5 Hobi yang Menghasilkan Uang Untuk Pelajar. Perlu Kamu Coba Nih!

Kali ini Cerdaskan.ID akan memuat artikel mengenai 5 hobi yang menghasilkan uang untuk pelajar. Hobi ini patut kamu coba!

Bagi kamu yang lagi bingung mau ngelakuin kegiatan apa yang berfaedah dan bermanfaat, artikel ini bisa jadi bahan pertimbangan kamu loh. Kamu juga bisa jadikan kegiatan ini sebagai referensi hobi kamu. Karena selain menyenangkan, ini juga bisa menambah uang saku kamu. Gak percaya? Buktikan dan teruskan membacanya ya.

Pendahuluan

Saat ini banyak sekali hobi yang bisa mendatangkan banyak keuntungan buat kamu. Pilihan kegiatan yang bisa kamu jadikan hobi pun sangat beragam. Ini disebabkan banyak sekali faktor penunjangnya. Yaitu kemajuan teknologi dan kemudahan bersosialisasi (sharing) yang didukung akses internet yang berkembang pesat dsb.

Mungkin kebanyakan dari hobi anak zaman sekarang (anak zaman now) tidak ada ketika zaman orang tua kalian kecil, begitu juga sebaliknya. Karena faktor di atas mempengaruhi perbedaan cara berperilaku dan sikap zaman dulu dan sekarang. Oleh karena itu, kamu dapat memilih apa hobi yang sesuai dengan passion dan kemampuan kamu.

Baca juga : Soft Skills Ini Harus Segera Kamu Miliki Untuk Menghadapi Ekonomi 2020

Ketika kamu memiliki hobi yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki, mungkin akan sedikit melegakan hati. Bukti dari hal tersebut yang berbentuk pernyataan yang mungkin sering kamu dengar yaitu “Pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar”. Saat mencapai kondisi begitu, kamu tidak akan merasa terbebani dalam melakukannya loh guys. Stress pun bisa dihindari jika pekerjaan yang kamu lakukan merupakan hobimu.

Yuk langsung saja cek apa aja hobi yang menguntungkan kamu!

5 Hobi yang Menghasilkan Uang Bagi Kamu

Sebelum membaca lebih lanjut kamu harus tahu terlebih dahulu apa bakat dan atau minat kamu. By the way, bakat dan minat itu beda loh. Bakat merupakan kemampuan tanpa dipelajari atau bawaan dari lahir. Sedangkan minat, seperti ketertarikan atau hasrat yang kamu inginkan terhadap sesuatu. Sudah paham kan sekarang bedanya? Yuk sekarang mari kita lihat ada hobi apa saja yang akan penulis bahas disini.

Menulis memang hobi yang bisa mendatangkan banyak keuntungan, baik itu sebagai freelance atau blogger.

Dengan menulis bisa memangjangkan umur loh. Source: Pexels.com

Menulis memang menjadi sumber penghasilan yang bukan rahasia lagi. Banyak para penulis yang memulainya sebagai hobi. Kamu bisa lihat nama pena Tere Liye, menulis merupakan sebuah hobi baginya. Selain menulis profesi yang juga digelutinya yaitu akuntan. Meski begitu, karyanya sudah malang melintang di kalangan remaja-dewasa Indonesia.

Saat ini banyak sekali peluang dan penyedia layanan yang meminta tulisan yang tidak terbatas dari siapapun dan bersedia memberi bayaran. Sebagai contoh yaitu website Jalan Tikus, Mojok, dsb. Ketika tulisan kamu berhasil terbit di website mereka, kamu akan dibayar sesuai ketentuan masing-masing penyedia layanan.

Baca juga : Meneladani Kisah Pramoedya Ananta Toer, Seorang Penulis Mendunia dari Indonesia

Selain itu, kamu bisa juga menjadi seorang freelancer loh. Jika kamu punya skill menulis dan ingin mengembangkannya, kamu bisa masuk ke projects.co.id atau freelancer.com. Dengan menjadi freelancer, kamu akan dituntut untuk menulis secara profesional. Karena kamu akan dibayar sesuai kesepakatan di awal.

Atau alternatif lain, kamu bisa menjadi personal-blogger di blog pribadi kamu. Jika kamu aktif menulis sebagai blogger, kamu bisa menjalin kerja sama dengan penyedia iklan. Sehingga pendapatan kamu sebagai seorang blogger bisa bertambah dari jumlah klik pada iklan yang kamu pasang, yang dilakukan pembaca blog kamu atau yang sekedar mampir. 

So, untuk membangun kemampuan menulis ya menulislah dari sekarang. Kamu bisa mulai dengan menulis catatan harian dsb.

Hobi desain grafis banyak sekali keuntungannya loh mulai dari membuat poster sampai menjadi desainer

Kerjaan desain grafis selain di komputer ya merancang gambar. Source: Pexels.com

Jangan kamu anggap remeh hobi yang satu ini kawan! Mungkin ada di antara teman kamu yang suka rela buat poster atau banner ketika dimintai tolong pada pembuatan sebuah acara. Ini menunjukan bahwa menjadi seorang desainer grafis tidak semua orang bisa. Dengan semakin sering berlatih membuat poster, maka si desainer grafis makin jago, desain yang dihasilkan pun jadi semakin bagus, unik dan kreatif.

Tidak jarang, seorang desainer grafis itu mampu menjadi seorang youtuber juga loh. Karena desain grafis ada banyak jenisnya. Esensi dari seorang desainer grafis adalah mereka yang mampu menyampaikan pesan secara menarik. Menarik di sini yaitu menggunakan beragam kombinasi warna, media dan bentuk lainnya.

Ketika kamu berminat menjadi seorang desainer grafis kamu harus akrab dengan beragam aplikasi laptop. Aplikasi yang umum digunakan seperti Adobe photoshop, Corel Draw, Adobe Ilustrator, ataupun Adobe premiere, affter effect dsb. Aplikasi tersebut juga dapat menunjang kamu untuk terjun menjadi seorang creator dan editor.

Menjadi seorang youtuber menjadi tren pekerjaan masa kini

Kerjaan populer saat ini ya youtuber guys. Source: Pexels.com

Jika kamu tanya anak zaman now mau bekerja sebagai apa, terutama bagi yang tinggal di perkotaan, jawabannya pasti menjadi seorang Youtuber. Siapa yang tidak tergiur coba, dengan bermodalkan kamera, keahlian mengedit video serta kuota internet yang cukup, kamu bakalan meraup banyak penghasilan. Tetapi itu semua juga tergantung kualitas video yang kamu buat sehingga bisa menarik minat pengguna Youtube untuk menonton video kamu. Perlu diingat, konten yang disebarkan jangan sampai sesuatu yang mengandung kekerasan, SARA, pornografi dan berita hoax ya!

Pergeseran minat masyarakat pada sesuatu yang cenderung praktis dalam mendapatkan informasi ataupun hiburan menjadi pangsa pasar empuk. Di samping pertumbuhan pengguna internet yang setiap tahunnya meningkat drastis. So, bagi kamu yang memang hobi hang out, membuat video tutorial, atau hanya sekedar men-share video orang lain perlu dipersiapkan dan tekun. Karena siapa yang bekerja keras dia lah yang akan menuai hasilnya. Hayo siapa nih pembaca Cerdaskan.ID yang sudah punya konten Youtube? Boleh lah di share di kolom komentar dibawah ini ya, siapa tau bisa dapat viewer atau subscriber baru 🙂

Apabila kamu punya tujuan mencerdaskan anak bangsa dengan mengajar, hobi mengajar bisa kamu kembangkan

Peduli anak bangsa bisa dilakukan dengan mengajar juga. Source: Pexels.com

Mencerdaskan anak bangsa memang merupakan kewajiban semua rakyat Indonesia, termasuk juga Cerdaskan.ID loh :P. Biasanya nih, salah satu cara mencerdaskan anak bangsa yaitu dengan menjadi seorang pengajar. Bagi kamu yang memiliki passion saling berbagi ilmu boleh nih kesempatan nya digunakan dengan berbagi ilmu dengan sesama. Ingat, makin banyak yang kita bagikan, maka ilmu itu tidak akan pernah habis, namun malah makin bertambah.

Sekarang ini banyak sekali lembaga yang membutuhkan tenaga pengajar terutama di tingkat mahasiswa. Tentunya ini bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk menyalurkan hobi sekaligus menambah pundi-pundi uang. Tapi ingat loh, ketika kamu berencana menjadi seorang pengajar jangan hanya menjadi buruh pengajar, namun harus benar menjadi seorang pemerhati pendidikan. So, niatkan untuk mencerdaskan anak bangsa secara nyata ya tanpa memandang nominal uang yang akan didapat. Cara lain untuk menyalurkannya, kamu juga bisa bergabung sebagai “pengajar” di Cerdaskan.ID dengan membagikan ilmu kamu dalam bentuk tulisan yang dapat dibaca oleh semua orang.

Hobi memasak, yang jika ditekuni kamu bisa mengembangkan hobi ini hingga menjadi seorang pengusaha

Laki-laki juga sudah banyak yang menjadi koki guys. Source: Pexels.com

Sedikit sekali orang yang memiliki hobi memasak saat ini. Faktor penyebabnya adalah semakin menjamur jumlah restoran dari ujung jalan keujung jalan lainnya, serta jika malas pergi membeli sendiri, saat ini sudah tersedia aplikasi penunjang delivery makanan yang langsung diantar kerumah kita. Plus, ditambah hobi ini biasanya diidentikan dengan perempuan. Hal ini membuat minat hobi memasak agak menurun.

Ketika kamu memiliki hobi memasak, kamu bisa mengembangkan hobi ini menjadi usaha bisnis restoran atau katering, dsb. Kamu mungkin pernah dengar restoran cepat saji CFC? Pemilik CFC sebelumnya tidak pernah menyadari bahwa dirinya memiliki bakat memasak, hingga sampai pada suatu ketika Ia membagikan masakan ayam goreng buatannya ke tetangganya, yang kemudian tetangga-tetangganya merekomendasikan Ia membuat bisnis ayam goreng. Jadi, bagi kamu yang memiliki ketertarikan pada memasak harus terus dikembangkan. Meski jika nantinya tidak berujung pada kesuksesan materi menjadi chef atau seorang businessman, namun paling tidak masakanmu disukai keluarga dan kerabat disekitarmu.

Penutup

Well that’s it, mungkin saat ini cukup sekian informasi dari penulis untuk bahasan hobi yang dapat memberikan manfaat dan menghasilkan ala Cerdaskan.ID. Meskipun begitu, bukan berarti hobi lainnya tidak bermanfaat. Apapun yang menjadi hobi kamu saat ini, asalkan positif, tetap lanjutkan dan selami lebih dalam hobi kamu hingga meraih mimpi yang kamu idamkan. Jika ada jenis hobi lain yang menurutmu bisa menghasilkan uang bagi siswa dan mahasiswa, boleh dong dibagikan di kolom komentar agar dapat menambah wawasan pembaca Cerdaskan.ID semua.

Oh iya, Jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisanmupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya.

Terima kasih.

Daftar Pustaka

Klik Mania, https://www.klikmania.net/hobi-dijadikan-bisnis/

Liputan 6, https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3344425/5-hobi-yang-dapat-menghasilkan-uang

Jalan Tikus, https://jalantikus.com/tips/hobi-yang-menghasilkan-uang/

Blog Jakmal, https://blog.jakmall.com/macam-macam-hobi-yang-menghasilkan-uang-kerja-senang-untung-datang-6825339c2b9b.

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

This Post Has One Comment

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu