6 Kemampuan Ini Harus Segera Kamu Miliki di Abad ke-21 Supaya Kamu Bisa Meraup Penghasilan

Kali ini Cerdaskan.ID akan memuat artikel mengenai 6 kemampuan ini harus segera kamu miliki di abad 21 supaya kamu bisa meraup penghasilan sendiri.
Bagi kamu yang ingin menambah penghasilan tambahan atau menambah kemampuan bisa disimak lebih lanjut ke bawah:

Pendahuluan

Semakin hari persaingan antara tenaga kerja semakin menguat. Sempitnya lapangan pekerjaan sering kali menjadi kambing hitam atas nasib seseorang yang tidak bekerja. Ditambah era globalisasi yang terus menjangkit dunia termasuk Indonesia yang mana tenaga kerja asing bebas keluar-masuk untuk bekerja. Hal itu membuat para pencari kerja mati merana karena menganggap diri tak berdaya.

Photo by Daniel Chekalov on Unsplash

Sebagai seorang fresh graduate baik dari SMA atau kuliah tentunya masih memiliki semangat juang yang tinggi. Karenanya menjadi pengangguran bukanlah sebuah pilihan, dan tidak menisbatkan alasan pada sempitnya lapangan kerja. Daripada membual alasan pada pihak eksternal, lebih baik mencari tahu kemampuan dalam diri. Untuk itu kamu harus mampu mengenali dan memahami identitas diri. Baca tulisan saya sebelumnya [Beberapa Alsan Mengapa Kamu Harus Memahami diri dan Mencari Tahu Identitas diri].

graduation GIF
fresh graduated

Bagi kamu yang masih sekolah ataupun kuliah, di bawah ini beberapa kemampuan atau skills yang wajib kamu miliki untuk lebih struggle nanti. Mari simak kemampuan apa saja yang harus kamu miliki.

Kemampuan yang harus kamu miliki di antaranya yaitu

1. Permintaan akan sesuatu yang atraktif dan unik dalam menyampaikan pesan sangat besar, diperlukan orang yang mahir dalam desain grafis. Kamu harus ahli di bidang ini.

Photo by NordWood Themes on Unsplash

Menyampaikan pesan di era modern ini tidak hanya cukup pada selembaran kertas yang berisi tulisan saja. Pemanfaatan elemen visual tidak hanya menggunakan tulisan tetapi melibatkan bentuk dan gambar. Ini dimaksudkan untuk menciptakan persepsi pada penerima pesan loh. Contoh paling populer dalam pemanfaatan persepsi bisa kamu lihat pada foto di bawah ini;

Bisa tebak gambar apa. Source: israel-palestine.info
bisa bedain mana yang di atas ?. Source: google

Bagaimana, kamu bisa bedain ?. Contoh lainnya dari persepsi bisa kamu lihat di google ya.

Desain grafis tentunya tidak hanya dalam foto, bahkan lewat video. Animasi-animasi diciptakan supaya penyampaian pesan lebih mengena. Ini menjadi alasan mengapa youtuber bisa meraup banyak penghasilan loh. Kamu ga tertarik ?.

Jika kamu ingin ahli dalam desain grafis, setidaknya kamu harus mahir dalam aplikasi-aplikasi editing. Aplikasi yang dimaksudkan antara lain seperti Adobe Photoshop, Adobe After Effect, Corel Draw, dsb. Untuk lebih spesifiknya kamu bisa baca disini [Wikipedia]. Di samping itu, kamu juga perlu mengenal konsep dasar persepsi. Karena tujuan dari desain grafis adalah untuk mempengaruhi persepsi seseorang. Untuk mengenal lebih jauh tentang persepsi kamu bisa baca artikelnya disini [Persepsi].

april fools prank GIF
Illusion

Untuk tambahan, unsur utama lainnya dalam desain grafis adalah ide. Ide memainkan peranan penting dalam hal ini, karena semakin unik ide kamu maka orang juga akan tertarik. Seperti dalam sebuah pepatah

Aljaza`u min jinsil `amal atau Balasan itu sesuai dengan amalan

Anonim

Untuk mahir dalam kemampuan desain grafis banyak jalannya loh, seperti kamu bisa belajar otodidak atau mengikuti program-program terkait. Karena disamping penggunaan media elektronik, unsur ide untuk berkreasi sangat fundamental disini.

Jadi, kemampuan desain grafis di jaman sekarang sangat diperlukan. Itu dikarenakan semakin banyak permintaan terutama iklan agar dibuat semenarik mungkin dan lebih atraktif. Sehingga dapat memikat orang yang melihat pesan tersebut.

2. Pernah liat channel youtube banyak subscribe dan likenya ?. Itu dapat menghasilkan uang loh. Rahasianya kamu harus bisa mengolah dan mengedit video.

Photo by Matthew Kwong on Unsplash

Sama seperti sebelumnya yaitu desain grafis, editing video mengharuskanmu akrab dengan barang-barang elektronik. Mengolah dan mengedit video akan membuatmu banyak dibutuhkan orang lain. Karena masih banyak loh orang yang tidak paham dengan masalah editing video.

Di samping itu, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuat channel youtube. Kamu bisa mengunggah video hasil editan kamu baik berupa pengalaman, keahlian, atau tutorial editing video sendiri. Ditambah, kemajuan teknologi dan informasi lewat internet kian tak terbendung.

Berdasarkan data yang dilansir dari Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia, masyarakat Indonesia rata-rata mengakses internet selama 1-3 jam perhari dengan persentase 43,89%, pengguna 4-7 jam per hari mencapai 29,63%, bahkan 26,48% mencapai lebih dari 7 jam loh. Kebayangkan aktivitas masyarakat Indonesia yang setiap harinya bergelut dalam dunia maya.

Meskipun itu merupakan kabar buruk di satu sisi, itu juga bisa menjadi lahan usaha kamu dalam mempromosikan kemampuan kamu terutama dengan video hasil karyamu sendiri. Selain itu kamu juga bakal dibutuhin oleh organisasi yang ingin mempromosikan produk atau organisasinya. Jadi tunggu apa lagi, ayo pelajari untuk kemaslahatan umat dan masa depan diri.

3. Saat ini semua orang pasti memiliki barang elektronik. Namun mereka hanya sebatas pengguna dan jarang ada yang memperbaikinya sendiri. Kamu berkesampatan menjadi service barang elektronik atau teknisi loh.

Photo by Fabian Grohs on Unsplash

Kemajuan teknologi di abad ini merupakan bagian dari kehidupan. Para ahli akan terus berinovasi, menciptakan hal yang baru setiap harinya. Sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh semua orang, termasuk kamu yang lagi dicuekin doi butuh diservice wkwk.

Namun perlu kamu ketahui, kemajuan teknologi kadang tidak dibarengi dengan pengetahuan menyeluruh seseorang pada teknologi tersebut. Contoh sederhananya yaitu setiap orang yang memiliki laptop belum tentu mahir dalam memperbaiki laptopnya seperti instal ulang, bongkar laptop, bahkan ketika terjadi error sedikit. Tentunya hal ini menjadi kesempatan kamu untuk unjuk gigi. Karena dapat dipastikan setiap orang ke depan bahkan sekarang akan selalu bersinggungan dengan barang elektronik.

Untuk mengantongi keahlian ini, kamu bisa mengikuti kursus yang diadakan oleh program terkait atau bergabung dengan orang yang sudah ahli di bidang tersebut. Sehingga kamu mungkin akan diajarkan dalam memperbaiki sesuatu yang mana akan menambah kemampuan kamu loh, lumayan kan ?. Dan juga ini akan menambah pundi-pundi kamu, teruntuk kamu yang lagi kuliah.

4. Kemampuan menulis harus kamu miliki sejak dini, ini bisa jadi bahan buat kamu untuk bekerja baik sebagai freelance ataupun berkarya sendiri.

Photo by Debby Hudson on Unsplash

Menulis merupakan proses kognitif tingkat tinggi. Ini disebabkan dengan menulis otak kita akan bekerja secara ekstra baik untuk menemukan kata, merangkainya, dan mengingat informasi yang dimiliki. Sehingga, dengan menulis otak kamu akan terjaga dari serangan alzheimer dan kepikunan lebih dini.

Kemampuan menulis tidak serta merta langsung didapat dengan instan. Kamu harus terus berlatih untuk terus meningkatkan kemampuan mu merangkai sebuah kalimat. Apalagi jika kamu memiliki mentor yang tentunya siap mengoreksi setiap tulisan kamu. Jika mentor tidak ada kamu bisa berbagi bersama teman kamu yang memiliki hobi yang sama.

Manfaat kamu jika memiliki hobi dan kemampuan menulis baik, kamu akan banyak memiliki pekerjaan seperti freelance. Salah satu situs penyedia freelance atau pihak ke tiga yaitu di projects.co.id. Hal itu memungkinkan kamu untuk mendapat uang saku tambahan. Di samping itu, kamu bisa berkarya seperti penulis ternama Tere Liye, Dewi Lestari, Habiburahman El Shirazy, Asma Nadia, dsb. Selain itu juga kemampuan menulis akan selalu dibutuhkan dimanapun loh, terutama kamu yang berada di dunia perkuliahan yang mana itu sangat membantu dalam tugas-tugas.

5. Kuasailah salah satu bahasa dunia, dan kamu akan memiliki akses ke berbagai belahan dunia.

Photo by Liam Burnett-Blue on Unsplash

Kemampuan berbahasa merupakan syarat wajib bagi kamu ketika ingin menguak rahasia dunia, terutama bahasa yang banyak penuturnya. Ini merupakan efek domino dari globalisasi. Sehingga mengharuskan kamu untuk berinteraksi dengan orang asing menggunakan suatu konsensus bahasa. Bahasa yang disepakati bersama saat ini adalah bahasa Inggris.

Berdasarkan data dari travel detik bahasa yang banyak penuturnya dipegang oleh China dengan 1,284 miliar orang. Negara lainnya secara berurutan yaitu Spanyol dengan 437 juta, Inggris 372 juta, Arab 295 juta dan lainnya. Karenanya digadang-gadang akan menjadi bahasa dunia di beberapa tahun mendatang. Meskipun begitu, saya menyarankan untuk menguasai bahasa Inggris saat ini. Karena dengan bahasa Inggris kamu akan memiliki banyak akses ke berbagai literatur ilmu pengetahuan. Sehingga kamu akan lebih banyak menyerap informasi dibanding orang lain.

Pekerjaan yang menyangkut bahasa asing yaitu kamu berkesempatan untuk menjadi translator atau jasa penerjemah buku, menjadi tour guide wisatawan asing, dsb.

Manfaat lainnya yaitu jika kamu memiliki mimpi untuk study abroad prasyarat pertama yang akan ditanyakan adalah kemampuan bahasa Inggris kamu. Oleh karena itu, kamu harus sedini mungkin setidaknya menguasai satu atau dua bahasa asing.

6. Media yang populer di abad ini adalah media online, karenanya kamu harus mampu mengembangkan website dan mengerti seluk beluknya

Photo by rawpixel on Unsplash

Website merupakan sarana yang populer untuk mengembangkan apapun termasuk pemasaran. Saat ini sedang bekennya situs belanja online dengan startup website. Ini memberikan kamu kesempatan untuk mendalami kemampuan mengembangkan website baik untuk kebutuhan pribadi atau proyek dari orang lain.

Dalam situs-situs yang mempetemukan pencari kerja dan pekerja, kemampuan memahami pengembangan website banyak diperlukan. Seperti memodifikasi tema, plugin e-commerce, java script dsb. Selain itu, kemampuan ini menandakan bahwa kamu tidak gaptek dalam teknologi, dan bisa menambah kemampuan dalam CV kamu. Yuk segera cari tahu dan terus melek teknologi.

7. Kemampuan berbicara di depan publik akan mengantarkanmu pada banyak kesempatan membawakan banyak acara yang prestisius

Photo by rawpixel on Unsplash

Public Speaking merupakan kemampuan yang harus dimiliki kamu ketika memiliki impian menjadi pemimpin. Kamu mungkin kenal bagaimana Ir. Soekarno memiliki karisma dan mempengaruhi orang lain dari berbicara di depan publik. Contoh lainnya yaitu banyak orang sukses yang memiliki kemampuan berbicara di depan publik seperti Jack Ma, Steve Job, Barrack Obama, dan yang lainnya.

internet speak to me GIF

Dengan public speaking kamu akan menyihir dan membangkitkan gelora jutaan orang. Ditambah kamu akan mudah mengartikulasikan apa yang hendak kamu sampaikan pada orang lain. Sehingga orang tidak akan merasa bosan untuk terus mendengarkan persentasi kamu.

Manfaat lainnya ketika kamu jago dalam berbicara di depan publik, kamu akan mudah mendapatkan pekerjaan yang menyangkut seminar motivasi, pembawa acara, dan masih banyak lagi yang lainnya loh.

Untuk mahir dalam public speaking memang ada campur tangan genetik dan bakat, namun banyak mereka juga yang terus melatih diri lewat jasa pelatihan yang sudah menjamur di Indonesia. Media-media online saat ini juga sudah banyak memberikan kiat-kiat menjadi seorang public speaking yang handal loh. Jadi jika kamu berminat kamu bisa berlatih dari sekarang.

Penutup

Untuk kali ini hanya cukup sampai disini. Kemampuan di atas merupakan opini pribadi yang didasarkan pada pengamatan pada lingkungan sekitar.

Pesan saya adalah kamu harus berani dan tidak membatasi diri pada suatu kemampuan, karena seyogyanya kemampuan itu tidak berat untuk dipikul dan pasti bermanfaat. Karena tidak ada sesuatu yang tidak bermanfaat jika itu merupakan hal yang positif.

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

This Post Has 5 Comments

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu