Kamu Pengguna Linux? Yuk Simak Cara Mudah Mengambil Screenshot di Linux

Kali ini Cerdaskan.ID akan memuat artikel mengenai cara mengambil screenshot atau gambar layar di Linux dengan mudah. Sebelumnya sudah pernah kami posting bagaimana cara mengambil screenshot di Windows dan di MacOS

Bagi kamu yang kebetulan menggunakan sistem operasi Linux, kamu bisa simak beberapa cara mengambil screenshot atau gambar layar di Linux berikut ini.

Pendahuluan

Seperti halnya MacOS, masih jarang sekali pengguna yang menggunakan OS yang memiliki banyak varian ini. Mungkin bagi kamu masih ada yang belum tahu makhluk macam apa itu Linux wkwk. Penulis tidak akan membahas secara detil mengenai apa itu sistem operasi (OS) Linux, kamu bisa googling sendiri tentunya, dan penulis akan membagikan ilmu cara screenshot di OS Linux dengan bahasa sederhana yang semoga mudah dimengerti oleh pembaca pengguna OS Linux sekalian.

Tampilan Elementary mirip MacOS. source: Magazine Linux

Pengguna Linux di Indonesia sendiri masih tergolong sedikit. Berdasarkan data Globalstas, populasi dunia untuk pengguna Linux kurang dari 12% . Di antara para pengguna Linux tersebut pastilah orang-orang yang jago koding atau ahli komputer ataupun orang yang memang memiliki minat besar akan OS Linux itu sendiri. Jadi, tutorial seperti ini mungkin sudah lebih dikuasai oleh para “Linux expert”

Baca juga : Cara membuat power point menarik yang memikat hati.

Saat ini, Linux sudah banyak merilis versinya tersendiri seperti Ubuntu, Kali Linux, Elementary, Debian Linux, Linux Mint, suSe Linux, CentOS Linux, Red Hat Linux dsb. Banyak sekali varian Linux yang bisa kamu gunakan, dan tentunya ini bisa didapat dengan gratis tidak seperti Windows dan MacOS yang berbayar. Di samping itu, kamu juga bisa ikut andil dalam mengembangkan Linux ini.

Jadi bagi kamu yang masih menggunakan sistem operasi Windows dan itu bajakan, yuk beralih menggunakan Linux. Penulis juga masih menggunakan double OS nih di laptop penulis hehe.

Screenshot di Linux

Banyaknya distro atau versi Linux mungkin tidak bisa saya jabarkan satu persatu di artikel ini. Meski begitu sepertinya cara untuk mengambil gambar layar kerja (screenshot) akan sama saja di tiap versi. Nah dalam artikel ini, saya akan menyajikan tutorial dalam Linux versi Ubuntu. Yuk simak caranya!

Tombol Print Screen pada keyboard

Seperti halnya sistem operasi lain jika dalam satu laptop, tombol PRTSC SYSRQ dan sejenisnya akan memiliki fungsi yang sama. Pada OS Ubuntu tombol ini berfungsi men-capture layar. Kemudian akan secara otomatis terasosiasi dengan program screenshot atau Gnome Screenshot sehingga dapat diatur dalam aplikasi tersebut.

Kolaborasi tombol PRTSC SYSRQ

Seperti dalam cara di OS Windows, Ubuntu menyajikan tombol pintas untuk mengambil gambar layar kerja. Caranya yaitu dengan menekan tombol Alt + Prtsc Sysrq kamu akan mengambil screenshot pada jendela yang sedang aktif saja.

Selain itu kamu bisa menggunakan tombol Shift + Prtsc Sysrq untuk mengambil gambar pada area tertentu saja.

Menggunakan Terminal

Yang membedakan antara Linux dengan sistem operasi lainnya yaitu adanya terminal. Fungsi terminal dalam Linux sama saja dengan fungsi terminal dalam kenyataan sebagai tempat awal berpijak.

Bisa mengambil screenshot di terminal Ubuntu. Source: pintarkomputer.com

Jika kamu hendak menggunakan terminal, kamu bisa melakukan perintah untuk apa saja dengan memasukan kode aplikasi Gnome Screenshot. Cara yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut :

Buka terminal kamu kemudian ketikan perintah gnome-screenshot -w. Kamu akan mendapatkan gambar pada jendela tampilan yang aktif saja.

Baca juga : Cara membuat daftar isi di Microsoft Word dengan mudah.

Untuk menangkap gambar setelah beberapa detik waktu mundur kamu tinggal menambahakan kode -d 4 (4 di sini berarti 4 detik) sehingga menjadi gnome-screenshot -d 3.

Ketika kamu ingin mengambil gambar layar dengan mode custom atau area tertentu bisa menggunakan kode gnome-screenshot -a.

Apabila kamu hendak menggunakan perintah dengan kode kolaborasi bisa mencobanya. Contoh di sini yaitu ketika kamu ingin mengambil jendela yang aktif dengan ditambahkan durasi waktu bisa menggunakan kode gnome-screenshot -w -d 4.

Menggunakan Software atau Aplikasi lain

Cara yang paling mudah dan sederhana tentunya menggunakan aplikasi tambahan. Kamu bisa mengambil gambar layar dengan menyesuaikan kebutuhan. Contoh aplikasi yang biasanya digunakan pada Ubuntu adalah GIMP dan Imagemick. Kamu bisa mendapatkan beragam aplikasinya di AppCenter. Kalau Ubuntu namanya Ubuntu Software Center.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi external

Contoh pada Gimp Image Editor, kamu bisa mengambil gambar layar dengan membuka Gimp lalu klik File – Create – Screenshot.

Selain menggunakan Gimp, kamu bisa menggunakan Image Magick. Kamu bisa membuka aplikasi ini lewat terminat dengan mengetik sudo apt-get install imagemagick lalu enter.

Jika sudah, kamu bisa mengambil screenshot pada layar aktif dengan menggunakan kode import -window root Pictures/FileName.png. FileName bisa kamu ubah menjadi nama sesuai yang diinginkan.

Informasi tambahan

Bagi kamu yang ingin menggunakan Linux, kamu bisa mengunduh secara gratis di website mereka. Biasanya nama websitenya yaitu sesuai dengan nama distronya, misal kamu ingin menggunakan Linux elementary bisa masuk ke Elementary.io, Linux mint di Linuxmint.com, dsb.

Linux yang masih dipersepsikan dengan kode. Source: Pexels.com

Kamu juga bisa menggunakan double booting loh! Maksudnya, kamu bisa memiliki dua sistem operasi. Untuk Linux, sistem operasi ini tidak terlalu berat dan tidak memakan banyak ruang hardisk.

Penutup

Well, ternyata mengambil gambar layar kerja di Linux sangat gampang sekali, bukan? Tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya seperti menggunakan kode-kode perintah yang susah diingat dan di implementasi.

Terlebih pula, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan beserta tombol pintas yang ada di keyboard laptop kamu. So, untuk kali ini dicukupkan sampai di sini saja ya. Semoga bisa membantu kamu yang ingin mengambil screenshot di Linux dan membuatmu ingin mengenal Linux lebih dalam lagi. Jika ada tambahan informasi atau pertanyaan, boleh tinggalkan pesan di kolom komentar ya nanti akan penulis bantu jawab.

Oh iya, jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisanmupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya.

Terima kasih.

Daftar Pustaka

iPankint, https://ipankint.com/software/linux/cara-capture-screenshot-pada-linux-ubuntu/

WikiHow, https://www.wikihow.com/Take-a-Screenshot-in-Linux.

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu