Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Android Wajib Dimiliki Siswa atau Mahasiswa

Kali ini Cerdaskan.ID akan memuat artikel mengenai sarana pembelajaran menarik yaitu aplikasi belajar bahasa Inggris Android yang wajib dimiliki oleh Siswa atau Mahasiswa.

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris gratis di android dengan mudah dan simple bisa tancap gas baca artikel ini ke bawah, kuy!

Pendahuluan

Bahasa Inggris memang menjadi salah satu jendela dunia, baik itu ilmu pengetahuan dan kesempatan-kesempatan mendapatkan pengalaman berkeliling benua. Terutama bagi kamu yang masih duduk di bangku siswa dan mahasiswa, mendalami bahasa Inggris merupakan hal yang wajib banget dilakukan. Karena ketika masa tersebutlah proses belajar berlangsung dan belum terjun penuh ke masyarakat.

Baca juga : 5 Bahasa Asing yang Bermanfaat Untuk Kamu Pelajari Selain Bahasa Inggris

Kesempatan tersebut harus kamu maksimalkan, terlebih kamu sudah sangat dimanjakan gadget. Saya yakin gadget merupakan barang yang pasti dimiliki dan sering dibawa kemanapun kamu berpijak. Kalau sudah seperti itu, yang perlu kamu miliki hanya semangat belajar dan kemauan untuk bisa.

Belajar dapat meningkatkan derajat manusia loh. Source: Pexels

Sekarang untuk pintar kamu hanya perlu menyiapkan smartphone android dkk, kemudian install-lah aplikasi yang bisa membuat kamu cerdas, salah satunya kamu bisa kunjungi juga web Cerdaskan :p. Kuy manfaatkan smartphone untuk hal yang bermanfaat.

Yuk simak aplikasi yang akan saya sarankan untuk kamu miliki dan mengiringi proses belajar bahasa Inggris kamu..

Aplikasi Android Untuk Belajar Bahasa Inggris

Pengen belajar dengan mentor virtual ditambah proses belajar menggunakan ilustrasi? Duolingo juaranya!

Belajar asik dengan Duolingo. Source; Theverge.com

Aplikasi pertama yang saya rekomendasikan untuk belajar bahasa Inggris yaitu Duolingo. Duolingo merupakan tipe apk yang menyediakan kursus gratis bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris dan lainnya. Sistem belajar di sana menggunakan ilustrasi gambar, contoh kalimat, dengan peringkat hasil belajar kamu loh. Selain itu juga, kamu bisa menghubungkannya ke LinkedIn jika ingin di share sebagai reward kamu.

Duolingojuga memberikan kemanjaan bagi kamu yang mangkir belajar satu hari. Merekamenyediakan mentor yang siap mengingatkan kamu lewat email loh. Jadi, ketikakamu mangkir siap-siap saja email kamu akan dihujani pesan dari duolingo. Bythe way, jika kamu sudah cukup bisa bahasa Inggris, kamu bisa mengubah bahasa pengantar kamu dari Indonesia ke Inggris. 

Kursus Bahasa dengan native dan gratis? edX harus segera kamu miliki

Kursus gratis dengan mentor fantastis di edX. Source; edx.org

Aplikasi edX memang berbeda dengan aplikasi Duolingo, bahkan jauh berbeda. edX sebenarnya bukan hanya untuk belajar bahasa saja, namun banyak tersedia pelajaran lainnya. Aplikasi ini didirikan oleh salah satu universitas di Amerika Serikat. Tujuannya untuk memberikan edukasi online bagi seluruh masyarakat di bumi ini.

Sistem belajar di edX sama kaya kursus lainnya. Kamu tinggal mendengarkan penjelasan mentor, kemudian jangan lupa mengerjakan tugasnya. Di edX bahasa pengatarnya bahasa Inggris langsung loh. Jadi meskipun kamu belajar materi lain, kamu tetap bisa belajar bahasa Inggris juga.

Di samping itu, untuk belajar bahasa Inggris kamu bisa mengikuti kursus persiapan TOEFL iBT ETS secara gratis loh. So, kapan lagi coba dapet mentor native speaker dari Amerika, gratis lagi!

Jangan lupa install Kamusku ya!

Tampilan antar muka kamusku. Source: Apkmonk.com

Selain program belajar secara intensif lewat aplikasi, kamu juga wajib punya aplikasi kamus. Kamusku ini bukan sekedar kamus bro! Selain meningkatkan kekayaan volcabulary, di sana terdapat cara pengucapan kata dengan benar. Ini akan melatih kemampuan listening kita juga.

Baca juga: 5 Hobi yang menghasilkan uang untuk siswa atau mahasiswa. Perlu kamu coba nih!

Keunggulan kamus ini yaitu kamu akan lebih diperkaya dengan idiom-idiom yang lumrah digunakan. Selain itu, terdapat beberapa contoh penggunaan kata dalam kalimat. Ini akan berguna bagi kamu menggunakan kata secara tepat dalam bahasa Inggris. Yuk coba didownload. Sudah tersedia untuk OS Android dan iOS pada Apple phone.

Youtube juga bisa membuatmu mahir bahasa Inggris melalui pembelajaran audio-visual.

Jangan mau diperdaya Youtube, yuk mulai berdayakan youtube. Source: Wikipedia

Youtube memang bukan aplikasi spesifik untuk belajar bahasa Inggris. Namun beragam video yang bisa kamu pelajari baik dengan pengantar bahasa Inggris sampai video para mentor pelajaran bahasa Inggris bisa dimanfaatkan. Kamu hanya perlu siapkan kuota yang banyak untuk mengaksesnya. Tapi jangan takut keluar kuota setiap mengakses suatu video, karna kamu bisa mengunduh video dari youtube dan tetap bisa kamu tonton di lain waktu.

Untuk masalah konten belajar bahasa Inggris, kamu bisa mencarinya sesuai kebutuhan. Sebagai contohnya ketika kamu ingin meningkatkan kemampuan listening, kamu bisa mengunduh video native speaker seperti channel TED atau Channel english pod dan channel pod lainnya. Atau ketika ingin meningkatkan kemampuan grammar, kamu bisa mengunjungi Channel yang menyediakan pelajaran grammar.

Ada sebuah pepatah, ketika kamu hendak mempelajari bahasa kamu harus membiasakan untuk mendengarkan orang mengucapkan bahasa tersebut setiap hari.

Memrise, cara asyik belajar Bahasa Inggris

Memrise bisa membantumu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris loh. Source: ghacks.net

Dengan mengusung moto ScienceFun dan Community sangat mengedepankan cara belajar yang menyenangkan layaknya permainan masa kini. Sistem permainannya menggunakan tingkatan level, dan kita harus melewati tes untuk naik ke level selanjutnya. Di Memrise juga cara permainannya di design untuk belajar dengan imajinasi. Sehingga proses pengendapan pelajaranpun mudah dilakukan.

Selain belajar Bahasa Inggris, dengan aplikasi Memrise kamu akan kaya dengan pengetahuan lainnya. Coba sendiri ya kalau penasaran ingin tau pengetahuan apa aja yang bisa kamu dapatkan disana. Untuk bisa masuk dan menikmati fasilitas Memrise, kamu tinggal log in menggunakan akun Google atau Facebook, gampangkan?

English Conversation Practice membantu kamu praktik setiap hari

Yuk tingkatin praktis percakapan dalam bahasa Inggris ditemani aplikasi ini. Source: apkmonk.com

Aplikasi lainnya yang terfokus pada pembelajaran English yaitu English Conversation Practice. Aplikasi ini sangat berguna bagi kamu yang hendak meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Karena pada English Conversation Practice terdapat beberapa pelajaran praktik yang bisa kamu gunakan.

Isi aplikasi ini yaitu lebih dari 1000 pelajaran termasuk 50 topik yang disusun dari level rendah sampai level sulit. Hebatnya lagi, aplikasi ini bisa digunakan meskipun dalam keadaan offline, percakapan dengan audio dan teks, dan didukung oleh kamus untuk memudahkan kamu belajar. Aplikasi ini cocok bagi kamu yang ingin menjaga praktik bahasa Inggris setiap hari loh. Ayo segera diunduh!

Learn Everything with Buusu

Yuk belajar bahasa dan lainnya lewat Busuu. Dijamin bakal ketagihan. Source: 9androidapps

Bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris secara serius, kamu bisa menggunakan Busuu di Android kamu. Dengan aplikasi ini, kamu sudah mampu mengelilingi dunia dengan mempelajari bahasanya. Di samping belajar juga, kamu akan berinteraksi dengan pengguna lainnya yang terkumpul dalam satu wadah dengan tujuan sama.

Fitur yang ditawarkan aplikasi Busuu yaitu mulai dari tes penempatan, sertifikasi, bantuan dari penutur asli, latihan aksen British dan Amerika, kursus bahasa lengkap lebih dari 150 unit perbahasa, tata bahasa atau grammar, serta belajar offline. Tak kenal maka tak sayang, yuk segera unduh di ponsel pintarmu!

Penutup

Yup, pembahasan mengenai aplikasi yang memudahkan kamu belajar bahasa Inggris kami cukupkan sampai di sini ya. Bahasa Inggris memang merupakan suatu hal yang penting untuk kamu kuasai sejak dini. Karena manfaat yang akan kamu dapatkan bisa sangat banyak dan membuka jendela dunia. Apalagi kita sudah dimudahkan dengan beragam aplikasi di Android. Tinggal dibutuhkan kemauan belajar. 

Hari gini ga bisa bahasa Inggris? Uhh >.<

Well, bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris dengan mudah, praktis, dan menyenangkan tinggal mengoptimalkan gadget atau smartphone mu ya, jangan cuma dipakai sosial media dan bermain saja.

Kalau kamu ada masukkan aplikasi lainnya yang menunjang bahasa Inggris kamu, boleh share di kolom komentar ya.

Oh iya, Jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisanmupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya.

Terima kasih.

Daftar Pustaka

Cari Sinyal, https://carisinyal.com/aplikasi-belajar-bahasa-inggris/

Playstore.

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

This Post Has One Comment

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu