. Pastikan datang dengan mental kuat dan berkas mendukung untuk mencari kerja. Jangan sampai kamu datang ke job fair tidak mendapatkan informasi apa-apa karena kamu tidak aktif bertanya pada perusahaan-perusahaan tersebut.

Untuk lebih jauhnya yuk simak persiapan menghadapi job fair lainnya di bawah ini.

Persiapan Menghadapi Job Fair

Mencari informasi mengenai event job fair secara detail dan akurat

Cari informasi se detail mungkin mengenai job fair yang akan didatangi. Source: Pexels.com

Hal yang pertama kali harus kamu pertimbangkan dan cari tahu yaitu mencari informasi mengenai kegiatan job fair yang akan kamu datangi. Informasi di sini baik berupa kapan dilaksanakannya event tersebut, lokasinya, jam berapa dimulai dan diakhiri, perusahaan apa saja yang ikut serta, lowongan pekerjaan bidang apa saja yang dibuka di masing-masing pekerjaan yang berkaitan dengan jurusan dan keahlianmu, dan persyaratan apa saja yang harus dibawa. Ingat, jika kamu me list-down masing-masing informasi tersebut, maka akan lebih mudah untuk kamu ingat.

Baca juga: Bagi Kamu yang Ingin Melamar Kerja, Panduan Membuat Surat Lamaran Kerja Ini Bisa Jadi Rujukan

Dengan mengetahui jalannya kegiatan job fair secara akurat dan tepat akan memudahkan kamu mengatur strategi menghadapinya. Pastikan kamu mengetahui lokasi, jam, siapa penyelenggarannya dan perusahaan mana saja yang terlibat.

Di samping itu, kamu juga harus mengetahui apakah ada tahapan perekrutan kerja seperti tes seleksi atau wawancara kerja yang akan dilakukan saat job fair berlangsung. Biasanya, flyer atau informasi website sudah di informasikan rangkaian kegiatannya, bahkan tak jarang yang juga menghadirkan tokoh tertentu untuk kegiatan sharing/workshop. So jangan sampai kamu ketinggalan informasi kegiatannya ya!

Mencari tahu lowongan kerja yang tersedia

Kalau ada yang tersedia kenapa tidak di apply? Source: Pexels.com

Persiapan lainnya atau tips yang kamu perhatikan yaitu mencari tahu lowongan kerja apa saja yang tersedia yang mungkin menjadi incaranmu. Pertama, kamu cari tahu perusahaan apa saja yang terlibat dalam job fair. Biasanya mereka memiliki website dan akan membuka lowongan di sana. Tentunya lowongan tersebut akan di bawa ke job fair loh.

Jangan lewatkan kesempatan emas ini, terlebih jika mereka membuka walk-in interview di job fair. Jika memang perusahaan tersebut sesuai dengan kualifikasi dan iklim kerjanya cocok dengan mu, tidak salah untuk mencoba apply pekerjaan tersebut. Menarik kan?

Tapi jangan lupa mempersiapkan diri jika kamu akan mengikuti walk-in interview tersebut ya. 

Persiapkan CV yang matang

Alat tempur dalam mencari kerja terutama untuk tahap awal hiring yaitu penyertaan Curriculum Vitae (CV). Bahkan ada yang mewajibkan membuat surat lamaran kerja juga. Ingat, bawa beberapa rangkap hardcopy CV mu, yang tentunya akan kamu sebar tidak hanya di satu perusahaan saja, karena bisa jadi di satu event job fair, perusahaan yang ikut serta bisa puluhan. Makin banyak CV yang tersebar, maka makin banyak juga peluang mu untuk diterima disuatu perusahaan, bukan?

Dikarenakan CV memiliki peranan yang krusial dalam penyeleksi melihat potensi diri kamu, kamu perlu memiliki CV yang unik dan menarik terutama dari sisi design dan konten yang sesuai dengan keahlian mu dan posisi yang akan dilamar.

Ingat, dari sekian ratus bahkan ribuan orang yang melamar ke suatu perusahaan, penyeleksi tidak akan sempat menanyai satu per satu orang tersebut, oleh karena itu hidupmu hari itu bergantung pada CV-mu.

Baca juga tulisan Cerdaskan.ID lainnya :

PanduanMembuat Curriculum Vitae (CV) yang Menarik
Cara Membuat Curriculum Vitae dalam Bahasa Inggris

Mempersiapkan CV bagi freshgraduate merupakan kegiatan yang harusnya dilakukan dari jauh-jauh hari. Supaya ketika datang masa melamar kerja, kamu hanya tinggal merapihkan dan mencetaknya. Jangan lupa, setiap kali kamu melaksanakan kegiatan yang kiranya bisa ditambahkan di CV-mu maka update lah CV mu untuk lebih baik lagi. Kegiatannya apa aja? Misalnya magang, kerja freelance, mengikuti workshop atau seminar, pelatihan, dll.

Gunakan dress code yang tepat

Seragam formal yang digunakan oleh pekerja. Source: Pexel.com

Sebagai orang yang akan melamar kerja, tentunya pakaian yang digunakan harus sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Biasanya para pencari kerja pria akan mengenakan pakaian formal seperti kemeja dan celana gelap (biasanya warna hitam).

Tidak jarang dengan menambahkan sabuk (ikat pinggang), jas atau dasi demi menambah daya tarik penampilan. Begitupun juga untuk wanita, biasanya dress formal yang sopan serta high-heels akan menunjang penampilan. Jangan saltum (salah kostum) yaa..

Yang perlu kamu hindari dalam penggunaan dresscode ketika akan melamar kerja adalah jangan menggunakan celana jeans. Ini akan mengurangi kadar keformalan penampilan kamu. Ditambah lagi biasanya para pekerja kantoran tidak pernah menggunakan jeans, kecuali hari tertentu dan merupakan kebijakan perusahaan yang membolehkan pakaian non-formal.

Persiapkan dan bawalah alat pendukung lainnya

Usahakanlah ketika kamu mendatangi job fair biasakan membawa alat pendukung yang berkaitan dengan pencarian kerja atau mencari informasi. Alat tersebut bisa berupa alat tulis.

Selain itu, pertimbangan untuk membawa flash disk yang berisi soft copy berkas yang diperlukan untuk melamar kerja. Jika dirasa perlu, kamu juga bisa membawa laptop untuk membackup data penting lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Dalam Bahasa Inggris

Tentukan strategi ‘rute’ yang akan dikunjungi

Hal yang harus kamu pertimbangkan adalah rute efektif ketika berada dalam gedung job fair. Karena ketika di sana akan terdapat banyak sekali perusahaan yang membuka standnya. Ditambah situasi yang pastinya crowded oleh job seeker lainnya. Tidak jarang kamu akan kebingungan dan hilang arah. Maka dari itu, kamu harus menemukan rute se-efektif mungkin guna mencapai perusahaan tujuan kamu di job fair tersebut.

Kamu bisa menyiasatinya dengan mengunduh denah lokasi job fair, atau kamu harus mempelajari gedung yang digunakan. Dimana letak pintu masuk, stand perusahaan yang sudah kamu bidik, ataupun pertimbangan lainnya yang patut masuk dalam perhitungan kamu.

Yang paling penting pertimbangkan waktu berjalannya acara, terutama proses perekrutan oleh perusahaan, jika ada. Jangan sampai waktu kamu seharian habis percuma dengan berputar-putar kebingungan dan berakhir dengan asal apply ke perusahaan yang belum sesuai denganmu.

Siapkan diri untuk apply, bahkan wawancara di tempat

Jangan membuat diri gugup setelah masuk ruang job fair. Apalagi bersikap inferior melihat kualifikasi orang lain yang lebih dari kamu. Karena perusahaan akan mencari orang yang sesuai dengan yang dibutuhkan dengan iklim kerjanya. Ditambah akan ada seleksi terlebih dahulu, seperti wawancara di tempat.

Kamu harus mempersiapkan ini. Jangan gugup juga ketika kamu diwawancara beberapa sesi ketika dalam job fair. Memang begitulah tujuan job fair yang memang berguna untuk mempertemukan job seeker dan perusahaan. Pastinya sesi wawancara kerja bukan merupakan hal yang tidak mungkin terjadi di hari H.

Setelah kamu apply dan sudah melewati berbagai tahapan seleksi bahkan wawancara kamu hanya tinggal mem-follow up proses tersebut.

Jalin komunikasi dan lakukan networking dengan orang lain

Bangun jaringan seluas mungkin di mana pun. Source: Pexels.com

Selain melamar kerja, kamu bisa membangun komunikasi dan relasi yang baik dengan perusahaan atau job seeker lainnya. Di sana pertemuan dengan orang baru akan besar kemungkinannya. Jika kamu bertemu dengan sesama pencari kerja biasanya interaksi yang terjalin akan lebih erat, dan bisa menjadi jaringan kamu dalam mencari kerja berikutnya.

Memang menjalin komunikasi dan networking tidak hanya bertujuan dalam bertukar informasi pencarian kerja, tapi kamu juga bisa menjalin pertemanan. Karena berinteraksi dengan orang yang dikenal akan lebih mencairkan suasana ketimbang bertemu dengan orang asing. Sehingga proses pertukaran informasi akan lebih mudah dilakukan.

Baca juga: 5 Hobi yang Menghasilkan Uang Untuk Pelajar. Perlu Kamu Coba Nih! 

Persiapkan fisik dan mental secara optimal

Persiapan fisik dan mental adalah poin utama lainnya. Persiapan fisik di sini yaitu kamu harus mempersiapkan tubuhmu tetap bugar, sehat dan cukup tidur. Penampilan fisik yang sehat akan menambah nilai lebih dalam pandangan orang lain dan menandakan kamu siap untuk bekerja. Kalau memungkinkan, sarapan dulu sebelum berangkat, sehingga saat berkeliling di dalam lokasi, kamu tidak akan pusing dan kelaparan.

Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan mental secara optimal. Persiapan mental dimaksud seperti kepercayaan diri yang kuat, mengenali potensi diri, dan tentunya tidak merasa inferior dan gugup ketika akan melamar kerja. Karena pengaruh mental akan berdampak pada perilaku dan sikap kamu di depan HRD atau atasan yang mencari tim. Selain itu dengan mental yang sehat kamu akan lebih siap berkompetisi dengan job seeker lainnya.

Penutup

Untuk saat ini dicukupkan sampai di sini ya. Semoga artikel persiapan menghadapi job fair ini bisa bermanfaat bagi kamu. Bagi kamu yang masih fresh graduate tetap semangat dalam mencari kerja. Karena menurut kabar, situasi stres terbesar yaitu ketika kamu sudah lulus terutama lulus kuliah, karena kamu sudah mulai dituntut untuk bekerja, namun posisi kamu masih mencari pekerjaan. So, bawa kalem saja. Jangan putus asa, tetap berpikir positif, berusaha, dan jangan lupa berdo’a. Kami doakan semoga kamu segera mendapatkan pekerjaan yang baik dan sesuai dengan minat dan keahlianmu.

Nah, jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisanmupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya.

Terima kasih.

Daftar Pustaka

Youthmanual, https://www.youthmanual.com/post/dunia-kerja/persiapan-kerja/ikutan-job-fair-apa-saja-yang-perlu-kamu-lakukan

Glints, https://glints.com/id/lowongan/tips-sukses-job-fair/

Cermati, https://www.cermati.com/artikel/tips-sukses-mendapat-pekerjaan-melalui-job-fair

Finansialku, https://www.finansialku.com/6-tips-sukses-mengikuti-job-fair-untuk-para-pencari-kerja/

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

This Post Has 3 Comments

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu