5 Bahasa Asing yang Bermanfaat Dipelajari Pelajar Selain Bahasa Inggris

Kali ini Cerdaskan.ID akan memuat artikel menarik yaitu 5 Bahasa Asing yang Bermanfaat Dipelajari Pelajar Selain Bahasa Inggris.

Bagi kamu yang ingin menguasai dunia melalui pengetahuanmu, coba simak artikel dibawah ini dan langsung pelajari 5 bahasa asing selain bahasa Inggris ini. Kuy lanjutkan bacanya!

Pendahuluan

Pernah denger orang yang memiliki kemampuan beberapa bahasa asing sekaligus? Bahkan ada yang sampai menguasai 10 bahasa asing loh, termasuk presiden pertama kita Ir. Soekarno. By the way, makhluk seseorang macam itu dinamakan Polyglot [Baca lebih jauh : Polyglot]. Istilah ini disematkan pada mereka yang mampu berbahasa asing lebih dari 5 dengan baik, bukan dicampur aduk gado-gado kayak anak Jaksel ya wkwk.

Mau jadi polyglot ga nih? Source: Shutterstock

Pertumbuhan polyglot saat ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin, termasuk kamu. Banyak sekali media penunjang yang tersedia saat ini dalam belajar bahasa asing. Tinggal bagaimana kamu mampu melihat peluang dan memanfaatkannya, dengan syarat utama yaitu harus rajin dan tekun.

Baca juga :  Soft Skills yang harus Kamu Miliki untuk Menghadapi Ekonomi 2020.

Saat ini kemampuan berbahasa asing sangatlah dipertimbangkan baik untuk akademisi ataupun vokasi. Ketika kamu hendak melamar kerja ke perusahaan asing baik di dalam atau luar negeri, salah satu syarat yang perlu dipenuhi adalah kemampuan berbahasa asing. Begitupun bagi kamu yang mencoba menggantungkan diri pada beasiswa kuliah ke luar negeri, prasyarat pertama adalah kemampuan bahasa asing yang mumpuni.

Bahasa asing yang sampai hari ini paling banyak dituturkan warga dunia yaitu Bahasa Inggris. Tak jarang, English Proficiency menjadi syarat wajib administrasi yang hendak beranjak kerja atau melanjutkan pendidikan ke luar negeri, meskipun bahasa negara tujuan bukan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Karena itu, kemampuan bahasa Inggris wajib banget kamu kuasai.

Kamu harus bisa bahasa asing lain selain Inggris guys. Source: qatestlab.com

Namun selain bahasa Inggris, kemampuan bahasa asing lainnya akan sangat bermanfaat ketika kamu menguasainya. Mungkin kamu pernah denger ungkapan “Kamu harus menguasai bahasa mandarin, karena suatu saat mereka akan menguasai dunia, layaknya film-film. Hal itu memang bukan tidak mungkin terjadi karena dunia tetap berputar. So, bagi kamu yang sedang memperdalam ilmu bahasa Inggris atau bagi yang sedang berlatih bahasa asing lainnya, tetap lanjutkan saja belajarmu karena tidak ada yang tidak bermanfaat, bung!

Mau tahu bahasa apa saja yang penting kamu kuasai? Mari simak saja artikel ini hingga tuntas.

Bahasa mandarin digadangkan akan menjadi bahasa dunia pada periode mendatang, kamu harus segera menguasainya

Mandarin adalah salah satu bahasa potensial di dunia loh guys. Source: Pexels

Tiongkok sebagai pusat Bahasa Mandarin saat ini sedang membangun kekuatan ekonomi baru dunia. Banyak sekali prediksi yang menyatakan suatu saat Tiongkok atau China akan mengalahkan Amerika. Selain membangun kekuatan ekonomi dunia dan asia, Tiongkok memiliki warga terbanyak di dunia loh. Jumlahwarga Tiongkok saat ini ditaksir mencapai 1 M orang.

Jumlah tersebut perlu kamu tahu, itu baru hanya yang ada di China, sedangkan kamu mungkin tidak akan asing warga China ada di tiap daerah saat ini. Sehingga penutur Bahasa Mandarin mencapai kurang lebih 867,2 juta orang. Ini dikarenakan China memiliki wilayah yang luas dan terdiri dari beragam suku juga.

Dengan menguasai bahasa ini, kamu akan berpotensi meraih studi ke China dengan beasiswa tentunya. Saat ini banyak sekali beasiswa yang digelontorkan pemerintah China mulai dari S1, S2, sampai S3. Syarat opotionalnya kamu juga harus punya Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì (HSK), tapi tidak semua lembaga mensyaratkan HSK ini. Di samping itu kamu akan lebih mudah diterima untuk bekerja pada perusahaan China.

Ketika bercita-cita ke Timur Tengah, Bahasa Arab harus khatam pada diri kamu

Bahasa arab sebagai dasar bahasa umat muslim. Source: Simple Wikipedia

Pengen kuliah ke Timur Tengah? Salah satu jalannya yaitu kamu harus mahir dalam bahasa Arab. Saat ini pemerintah Indonesia sering mengadakan tes kemampuan berbahasa Arab setiap tahunnya bagi pelajar Indonesia. Tes tersebut biasanya diintegrasikan dengan beasiswa dari negara yang dituju. Ada juga beasiswa dari pemerintah Indonesia untuk kuliah ke Timur Tengah seperti LPDP, dsb.

By the way, ketika kamu diterima dengan beasiswa Timur Tengah uang saku yang akan kamu terima cukup lumayan loh. Sebagai contoh, beasiswa dari pemerintah Arab Saudi biasanya termasuk biaya pulang pergi Indonesia tiap masa libur studi. Namun kembali lagi pada kebijakan universitas atau lembaga yang memberikan kita beasiswa tersebut, hal ini  memungkinkan karena negara Timur Tengah memiliki kekayaan minyak yang melimpah ruah.

Selain itu, bagi kamu yang seorang muslim bahasa ini merupakan sumber ilmu dari buku atau kitab ulama terdahulu. Kamu bisa lebih menggali ilmu dan tanda-tanda rahasia alam dan kehidupan ini. Di samping itu, bahasa yang dituturkan lebih dari 270 juta penutur asli akan memberi kamu kesempatan untuk bekerja di Timur Tengah. So, ga bakalan rugi deh kamu menguasainya.

Banyak negara jajahan Spanyol yang hingga saat ini menggunakan bahasa resmi Spanyol

Siapa nih yang mau ke Spanyol ?. Harus bisa bahasanya dulu dong. Source: Pexels

Bahasa Spanyol memang kurang eksis di negeri kita ketimbang bahasa lainnya. Namun perlu kamu ketahui penutur bahasa ini kurang lebih 400 sampai 600 juta jiwa di dunia. Bahkan penutur terbanyak bahasa ini bukan di Spanyol melainkan di Meksiko loh!

Dilansir dari Wikipedia, bahasa Spanyol dituturkan lebih dari 21 negara seperti Meksiko, Amerika Serikat, Kolombia, Spanyol, Argentina dsb. Kebanyakan bahasa ini dijadikan bahasa resmi di daerah Amerika Latin. Banyak banget kan? Dengan banyaknya penutur bahasa ini akan memberikan keuntungan bagi kamu jika mempelajarinya. Kesempatan kuliah, kerja, komunikasi bisa terbuka lebar. Kesempatan itu juga diperbesar dengan masih minimnya orang Indonesia yang menguasai bahasa Spanyol, jadi sainganmu masih sedikit nih.

Ayo segera belajar mulai dari sekarang, siapa tahu kamu bisa chatting sama Om Messi hehe.

Bahasa Jepang akan mengantarkanmu ke berbagai kesempatan dari travelling hingga studi atau kerja di negaranya

Belajar Nihongo sebelum ke Jepang kuy. Source: Pexels

Saat ini Bahasa Jepang mungkin tidak terlalu asing bagi warga Indonesia. Ini disebabkan banyak sekali film dan anime yang berseliweran di website Indonesia. Selain itu, kerja sama antara Indonesia dan Jepang saling menguatkan pertukaran budaya ke dua negara tersebut. Implikasinya yaitu sudah banyak sekolah yang menerapkan bahasa Jepang sebagai bahasa asing wajib dipelajari disekolah. Saat ini, diperluas dengan organisasi atau perkumpulan pecinta Jepang tumbuh di Indonesia. Bahkan ada namanya bagi warga asing yang mencintai Jepang dengan sebutan Wibu

Baca juga : 6 Kemampuan ini harus segera kamu miliki! Cek sekarang juga.

Seperti yang sudah diketahui, Jepang sering kali menjadi destinasi favorit bagi warga Indonesia dikarenakan memang negaranya yang indah, tata kota yang rapi tertib dan teratur serta kaya akan budaya, membuat banyak dari kita menginginkan kesempatan studi, travelling, kerja dsb. Dalam masalah studi, banyak beasiswa yang diberikan baik oleh pemerintah Jepang ataupun pemerintah Indonesia. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah sertifikat JLPT atau Japanese Language for Proficiency Test.

Kesempatan kerja di Jepang ataupun perusahaan Jepang lebih terbuka lebar ketika kamu menguasai bahasanya. Bahkan, kamu bisa mendulang pendapatan misalkan dengan bekerja paruh waktu di Jepang atau mendapatkan promosi ke Jepang.

Jika kamu niat belajar, kamu bakalan menguasai bahasa Jepang tanpa perlu waktu lama loh asalkan tekun.

Selain di Perancis, bahasa Perancis juga banyak dituturkan di negara lain

Salah satu keajaiban dunia ada di Perancis loh. Source: Pexels

Terakhir bahasa yang bermanfaat menurut Cerdaskan yaitu Perancis. Mengapa Perancis? Karena bahasa ini dituturkan oleh 200 juta orang di tahun 2005 sebagai bahasa ibunya. Ditambah, bahasa ini resmi digunakan di 29 negara dan 7 negara lain yang umum digunakan namun tidak resmi.

Bahasa Perancis yang dianggap memiliki tutur kata yang romantis ini akan mengantarkanmu bertandang ke negaranya loh. Banyak sekali beasiswa terutama dari Perancis sendiri bagi mahasiswa asing yang minat belajar di sana dan memiliki kemampuan bahasanya. 

Selain di Perancis, ketika kamu menguasai bahasa ini, kamu berkesempatan untuk studi ke Kanada juga. Karena Kanada dahulu kala dijajah oleh Perancis sehingga banyak sekali warga di sana yang fasih berbahasa Perancis ketimbang bahasa Inggris. Bahkan bahasa perancis juga digunakan sebagai bahasa resmi di sana.

Mempelajari bahasa Perancis juga tidak akan terlalu sulit. Karena penggunaan alfabet yang sama seperti Bahasa Indonesia. Di samping itu beberapa pengucapan hurufnya seperti bahasa Indonesia. Silahkan dipelajari lebih lanjut jika kamu penasaran ya! 

Penutup

Oke untuk artikel mengenai bahasa kiranya cukup sampai di sini dulu. Selain bahasa di atas sebenarnya masih banyak sekali bahasa yang bisa kamu pelajari seperti Jerman yang pernah menjadi bahasa utama pengetahuan di abad ke-19, bahasa Korea yang digadang juga memiliki potensi bagus di masa mendatang. Atau bahasa Turki dimana saat ini negaranya terkenal sebagai objek wisata yang diminati oleh masyarakat muslim yang penasaran akan negara muslim yang secara geografis diapit oleh 2 benua, yaitu Eropa dan Asia dan terkenal dengan ragam budayanya. Tapi apapun itu yang kita pelajari pasti mendatangkan banyak manfaat ketika kita menguasainya.

Jangan pernah takut untuk memulai sesuatu karena takut tidak bermanfaat untuk hidupmu. Yang perlu kamu lakukan adalah isi lah hidupmu dengan melakukan hal yang positif.

Well, semoga bagi kamu yang sedang belajar bahasa asing untuk tujuan apapun semoga bisa tercapai dan selalu dimudahkan langkahnya. Semoga tetap konsisten dan bisa menjadi warga Indonesia yang cerdas. Jangan lupa jika berhasil melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri, jangan lupakan negara asalmu, buatlah suatu perubahan yang dapat bermanfaat bagi negeri ini dan bangsanya, sehingga Indonesia bisa lebih maju kedepannya.

Oh iya, jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisanmupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya.

Terima kasih.

Daftar Pustaka

Wikipedia, https://id.wikipedia.org

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

This Post Has 2 Comments

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu