Panduan Membuat Curriculum Vitae (CV) yang Menarik

Kali ini Cerdaskan.ID akan memuat artikel mengenai bagaimana membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik.

Bagi kamu yang ingin melamar kerja, ingin melamar posisi magang di suatu perusahaan, melamar beasiswa atau sekedar butuh sebagai referensi tugas Bahasa Indonesia mengenai CV, kamu perlu menyimak artikel ini. Yuk simak artikel “Panduan Membuat Curriculum Vitae (CV) yang Menarik”.

Pendahuluan

Mungkin sebagian dari kamu saat ini sedang ingin mencari kerja atau melamar beasiswa. Apapun alasannya, ketika kamu ingin masuk ke dalam suatu instansi atau organisasi baik pekerjaan atau beasiswa kuliah pasti akan dimintai CV.

Tidak hanya percantik diri, percantik CV juga perlu.

CV merupakan akronim atau kependekan dari Curriculum Vitae atau resume. CV berisi gambaran atau deskripsi mengenai riwayat diri dan memuat kualifikasi diri. Jadi sederhananya CV merupakan alat bagi kamu untuk mengenalkan diri pada orang lain. Oleh karena itu, bagaimana orang lain mengenal dan menilaimu tergantung pada kualitas CV yang dibuat.

Singkat kata, saat ini setiap organisasi yang membutuhkan seleksi pasti pertama kali yang diminta adalah CV. Ibaratnya ketika kamu akan masak, hal yang pertama kamu butuhkan adalah rincian bahan-bahan. Ini berarti dengan CV kamu diuji seberapa kuat kamu mengenal kelebihan dan kekurangan diri untuk “dijual” pada orang lain. Di samping itu kamu perlu juga mampu untuk membuat tampilan CV kamu menarik. Menarik disini mungkin dalam artian beda dari orang lain, tapi tetap sesuai kaidah ya.

Panduan Membuat Curriculum Vitae (CV)

Pentingnya CV

Berdasarkan website Finansialku, Curriculum Vitae biasanya digunakan juga untuk melengkapi surat lamaran kerja. Sering kali HRD tidak akan melirik surat lamaran kerja ketika CV yang kamu buat kurang menonjol dari pelamar lain. Karena setiap perusahaan atau organisasi yang dituju pasti memiliki sistem perekrutan dan sistem penilaian yang berbeda. Ini disebabkan oleh beragamnya latarbelakang si pelamar, pengalaman, prestasi ataupun hal-hal lainnya yang hanya bisa diketahui melalui deskripsi CV orang tersebut yang harus dibaca dan diperhatikan dengan baik oleh HRD suatu perusahaan.

Perlu kamu ketahui jumlah angkatan kerja di Indonesia semakin tahun itu bertambah. Menurut data Badan Pusat Statistika (BPS) jumlah angkatan kerja di Indonesia sebanyak 133,94 juta orang bulan Februari 2018. Dengan rincian naik 2,39 juta orang daripada Feburari 2017 lalu. Dengan data begitu pastilah pencari kerja sangat banyak di Indonesia sehingga memerlukan kualifikasi yang menarik dan menonjol dibanding pelamar yang lainnya.

Yuk cari tahu cara membuat Curriculum Vitae di bawah ini.

Persiapan sebelum membuat Curriculum Vitae

Pikirkan kronologis riwayatmu

Saran saya hal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah menyiapkan satu kertas, kemudian coba ingat-ingat apa yang telah kamu lakukan pada pekerjaan dan pendidikan terakhirmu. Coba tuliskan secara terurai dan berurutan sesuai alur kronologisnya supaya memudahkan ketika memasukannya ke dalam template Ccurriculum Vitae.

Siapkan analisis diri dengan SWOT

Kemudian kamu coba analisis diri kamu, biasanya analisis diri menggunakan analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, dan Threats). Dalam menganalisis kamu juga bisa menanyakan kepada orang terdekat kamu mengenai pendapat mereka, karena kemungkinan ada sesuatu tentang diri kamu yang kamu belum sadari yang mungkin saja bisa dimasukkan dalam CV-mu.

Contoh analisis strategi. Source: Dokumen pribadi

N.B. Mengingat pentingnya riwayat diri untuk diketahui dan dituliskan, buat kamu yang masih lama dalam melamar, mau melamar doi atau kerja wkwk, saya sarankan untuk konsisten dalam menulis di buku catatan. Karena dari sana kamu akan mengetahui setiap makna perjalanan hidup kamu.

Cari tahu iklim organisasi/tempat kerja

Di samping itu juga kamu perlu tahu bagaimana iklim organisasi atau keadaan tempat kerja yang akan kamu tuju. Kamu harus mengetahui visi, misi, dan etos kerja perusahaan tersebut. Sehingga kamu akan mencocokan dengan data diri hasil analisis kamu untuk dituangkan di CV.

Bagi kamu yang akan bekerja, lakukan research jenis pekerjaan yang akan kamu tuju. Cari persyaratan pelamar yang dibutuhkan seperti riwayat pendidikan, keterampilan, dan prasyarat lainnya yang tentunya setiap pekerjaan akan berbeda kebutuhan.

Profesi yang akan dilamar merupakan gambaran CV kamu. Maksudnya kamu harus bisa mengenal posisi pekerjaan yang dilamar. Misalkan ketika kamu melamar sebagai seorang creative design, tentunya dong CV kamu harus benar-benar menarik dan kreatif. Namun ketik kamu ingin melamar posisi sebagai supervisor di korporat formal tentunya jangan mencolok mata. Jadi, definisi menarik juga harus diartikan sesuai dengan profesi yang akan kamu lamar.

Cari template juga tools yang menarik dan sesuai

Setelah itu, kamu tinggal coba mencari template yang sesuai. Sekarang ini template banyak banget tersedia di internet, kamu hanya perlu membuat versi kamu tanpa menjiplak hasil karya orang lain. Apalagi kamu yang jago Adobe Photoshop akan memberi nilai lebih karena bisa mendesain CV dengan lebih menarik.

Hal yang harus dimasukan dalam CV

Karena CV mengandung seluruh perjalanan hidupmu maka ada beberapa hal yang harus kamu cantumkan di dalamnya, secara umum di antaranya yaitu:

Contoh CV menarik. Source: Theultralinkx.com
  1. Data singkat pribadi kamu. Disini kamu bisa menjelaskan bagaimana diri kamu, nilai dan etos kerja yang kamu miliki, kepribadian kamu dan lainnya yang bersifat self atau diri;
  2. Riwayat Pendidikan dan/atau Training. Ungkapkan lah beberapa jenjang yang sesuai diri kamu dan jangan terlalu berlebihan dalam memasukannya. Jangan lupa cantumkan nilai khususnya di pendidikan terakhirmu.
  3. Pengalaman kerja. Biasanya perusahaan yang dituju akan meminta atau menyaratkan pengalaman kerja. Karenanya kamu wajib mencantumkan pengalaman profesional atau kerja kamu. Serta bisa saja, pengalaman kerja tidak menjadi persyaratan utama, namun jika kamu memilikinya maka itu akan menjadi nilai lebih kamu dibanding pelamar yang lain.
  4. Pengalaman organisasi. Ketika kuliah mungkin kamu akan sering mendengar ikut lah organisasi karena penting untuk kerja, terutama untuk CV-mu. Disinilah pentingnya hal tersebut, usahakan organisasi yang dimasukan adalah organisasi dimana kamu lebih banyak aktif terlibat di dalamnya, namun tidak perlu berlebihan dalam memasukkan informasinya ya.
  5. Publikasi (Bagi yang ingin melamar beasiswa). Yaitu detil mengenai judul karya ilmiah mu yang telah diterbitkan dimana saja dan tanggal penerbitannya.
  6. Seminar atau konferensi (Bagi yang melamar beasiswa). Utamakan menuliskan kegiatan seminar atau konferensi yang besar cakupannya. Makin banyak kegiatan seminar dan konferensimu, maka makin dikenal aktif dirimu.
  7. Kemampuan dan Keahlian. Hasil dari research pekerjaan bisa kamu terapkan disini. Kamu bisa mencantumkan keahlian kamu yang sesuai dengan permintaan lamaran kerja yang dibutuhkan.
  8. Penghargaan atau Prestasi. Untuk menambah kesan dan nilai diri pada HRD, kamu perlu menuliskan beberapa prestasi penting bagi kamu.

Mulai membuat Curriculum Vitae (CV)

Mulailah membuat Curriculum Vitae (CV). Usahakan kamu memilih CV yang menarik dan terlihat elegan serta beda dari yang lain. Kamu bisa memilih template CV di Microsoft Word atau di website berikut ini:

Baca: Daftar Template curriculum vitae Menarik yang Bisa Kamu Gunakan untuk Melamar Kerja.

  1. Microsoft Word. Aplikasi ini memang sangat unik dan mengagumkan. Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk beragam keperluan, tidak terkecuali dalam pembuatan CV. Kamu bisa mendownload template CV di Ms. Word di laman awal ketika masuk Ms. Word. Atau kamu ketik di pencarian templatenya dengan keyword Resume, kemudian pilih template sesuai kebutuhan kamu. Jika sudah kamu hanya perlu mengeditnya dengan data diri kamu. Mudah kan? .
  2. Microsoft Power Point. Masih satu keluarga dengan Ms. Word, power point juga bisa kamu gunakan untuk membuat CV. Kamu bisa membuat template nya sendiri atau juga mengunduh dari website seperti Showeet, dengan format power point. Setelah itu kamu bisa edit seperti biasa. Jika kamu ingin mengubahnya ke dalam bentuk pdf, kamu bisa menggunakan fitur Save As lalu pilih pdf.
  3. Media sosial juga bisa membuat CV loh. Jika kamu memiliki akun Linkedin, kamu bisa mengenerate data pribadi kamu menjadi CV. Caranya yaitu kamu harus sudah mengisi data diri kamu di linkedin. Kemudian kamu masuk ke profil, setelah itu pilih menu lainnya di samping tambah bagian profil. Kamu bisa unduh CV kamu ke dalam bentuk pdf. 
  4. CV Maker. Disana kamu hanya disuruh untuk mengisi data diri kamu di beberapa section atau kolom. Setelah itu kamu bisa milih template CV sesuai hati kamu, tidak perlu ribet untuk edit-edit tata letak loh.
    Untuk template yang lebih atraktif dan variatif kamu perlu meng-upgrade-nya menjadi akun premium.
  5. Theultralinx. Disana kamu akan menemukan banyak sekali contoh CV yang kreatif dan unik. Kamu bisa mengunduhnya dalam bentuk foto atau bentuk apapun tinggal diubah format nya di belakang nama.
  6. ResumUP. Situs ini menyediakan desain CV yang menarik loh, dan juga dilengkapi dengan fitur infografis juga.
  7. Dan banyak lagi situs lainnya seperti ResumeGenius, ResumeBaking, VisualCV, dan banyak lagi contoh lainnya yang dapat kamu temukan di berbagai situs internet.

Masukan deskripsi diri kamu secara singkat dan padat, mulai dari data diri, dan informasi lainnya seperti yang ditelah dijelaskan di atas. Saran buat kamu, diharapkan memilih diksi yang cocok dan variatif, namun masih dalam kadar formal.

Jangan lupa untuk mencantumkan foto formal kamu guna menambah kemudahan persepsi HRD dalam membayangkan diri kamu.

Saran Pembuatan Curriculum Vitae (CV)

Lakukan analisis tulisan kamu, mulai dari kesesuaian font, diksi, dan hindari kesalahan ketik dalam penulisan (typo). Kesalahan dalam penulisan akan membuatmu dianggap sebagai orang yang kurang teliti, pemalas, kurang jeli dan kurang kompeten. Oleh karena itu, diharapkan kamu mengecek dan mereview Curriculum Vitae yang telah dibuat.

Gunakan font yang sesuai dan ukuran normal. Usahakan kamu menggunakan Times new roman karena itu merupakan font standar dan nyaman dipandang.

Usahakan memaksimalkan pembuatan CV menjadi satu halaman saja. Karenanya kamu perlu mencantumkan data diri yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar dan tidak perlu berlebihan.

Gunakanlah format PDF jika dikirim melalui e-mail dan dikompres dengan berkas administratif lainnya yang diperlukan.

Akan lebih menarik jika kamu mencantumkan kemampuan kamu dengan design gambar, grafis, dan logo seperti contoh CV berikut ini.

Contoh penggunaan gambar ilustrasi. Source: Theuralinx.com

Seperti yang sudah saya sampaikan, akan lebih menarik jika kamu mengedit CV kamu lewat aplikasi edit foto seperti Adobe Photoshop dsb. Karena ini akan menghasilkan ikon-ikon unik yang bisa kamu tambahkan ke dalam CV kamu.

Ketika kamu mengirimkan CV lewat e-mail, jangan lupakan subjek pengirimannya. Diusahakan ikuti aturan yang diberikan atau kamu bisa menulisnya sesuai kebutuhan. Ditambah, kamu harus menggunakan alamat e-mail dengan nama yang professional agar HRD akan menilai kamu benar-benar serius dalam melamar pekerjaan, serta mempermudah HRD untuk menemukan contact kamu diantara banyaknya e-mail dari pelamar yang lainnya.

Penutup

So, bagi kamu yang akan melamar pekerjaan, ataupun doi, bisa kamu persiapkan semaksimal mungkin dari sekarang. Karena seperti yang kamu tahu jumlah pelamar yang banyak akan membuat HRD lebih tertarik pada sesuatu yang menarik atau beda dari yang lain. 

Ohya selamat juga buat kamu yang baru lulus atau fresh graduate. Semoga kamu mendapatkan pekerjaan yang menarik dan sesuai dengan yang kamu harapkan. 

Jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisanmupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya

That’s all panduan membuat Curriculum Vitae menarik dari saya. Semoga artikel ini dapat membantu mencerahkan kehidupan kamu. Jangan lupa jika ingin membagikan pengalaman dalam membuat Curriculum Vitae ataupun pertanyaan, jangan sungkan untuk tulis di kolom komentar ya 🙂

Daftar Pustaka

Cekaja, https://www.cekaja.com/info/11-cara-membuat-cv-menarik-perhatian/

Finansialku, https://www.finansialku.com/cara-membuat-curriculum-vitae-yang-menarik/

BPS, https://bps.go.id

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu