Cara Membuat Curriculum Vitae dalam Bahasa Inggris

Kali ini Cerdaskan.ID akan memuat artikel mengenai bagaimana cara membuat curriculum vitae dalam bahasa Inggris.

Kalau kamu membutuhkan informasi CV dalam bahasa Indonesia, kami sudah pernah membahasnya disini. Ohya, kamu juga bisa melihat lebih banyak contoh template CV untuk melamar kerja disini.

Bagi kamu yang akan bekerja dan membutuhkan CV terutama dalam bahasa Inggris bisa kamu ikuti artikel ini sampai tuntas.

Pendahuluan

Saat ini CV sudah menjadi sebuah kebutuhan primer bagi para pencari kerja, bahkan cara penulisan dan referensi pembuatan CV sudah dibutuhkan saat bersekolah ataupun kuliah. Itu dikarenakan CV merupakan sebuah representatif diri dalam bentuk tulisan. Sehingga CV sangat dibutuhkan karena menjadi alat terpenting dalam mengenalkan diri kepada orang lain atau instansi tertentu.

Biasanya CV digunakan oleh para pekerja, namun CV juga biasanya digunakan oleh scholarship hunters. Apalagi mereka yang hendak melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, terutama ke luar negeri. Curriculum vitae dalam bahasa Inggris merupakan salah satu prasyarat wajib yang mutlak diperlukan. Penting banget kan? Kamu harus baca tuntas artikel ini.

Cara Membuat Curriculum Vitae dalam Bahasa Inggris

CV bahasa Inggris biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan multi nasional, namun jika kamu melamar pekerjaan di perusahaan perusahaan nasional dengan CV berbahasa Inggris, kamu akan mendapat nilai tambah dan CV mu akan cepat dilirik tuh! 

Baca juga : Panduan Membuat CV yang menarik (bahasa Indonesia)

Sebenarnyauntuk Curriculum vitae dalam bahasa Inggris hampir sama dengan CV bahasa Indonesia. Namun ada beberapa bagian yang berbeda dan harus kamu sesuaikan.

Rincian yang Perlu Dicantumkan dan Perhatikan

Ketika kamu hendak membuat resume atau curriculum vitae, kamu harus melengkapi data diri kamu serinci mungkin. Di samping itu, kamu juga perlu menuliskannya dengan cara yang menarik. Kamu harus memperlihatkan kelebihan serta meminimalisir kesalahan (typo). Tulislah kelebihan dan kekurangan diri dengan jujur dan menggunakan bahasa/istilah yang benar, jangan sampai si pembaca CV kamu menjadi salah paham yang mengakibatkan kamu tidak lolos dalam tahap screening CV.

Menorehkan tinta berisi informasi diri di kertas sebagai coretan awal.

Dalam rincian yang dituliskan ketika mengisi bagian pengalaman kerja atau organisasi, kamu harus bisa menjabarkan secara detail apa jabatan kamu, waktu tugas, nama organisasi, job description, dsb. Karena hal pertama yang akan dilirik adalah informasi yang terdapat didalam CV. So, kamu harus bisa memaksimalkan informasi diri kamu serinci dan seteliti mungkin supaya HRD atau team rekrutment dapat mengenal kamu lebih dalam.

Ketika kamu berencana Curriculum vitae dalam bahasa Inggris, pertama kali yang harus kamu perhatikan adalah tata bahasa. Tata bahasa atau grammar menjadi wajah kemampuan bahasa Inggris kamu. Berkonsultasilah pada ahlinya (misal : teman yang dirasa ahli dalam bahasa Inggris), atau mencari referensi/contoh di internet (pastikan sumber yang kamu gunakan terpercaya).

Baca juga : Daftar Template yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Membuat CV yang Menarik.

Di samping itu, pilih lah beberapa kata yang dirasa pas dalam membuat CV untuk menunjukan diri kamu secara maksimal. Contohnya coba kamu gunakan kata kerja berbentuk past tense: Abstracted, Invented, Handled, Created, Critiqued, Analyzed, Authored, Bolstered, Mentored, Lectured, Ensured, Founded dsb yang dirasa menggambarkan job description atau deskripsi diri kamu. Perlu diperhatikan, kamu harus tahu makna yang benar dalam setiap kata bahasa Inggris yang kamu gunakan. Kamu bisa mengoptimalkan kamus yang dikeluarkan Oxford sebagai acuan referensi.

Contoh Struktur CV Bahasa Inggris

  • Jangan pernah lupakan judul.

Biasanya kita terlalu bersemangat membuat sesuatu, namun sering melupakan hal yang sepele. Dalam hal ini yaitu penulisan judul. Judul memang sangat sepele tapi banyak yang melupakannya.

Judul dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan seperti Curriculum Vitae atau Resume. Pastikan kamu meletakannya paling atas ya!

  • Contact Information atau Personal Details.

Dalam bagian ini kamu bisa mengisi data informasi penting kamu, seperti nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, status, dan kontak yang bisa dihubungi seperti e-mail dan nomor telepon.

Penting nih, jangan lupa untuk menulis tanggal lahir harus mengikuti gaya Inggris juga. Formatnya yaitu Bulan-Tanggal-Tahun. Contohnya June 13, 1998. Kemudian untuk alamat harus sesuai dengan kaidah bahasa Inggris, kamu bisa memulainya dengan nomor jalan, kemudian nama jalan dan tempat tinggal kamu. Contohnya yaitu 14, Ahmad Yani Rd., Cinere, South Jakarta.

  • Educational Background and Training.

Hal yang penting lainnya yaitu mencantumkan riwayat pendidikan dan atau riwayat pelatihan kamu. Usahakan kamu menulisnya dari yang teratas sampai yang terbawah mengurut sesuai waktu sekarang hingga yang lampau. Jadi yang sedang dijalani atau lulus terakhir bisa ditulis paling atas.

Tiap istilah dan nama apapun gunakan bahasa Inggris seperti nama sekolah, gelar, jurusan dsb. Contoh Augustus 2017 – Present. Master of Science (Msc) Psychometric dsb.

  • Pengalaman Organisasi dan Kerja.

Di bagian ini kamu harus menceritakan secara detail namun tetap menarik. Detail dalam artian sama seperti bagian sebelumnya yaitu harus mencantumkan nama, tahun, job description dsb. Penting kamu ingat juga, kamu harus menceritakan pengalaman organisasi kamu dengan menggunakan past tense.

Contohnya yaitu Since 2008, I have involved in some organizations talking part in dealing with environmental issues. For instance, I was the leader of WWF . . .

  • Cantumkan beberapa skill yang relevan.

Jangan lupa juga kamu harus memasukan skills atau kemampuan yang menunjang. Karena selain pengalaman pendidikan dan kerja, kemampuan diluar akademik kamu akan juga dipertimbangkan oleh HRD sebagai nilai tambah.

Contoh CV Bahasa Inggris

Bagian CV yang memuat informasi riwayat pendidikan
Bagian CV yang memuat informasi riwayat organisasi

N.B. Ini hanya bagian atau potongan yang diambil dari CV saya sendiri.

Curriculum vitae dalam bahasa Inggris. Sumber: Vebma.com
Curriculum vitae dalam bahasa Inggris lengkap dengan gambar. Source: Fitzroy

Baca Juga : Cara membuat surat lamaran kerja

Contoh lainnya bisa kamu lihat di artikel Cerdaskan lainnya ya :).

Penutup

Well, hanya itu yang bisa saya paparkan dalam artikel kali ini. Seyogyanya data diri atau Curriculum vitae dalam bahasa Inggris sama saja dengan membuatnya dalam bahasa Indonesia. Namun yang membedakannya adalah penggunaan bahasa dan tujuan pembuatan.

Semoga kamu yang sedang mencari pekerjaan dengan skala antar bangsa ataupun mencari beasiswa ke luar negara bisa terbantu dengan ini. Abayo.

Jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisanmupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya.

Terima kasih.

Daftar Pustaka

IDNTimes, https://www.idntimes.com/life/career/melisa-camalia-1/7-tips-membuat-cv-bahasa-inggris-yang-harus-kamu-tahu-c1c2/full.

Elizato, https://elizato.com/contoh-cv-bahasa-inggris/.

Slidshare.

Contohsuratmu, http://contohsuratmu.com.

Vebma, https://www.vebma.com/tips/Contoh-CV-Dan-Surat-Lamaran-Kerja-Dalam-Bahasa-Inggris/15681.

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu