Cara Memilih Nama Domain yang Baik untuk Website

Kali ini Cerdaskan.ID akan memuat artikel mengenai cara memilih nama domain yang baik bagi website baru kamu. Ketika membangun sebuah website, salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan adalah memilih nama domain yang baik.

Bagi kamu yang ingin membuat website tapi masih bingung mengenai nama domain, yuk cari tahu bagaimana cara memilih nama domain yang baik ala Cerdaskan!

Pendahuluan

Membangun sebuah website ataupun blog pribadi bagi sebagian orang memang masih menjadi sebuah misteri. Apalagi bagi yang pertama kali mencoba dan bergelut di dunia blogging tentunya lebih mistis lagi.

Ini sebagian daftar ekstensi nama domain yang sering digunakan. Source: saxonsgroup.com.au

Kok misterius sih? Penyebabnya bisa jadi karena dari diri kamu yang mungkin ketinggalan teknologi atau memang malas mencari tahu ataupun lebih lanjut, hingga pada akhirnya penggunaan jasa pembuat website merupakan jalan pintas untuk membuat web atau blog dengan instan.

Ketika menggunakan jasa pembuat website, kamu tentunya akan melewatkan langkah-langkah penting dalam pembuatan website. Kalau itu dilakukan sendiri, tentunya akan menjadi ilmu yang sangat bermanfaat buatmu kedepannya. Salah satu langkah penting dalam pembuatan blog atau website pribadi yaitu memilih nama domain.

Baca juga : 5 Langkah Cara Membuat Blog WordPress Dengan Domain Sendiri

Domain merupakan sebuah nama alamat dari website. Website tersebut dapat diakses karena diketahui alamat dari lokasi server dimana website tersebut disimpan, yaitu di hosting. Sebenarnya jika kamu tidak ingin repot memutuskan alamat atau domain bisa menggunakan alamat default yaitu IP Address.

Pasti tahu kan IP Address yang terdiri dari deretan angka? Tapi itu cukup sulit diingat loh! Oleh karenanya, harus cermat dalam memilih nama domain yang gampang diingat

Yuk bagi kamu yang hendak ataupun sedang membuat blog atau website dan masih bingung memilih nama domain yang baik, kamu perlu menyimak artikel ini hingga tuntas.. kuy kita mulai!

Cara memilih nama domain yang baik

Domain merupakan surel untuk mengakses website kamu. Source: Pexels.com

Jangan menggunakan domain gratisan

Sebelum memulai segalanya, pertama kali yang harus kamu lakukan yaitu hijrah ke domain berbayar. Domain berbayar di sini seperti .com, .net, .edu, .org dsb. Sedangkan domain gratisan biasanya yaitu .tk, .ga, .ml, dsb.

Alasan mengapa diperlukan hijrah karena biasanya penyedia domain tidak sepenuhnya gratis, pasti ada durasi pemakaian atau tiba-tiba websitemu tidak bisa terakses. Selain itu rentan terkena banned Google, karena biasanya sering digunakan sebagai blog spam. Menggunakan domain berbayar, tentunya kamu akan lebih terlihat kredibel, memukau, memikat, dan profesional.

Penjelasan domain ekstension yang sering dipakai

Membeli domain berbayar sekarang tidak terlalu mahal kok, untuk harga sebagai contoh domain .com berada dikisaran Rp 100-130 ribu pertahun (harga Oktober 2018). Itu pun belum termasuk diskon yang sering gencar diberikan oleh penjual domain. Tak terlalu mahal bukan?

Domain .com, .net dll itu disebut TLD (Top-Level Domain). Selain menggunakan TLD, kamu juga bisa menggunakan ekstensi domain yang disebut ccTLD (Country code Top-Level Domain). Contohnya : .id, .jp, .sg, .de dsb.

Fungsi masing-masing domain populer :

.com – dipakai biasanya oleh organisasi komersial atau komunitas perusahaan, dsb. Ekstensi ini merupakan yang paling populer.

.info – digunakan oleh website yang bersifat informatif seperti info kegiatan dsb.

.net – website yang biasanya berupa penyedia layanan internet.

.org – ekstensi ini digunakan biasanya oleh organisasi non-profit, kayak relawan.

.me – biasanya digunakanuntuk website personal, blog, atau resume.

.id – ekstensi domain ini digunakan oleh semua yang berasal dari Indonesia.

Coba research kecil-kecilan

Lakukan research kecil seputar nama domain kamu. Source: Pexels.com

Setelah kamu merencanakan matang untuk pindah domain, lakukanlah beberapa research kecil-kecilan untuk menemukan nama domain yang cocok. Selain mempertimbangkan kecocokan kamu harus mempertimbangkan ketersediaan nama domain.

Terkadang ketika kita sudah menemukan nama yang cocok namun nama tersebut sudah dipakai oleh pihak lain. So ini penting buat kamu. Biasanya nama domain yang sudah banyak digunakan ada dalam koridor ekstensi .com.

Coba kamu tanya orang awam, pasti mereka kenalnya dengan domain namacontoh[dot]com. Cara mengecek ketersediaan nama domain yang akan dipilih, kamu bisa mengunjungi website penjual domain. Kemudian kamu tulis nama yang diinginkan.

Gunakanlah nama yang pendek dan mudah diingat orang

Nama domain yang pendek dan unik akan mudah diingat oleh pengunjung kamu. Jika nama domain terlalu susah dihapal, akan susah diakses dan ditemukan orang lain. Ini tidak akan berlaku bagi kamu yang memang sudah punya banyak penggemar dan sudah banyak yang membookmark web kamu.

Namun bagi yang baru memulai untuk menggaet pengunjung baru, hendaklah mempertimbangkan saran yang ini. Yakali ketika kamu ditanya apa alamat website mu dan kamu menjawabnya dengan : jjksgndul090.com. Susah diketik dan dihapal kan? Karenanya kamu harus sebisa mungkin menggunakan nama domain yang pendek, mudah diingat, dan unik tentunya.

Libatkan kata kunci yang berhubungan dengan tema kamu

Hal yang wajib kamu perjatikan dalam pembuatan nama domain adalah menggunakan kata kunci yang relevan dengan tema web atau blog yang akan diusung. Ini akan memudahkan orang mencari web kamu. Selain itu ini akan meningkatkan nilai prioritas di search engine. Sebagai contoh ketika kamu mau membuka toko online, kamu bisa menggunakan belibajuonline.co.id atau bajubandungmurah.com.

Untuk mendapatkannya kamu harus menuliskan dan memperkirakan kata kunci sebanyak mungkin yang berkaitan dengan tema web. Sehingga kamu bisa memilih dan mengkombinasikannya dari sana.

Selain kata kunci kamu juga harus membuat nama domain yang brandable

Coba cari tahu dengan mencontoh ke domain aplikasi-aplikasi ini. Source: Pexels.com

Maksudnya apa sih domain yang brandable itu? Yaitu nama domain yang bisa ‘menjual’ dan menjadi brand image unik kamu. Kamu bisa lihat contoh facebook.com, google.com, yahoo.com, ataupun twitter.com. Domain mereka sebenarnya jauh dari kata kuncinya, namun dengan itu mereka jaidi terkenal dengan brand tersebut, mudah diingat dan menjual. Contoh yang mungkin bisa kamu gunakan ketika menggunakan tema perikanan, mungkin bisa menggunakan seputarikanpedia.com dsb.

Kamu juga bisa menggunakan karakteristik tema web yang akan dibuat

Karakteristik yang dimaksud yaitu seperti atribut tempat berdiri web kamu ataupun karakteristik yang akan menarik minat para pengunjung, seperti murah, dsb. Ini akan menambah nilai jual dan menambah pengunjung, terutama bagi yang merasa ada kesamaan dengan atribut kamu. Misalkan kamu akan membuka bisnis elektronik berbasis di Jakarta bisa menggunakan komputerjakartamurah.co.id atau elektronikjakarta.com dsb.

Jangan menggunakan simbol dan angka

Sebaiknya kamu jangan menggunakan simbol yang aneh ataupun angka dalam menentukan nama domain. Biasanya orang akan susah mengingat simbol selain huruf alphabet. Misalkan bisnis-pedia.com atau toko.laku102.com.

Ini akan mengganggu ingatan orang dan akan menyebabkan usaha lebih dalam untuk mengingatnya. Mungkin mereka hanya ingat namanya saja, tapi ketika ingin mengunjungi akan salah alamat karena kurang simbol atau angka.

Jangan pernah mencantumkan trademark orang lain

Saran yang satu ini sebenarnya menyangkut hak cipta brand orang lain. Meskipun niat hati ingin meningkatkan traffic dengan menumpangkan nama pada domain populer. Jangan sekali-kali menggunakan ini tanpa izin pemilik, karena nama domain mereka mungkin sudah dipatenkan. Dan kamu mungkin akan dituntut ratusan juta loh.

Contohnya mungkin kayak kisahfacebook.com atau kanggoogle.com, Google udah pindah rumah ke Sunda ya? :p.

Beli domain di tempat terpercaya

Yang satu ini terkait masalah teknis pembelian ekstensi domain. Saat ini banyak sekali perusahaan dagang yang bergerak di bidang domain dan hosting. Tentunya, kamu mengharapkan yang terbaik bagi website kamu. Oleh karenanya kamu harus rajin mencari dimana saja tempat jual domain terpercaya. Kamu bisa membaca review para pelanggan yang sudah lebih dulu membeli disana, atau kamu bisa bergabung di forum-forum seperti kaskus dsb. So, do your best in everything!

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat saya mengenai memilih nama domain. Semoga bagi kamu yang sedang merencanakan membangun sebuah website atau blog pribadi bisa terbantu dengan artikel ini.

Jangan pernah menyepelekan pemilihan nama domain ya, karena tentunya akan berdampak pada keberlangsungan web kamu di masa mendatang. Yang pastinya bisa mendatangkan manfaat yang tidak terduga untuk kamu.

Ohya, jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisanmupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya.

Terima kasih telah berkunjung, happy blogging!

Daftar Pustaka

Sugeng, https://sugeng.id/tips-memilih-nama-domain-blog/

Dewaweb, https://www.dewaweb.com/blog/tips-memilih-nama-domain-yang-tepat/

Codepolitan, https://www.codepolitan.com/tips-memilih-nama-domain-yang-baik-untuk-website-59250962e782a

Webhostmu, https://webhostmu.com/tips-memilih-nama-domain/

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu