Bagi Calon Mahasiswa Baru, Kemampuan Ini Harus Kamu Kuasai Demi Menunjang Perkuliahan

Kali ini Cerdaskan.ID akan menyapa kamu yang sebentar lagi akan resmi jadi mahasiswa baru nih. Sebelum itu, saya ingin menyarankan kamu untuk membaca artikel ini dengan judul Bagi calon mahasiswa baru, kemampuan ini harus kamu kuasai demi menunjang perkuliahan.

Dengan membaca ini, kamu akan lebih siap lagi menjadi mahasiswa baru dalam menjalankan perkuliahan. Yuk baca artikel ini hingga tuntas yuk!

Pendahuluan

Memasuki bulan April, masa akhir menjadi siswa semakin terlihat gelagatnya. Dari sini kamu akan memilih jalan hidup masing-masing, ada yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, bekerja, sampai menganggur dan menikah. Semua status tersebut didapatkan perlu usaha dan adaptasi diri hehe. Meskipun begitu, saya tidak akan membahas menjadi motivator atau semacamnya, tapi yang akan saya bahas khusus kamu yang lanjut kuliah. Supaya hidup kamu tidak terlalu suram dalam perkuliahan dan tidak merana salah jurusan.

Karena khusus buat yang akan kuliah, pertama saya ucapkan selamat bagi kamu yang diterima lewat jalur darat dan laut apapun masuk kampus. Kemudian saya ingin coba menggambarkan sedikit keadaan dalam perkuliahan. Disini bukan ingin menakut-nakuti atau faking good, tapi memang begitu adanya selama saya kuliah.

Baca juga: Inilah 10 Soft Skills yang Harus Kamu Miliki Dalam Menghadapi Ekonomi Tahun 2020

Dalam perkuliahan, kamu akan menemukan beragam orang yang lebih banyak, tugas seabreg dan mendadak, kuis ataupun ulangan yang tak dikira, rapat dan nongkrong sana-sini, hingga dosen yang mengabarkan tidak bisa masuk kelas dalam H-1 menit atau jam. Semua itu akan menjadi keseharian kamu ke depannya, mamam wkwk.

Langsung saja deh ya supaya lebih menderita, mengenal lingkungan kampus dan mempersiapkan kemampuan diri guna meraih impian mahasiswa baru, mendapat ipk tinggi, lulus cepet dan aktif organisasi. Kuy!

Kemampuan yang Harus Kamu Miliki Ketika Menjadi Mahasiswa Baru

Adaptasi Diri dengan Beragam Kondisi dan Lingkungan

Bisa beradaptasi dengan lingkungan supaya lebih sukses. Source: Pexels.com

Kemampuan beradaptasi merupakan suatu softskills yang harus kamu miliki. Alasannya sangat simpel sekali, karena kamu tidak mungkin hidup sendirian bahkan meskipun sendirian harus juga menyesuaikan dengan tempat tinggal. Interaksi tersebut akan membentuk sebuah kepribadian dan perilaku kamu. Selain itu juga, memang penyesuaian diri bisa membuat konidisi sehat atau sakit psikis diri loh. Apalagi kamu yang masuk ke dalam lingkungan dan orang-orang yang pertama kali ditemui, kamu perlu sekali untuk memiliki penyesuaian diri yang tinggi guna membangun motivasi eksternal dan lainnya.

Baca juga: 5 Hobi yang Menghasilkan Uang Untuk Pelajar. Perlu Kamu Coba Nih!

Contoh dalam bahasa buminya, terutama dalam perkuliahan, seperti akan memiliki integritas pribadi, rasa diterima dalam kelompok sehingga bisa lebih berprestasi, orientasi ke depan yang jelas dan realistis, minat bekerja sama dan saling beremptai dsb.

Jika kamu menanyakan aspek apa saja dalam adaptasi diri, aspeknya sangat mudah dan dekat. Masalah emosional menjadi aspek penting dalam hal ini. Supaya beradaptasi dengan lingkungan, kamu perlu merespon segala sesuatu dengan mengontrol emosi, realistis dan objektif, rasional serta tidak terlalu berlebih dalam frustasi personal.

Bahasa Inggris guna memperlancar tugas kuliah

Bisa bahasa merupakan alat membuka jendela dunia. Source: Pexels.com

Tidak dipungkiri bahasa Inggris memang menjadi bagian dari kemampuan yang harus dimiliki. Meskipun kamu menolak keberadaannya, baik sebelumnya menyukai atau tidak, kamu ditakdirkan dalam kuliah untuk terus bertemu bahasa Inggris, mungkin akan lain cerita jika kuliah di jurusan afiliasi keagamaan. Meskipun dalam jurusan afiliasi keagamaan, bahasa asing tidak akan lepas juga seperti bahasa Arab atau kuliah sastra lainnya.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Inggris di Jakarta Barat

Bahasa Inggris akan terpakai ketika kamu diberikan tugas membaca literatur dari luar, resume atau bedah jurnal asing, bahkan prasyarat lulus S-1 tiap kampus diharuskan mahasiswa memiliki TOEFL rata-rata di atas 450. Gimana? Masih mau menolak keberadaan bahasa yang satu ini? Yuk mulai dari sekarang berproses dan membiasakan diri tidak membenci sesuatu yang bermanfaat. Selain itu juga, ketika kamu berada di kampus yang punya kerja sama luar negeri, kamu akan merasakan program pertukaran pelajar bermodalkan kemampuan bahasa mantaf.

Kepercayaan Diri, baik untuk persentasi atau unjuk gigi

Jangan lupa percaya diri untuk tetap bisa unjuk gigi. Source; Pexels.com

Sistem perkuliahan yang diatur sedemikian rupa, dan tentunya berbeda dengan sekolahan. Mungkin sudah kamu ketahui, dalam perkuliahan akan banyak meminta keaktifan diri dalam kelas. Meskipun ada cerita lain yang sistem perkuliahannya berupa cermaha dari dosen, seperti statistika mungkin. Akan tetapi kebanyakan kamu harus bisa menuturkan dan berkewajiban memberikan materi perkuliahan kepada teman yang lain. Untuk pertama kali mungkin kamu akan merasa minder, tapi jika dibiasakan dan berniat pasti bisa kok.

Baca juga: 6 Kemampuan Ini Harus Segera Kamu Miliki di Abad ke-21 Supaya Kamu Bisa Meraup Penghasilan

Selain itu juga, kepercayaan diri tidak hanya untuk persentasi di depan kelas, namun untuk struggling dalam hidup. Dengan berbekal keyakinan pada kemampuan yang dimiliki diri dan tidak meratapi kekurangan, akan banyak kesempatan yang bisa kamu raih untuk berprestasi dalam perkuliahan. Misalkan dalam ajang perlombaan, ketika kuliah tidak akan ada yang menyuruhmu megikuti, tapi keinginan dan kepercayaan diri yang bisa menggerakan diri untuk unjuk gigi.

Mengolah Stres dan Menemukan Coping yang Efektif

Kamu harus bisa management stres supaya tetap semangat. Source; Pexels.com

Ketika mendengar stres apa yang kamu persepsikan? Orang gila kah wkwk. Keadaan stres atau penuh tekanan bakal kamu derita rasakan dalam kuliah, baik dari perkuliahan, organisasi, hidup sendiri, keadaan dan lainnya deh. Ini akan memaksa kamu menemukan cara mendamaikannya dengan tepat. Ketika menemukan cara yang tepat kamu akan menjadi pribadi yang kuat dan siap untuk berkontribusi aktif dan maksimal.

Misalkan, ketika dosen tiba-tiba membatalkan perkuliahan dan meminta jadwal baru, yang mana kamu sudah ada janji, kamu perlu mendamaikan situasi tersebut. Itu merupakan keadaan tekanan yang mengharuskanmu memilih. Kuncinya dari kemampuan mengolah stres yaitu kamu tidak fokus dan mengurung diri dalam sebuah tekanan atau tuntutan. Kamu hanya perlu mengerahkan apa yang kamu bisa, atau mencari dukungan orang lain sebagai alternatif koping stres.

Mengatur Waktu

Mengatur waktu merupakan suatu hal yang krusial dilakukan. Dimensi ini akan mengikat setiap umat yang hidup di bumi. Banyak orang bilang, semua manusia diberikan resource waktu yang sama 24 jam, namun ada yang menjadi seorang ahli matematis, astrounot, pemain bola, pengangguran, netizen, dan jadi kamu. Selain faktor lain yang mempengaruhi, tentunya mereka memiliki kemampuan mengatur dan mengolah waktunya dengan baik. Seberapa perlu istirahat, belajar, bersosialisasi dan kegiatan lainnya.

Bersahabat dengan dunia internet

Berteman dan bersahabat lah dengan internet, niscayakamu akan mudah. Source: Pexels.com

Salah satu pilar penting lainnya yaitu akrab dengan dunia internet. Sebagai mahasiswa di jaman canggih dalam bidang virtual dan komunikasi, kamu harus menjadikan ini sebagai kesempatan untuk memperkaya diri dengan ilmu darinya. Hal yang harus banget dikuasai yaitu mencari jurnal, e-book ataupun bahan perkuliahan yang menunjang dari sana. Kamu hanya harus akrab dengan beragam cara yang tersedia di internet bahkan cara gelap, baca: memanfaatkan.

Selain dengan dunia internet, paham akan fungsi laptop ataupun komputer bahkan smartphone menjadi kewajibanmu untuk dimaksimalkan. Tidak hanya untuk nonton drakor saja laptopnya, tapi bisa menjadi danau ilmu yang bisa diselami, penulis juga masih engga gitu kok hehee.

Penutup

Oke untuk artikel kali ini dicukupkan sampai di sini saja. Semoga setelah membaca artikel ini kamu akan lebih siap menghadapi perkuliahan dan membangun harapan serta merealisasikannya. Oh ya, selain itu juga, diharapkan kamu bisa manut dan baik-baik terhadap dosen. Terdengar klise memang, tapi ada yang sampai bilang panggilan dosen lebih bergema di kalangan mahasiswa.

Satu lagi, Jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisanmupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya.

Terima kasih

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu