15 Jurusan Kuliah Ini Akan Berguna Ketika di Dunia Kerja

Kali ini Cerdaskan.ID akan memuat artikel yang ditujukan bagi kamu yang masih pelajar dan hendak kuliah yaitu tentang 15 jurusan kuliah ini akan berguna ketika di dunia kerja. Atau buat kamu yang sudah jadi mahasiswa namun belum menemukan passion boleh disimak ya.

Memilih jurusan kuliah merupakan langkah awal dan sedikit gambaran masa depan kamu, yuk simak jurusan kuliah apa saja yang akan berguna ketika di dunia kerja!

Pendahuluan

Setelah dinobatkan lulus dari Sekolah Menengah Atas atau setingkatnya, pilihan yang paling sering dipilih yaitu melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, namun tidak jarang yang memilih untuk mencari pekerjaan ataupun memulai suatu usaha. Nah bagi kamu yang hendak memutuskan untuk kuliah, akan banyak hal yang harus dipersiapkan bahkan dari sebelum lulus.

Kurang lebih keadaan kuliah seperti ini guys, apapun jurusan kuliah nya bangkunya tetap sama hehe. Source: Pexels

Salah satu yang harus dipersiapkan adalah memilih jurusan kuliah. Ketika hendak memutuskan jurusan perlu banyak sekali pertimbangan mulai dari minat, prospek kerja, persetujuan orang tua dsb, supaya tidak terjadi mewabahnya fenomena “salah jurusan”.

Bacajuga: Kemampuan ini harus segera kamu miliki supaya meraih banyak keuntungan.

Saat ini Indonesia memerlukan generasi muda yang memiliki sertifikasi dan kemampuan untuk mencari solusi bagi permasalahan Indonesia. Langkah kongkret awalnya yaitu kuliah dengan pilihan jurusan yang mantap. Ketika sudah menentukan jurusan kuliah apa yang akan diambil, tentunya ini akan menjadi awal keseriusan dalam menjalankan kuliah. Setelah itu, kamu akan terpacu untuk menebar manfaat dan membagikan ilmunya bagi Indonesia serta berguna dalam dunia kerja.

Karena berkorban untuk negeri salah satunya adalah dengan bekerja sesuai profesi masing-masing. Yuk simak informasi 15 jurusan kuliah yang akan berguna ketika di dunia kerja nanti!

Daftar Jurusan Kuliah yang Akan Berguna di Dunia Kerja

Jurusan Kedokteran

Dokter yang sedang menjelaskan data pasien. Source: Pexel

Jurusan kuliah yang satu ini tidak pernah padam ketenarannya. Dari dulu hingga kini jurusan kedokteran terutama pendidikan dokter masih menjadi primadona dan dibutuhkan oleh banyak pihak. Saat ini sudah banyak sekali fakultas kedokteran yang dimiliki baik oleh perguruan tinggi swasta maupun negeri.

Meskipun begitu, untuk masuk dalam pendidikan dokter, peminat dan pesaingnya sering banyak sekali dan menjadi pilihan favorit. Ini bukan tidak lain disebabkan prospek jurusan kedokteran yang sangat cerah, meski kuliahnya susah-susah. Apalagi bagi kamu yang meneruskan pendidikan menjadi dokter, atau lagi menjadi dokter spesialis. Ini akan menambah kecerahan prospek kamu loh.

Jurusan Akuntansi

Kerja akuntansi akan erat dengan angka dan komputer. source: Pexels

Jurusan kuliah populer lainnya yaitu berada di fakultas ekonomi. Jika kita survey setiap perguruan tinggi di Indonesia, pasti memiliki jurusan yang satu ini. Ditambah jurusan ini paling banyak diminati dan sulit untuk masuk ke sana.

Masalah prospek sebagai seorang akuntan tidak akan pernah diragukan. Akuntan pasti dimiliki oleh setiap perusahaan baik jasa, industri, ataupun dagang. Terlebih dalam akuntan sendiri terbagi lagi menjadi beberapa bidang. By the way, menjadi seorang akuntan akan menjadi salah satu orang yang mendapatkan pendapatan tertinggi.

Jurusan Pendidikan

Mengajar memang merupakan pekerjaan mulia loh. Source: Pexels

Menjadi seorang tenaga pendidik memang merupakan pekerjaan yang sangat mulia, bagaimana tidak mereka akan menghantarkan orang lain menjadi apa yang diharapkan. Di samping itu, masuk ke dalam jurusan pendidikan tidak hanya bagi orang normal saja, tapi kamu bisa masuk ke jurusan pendidikan anak berkemampuan khusus.

Tenaga pendidik anak difabel sangat dibutuhkan di negeri ini. So, jangan pernah ragu untuk masuk ke jurusan ini.

Jurusan Ilmu Hukum

Seorang ahli hukum yang sedang menandatangani sesuatu. Source: Pexels

Ilmu hukum menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak juga diminati di Indonesia. Jurusan ini bisa disandingkan dengan pendidik dan kesehatan, kalau kamu masih ingat ketika Jepang terpuruk setelah PD ke-II. Ahli hukum menjadi salah satu yang diperlukan di sana.

Di Indonesia, karena negara hukum maka jurusan ini pasti dibutuhkan oleh beragam pihak. Kamu akan berprofesi sebagai advokat, notaris, konsultan hukum, pengacara dsb. Yakin deh ga usah khawatir kekurangan tenaga kerja, karena masih di setiap negara pasti ada hukum.

Jurusan Teknik Informatika

Jurusan kuliah yang satu ini identik dengan sibuk di depan layar komputer. Teknik Informatika akan menjadi primadona di masa mendatang, bahkan saat ini sudah sangat dibutuhkan. Kebutuhan dari jurusan ini yaitu kemampuannya dalam programming. Banyak sekali developer yang menggunakan jasa pemrograman orang lain seperti pemrograman website, toko online, dsb. Untuk masaah gaji? Selow aja pemrograman pasti digaji besar bung!

Jurusan Psikologi

Bagi kamu yang minat dengan menolong manusia, pengembangan karir dan masalah psikologi bisa nih masuk jurusan kuliah psikologi. Jangan pernah kamu ragu masuk psikologi, karena sebelum manusia punah psikologi pasti dibutuhkan. Untuk masalah gaji jangan pernah diragukan, gaji psikolog terutama HRD sangat tinggi loh. Yakin ga minat?

Jurusan Farmasi

Berdasarkan data StudentJob, sebesar 82,1% lulusan prodi ini mereka mengaku terbantu dalam mendapatkan pekerjaan. Kemampuan yang didapat dari jurusan ini sangat beragam loh seperti analisis obat dan bahan-bahannya.

Kebutuhan akan seorang apoteker sangatlah dibutuhkan di Indonesia. Gaji seorang apoteker juga tinggi.

Jurusan Astronomi

Jika membahas tentang Astronomi, jurusan kuliah ini sangat jarang bahkan hanya satu di Indonesia, bahkan di asia tenggara loh. Tempat kuliahnya yaitu di ITB, kalau tidak kamu bisa ke The University of Tokyo.

Bayangkan saja, lulusan dari jurusan ini sangatlah sedikit sedangkan ilmu astronomi belum banyak tersingkap loh. Dan pastinya kamu akan banyak bekerja dengan dosen, peneliti, LAPAN atau LIPI dsb. Masalah nominal? Jangan kamu permasalahkan deh.

Jurusan Sistem Informasi

Program sistem informasi memiliki kekhasan dalam mempelajari beberapa bidang di antaranya yaitu komputer, manajemen, dan bisnis. Sehingga kompetensi yang didapat antara lain: pemograman, jaringan komputer, basis data, pengembangan software, dsb. Jurusan ini juga akan diajarkan pembuatan aplikasi loh. Contoh kongkretnya yaitu seperti Go-jek dsb. Sehingga jurusan ini sangat prospektif banget loh.

Jurusan Ilmu Perpustakaan

Prodi ilmu perpustakaan akan mengarahkan mahasiswa ke berbagai jenis pustakawan seperti lembaga informasi, arsip, manajemen rekod, serta dokumentasi. Jurusan kuliah ini sangat diperlukan karena kemampuan yang didapat seperti kemampuan klerikal dan administrasi. Saat ini tenaga perpustakaan masih sedikit dan biasanya lowongan PNS di bidang ini terbuka lebar. Karena jurusan ini mendukung terwujudnya masyarakat berbasis informasi dan pengetahuan. Ini berarti sama dong dengan tujuan pendidikan.

Jurusan Teknik Lingkungan

Teknik lingkungan merupakan jurusan yang linier dengan permasalahan saat ini. Di jurusan ini kamu akan diajarkan mengenai lingkungan dan permasalahannya, serta solusi untuk menanggulangi hal tersebut.

Isu-isu lingkungan saat ini yang terjadi dipelajari loh di jurusan ini. Sehingga prospek kerja di jurusan ini sangat besar terutama makin kompleknya masalah lingkungan saat ini dan mendatang.

Jurusan Cyber Security

Saat ini pengguna internet dan smartphone. Penjamuran penggunaan tersebut makin beragam pula kejahatan yang terjadi seperti cyber crime, penipuan, hate speech, hoax, sabotase, virus ransomware dsb. Karenanya Indonesia memerlukan pemuda yang mahir dalam menangkal kejahatan-kejahatan tersebut. Sehingga penjamuran atau resiko kejahatanpun akan lebih terminimalkan.

Jika kamu bertanya masalah gaji, tentunya bukan untuk dijawab. Karena jasa dan kemampuan yang dikeluarkan pasti akan berimbang.

Kuliah yang menyediakan jurusan ini yaitu Universitas Binus di Jakarta Barat atau di Budi Luhur Jakarta Selatan.

Jurusan Desainer Fashion

Kebutuhan akan gaya hidup terutama masalah fashion jaman sekarang sangat beragam. Begitu pula semakin hari, tren fashion sangat berkembang pesat. Ini disebabkan keterampilan tangan desainer yang ahli membuat rancangan pakaian yang akan dibuat.

Mungkin kamu sudah mengenal desainer ulung seperti Kate Spade dsb sukses baik dalam bidang karir ataupun passion. Sehingga ketika kamu tertarik dengan menekuni pembuatan dan perancangan pakaian, jurusan ini bisa menjadi alternatif pilihan kamu. Soal uang? Jangan ditanyakan lagi, bisa kamu lihat contoh orang yang bekerja sebagai desainer, tajir melintir hehe.

Jurusan Pertambangan dan Perminyakan

Jurusan kuliah ini identik dengan perminyakan dan kekayaan alam yang tersimpan di bumi. Jurusan ini berfokus pada eksplorasi dan eksploitasi bahan tambang seperti mineral berharga dan batu bara. Pada intinya prodi ini akan mempelajari bagaimana cara mengambil mineral berharga seekonomis mungkin.

Prospek kerja prodi batubara yaitu di PT. Tambang atubara Bukit Asam dsb, Temabaga seperti PT Freeport Indonesia. Dsb. Untuk gajih ga perlu ditanyakan lagi loh.

Jurusan Teknik Nuklir

Jurusan kuliah ini tidak identik dengan pembuatan bom nuklir loh, namun pemanfaatan pada pernukliran seperti aplikasi teknologi nuklir dalam pembangkitan daya, aplikasi radiasi dan radiosotop di industri, dan aplikasi yang mendukung radiologi klinik.

Jurusan ini terbilang langka di Indonesia loh, hanya ada di beberapa kampus seperti UGM, STTN dsb. Prospek kerja yang akan didapat sangat banyak loh. Gaji yang ditawarkanpun cukup menggiurkan berkisar 67.700 dolar Amerika atau sekitar Rp. 86 juta lebih.

Penutup

Oke untuk saat ini cukup sekian saja. Bagi kamu yang masih bingung dengan jurusan kuliah, artikel ini bisa menjadi rujukan jika pertimbangan kamu pada prospek kerja. Namun masih banyak jurusan lainnya juga yang bermanfaat bagi kamu, asalkan kamu sungguh-sungguh dalam belajarnya. Yuk segera putuskan jurusan yang akan kamu inginkan.

Oh iya, jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisanmupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya.

Terima kasih.

Daftar Pustaka

Blog Studentjob, http://blog.studentjob.co.id/10-jurusan-kuliah-paling-bermanfaat-di-dunia-kerja/.

Hipwee, https://www.hipwee.com/list/selain-antimainstream-7-jurusan-kuliah-ini-bermanfaat-untuk-masa-depan-indonesia/

ITB, https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-teknik-pertambangan.

Mamikos, https://mamikos.com/info/jurusan-paling-dibutuhkan-di-dunia-kerja/

Hotcourses, https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/subject-info/teknik-lingkungan-salah-satu-jurusan-dengan-gaji-tertinggi/

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

This Post Has One Comment

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu