Tips Penting Mengerjakan Soal Tes CPNS Supaya Kamu Lulus

Kali ini Cerdaskan.ID akan memuat artikel mengenai beberapa tips penting mengerjakan soal tes CPNS yang juga disertai seputar informasi lainnya yang semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Bagi kamu yang kebetulan akan mengikuti tes CPNS, artikel ini bisa menjadi rujukan dan panduan kamu. Yuk simak artikelnya lebih lanjut di bawah.

Pendahuluan

Kabar pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS merupakan kabar gembira bagi anak bangsa. Mereka yang memiliki passion menjadi abdi negara, tentunya sangat menantikan momentum ini. Buktinya yaitu peminat CPNS sering kali membludak, ini dikarenakan banyak sekali yang ingin berbakti pada negeri.

Ilustrasi tes
Yuk simak tips penting menghadapi tes CPNS supaya lulus. Source: Pexels.com

Pemerintah Indonesia tahun ini membuka besar-besaran lowongan pekerjaan dalam beberapa banyak bidang. Bidang tersebut di antaranya yaitu keperpustakaan, mahkamah agung, guru, kementerian Hukum dan HAM, dosen dsb. Dengan demikian momentum ini menjadi ajang Warga Negara Indonesia (WNI) mempertaruhkan usahanya di CPNS.

Baca juga: Persiapan Menghadapi Job Fair, Temukan Beberapa Tips Berguna Bagi Job Seekers

Mengapa begitu membludak pesertanya? Mungkin pertanyaan ini terlontar dalam benak kamu semua, padahal yang akan jadi pertaruhan adalah menjadi pelayanan negeri. Alasan yang paling mendasar di setiap manusia yaitu adanya keterjaminan materi dan mental di masa mendatang. Mungkin ini menjadi salah satu faktor di samping faktor lainnya seperti keikhlasan membangun negeri dsb.

So, yang pasti kamu tidak sendiri yang berminat masuk menjadi PNS. Kamu akan bersinggungan dengan warga Indonesia lainnya. Di samping itu perlunya pengujian akan kompetensi dasar, sikap, dan nasionalisme yang disyaratkan harus ada dalam diri kamu. Dengan alasan tersebut haruslah diselenggarakan seleksi yang biasanya berupa tes dan wawancara.

Bagi kamu yang hendak mengikuti seleksi CPNS tahun ini, artikel ini bisa menjadi panduan kamu. Yuk simak beberapa tips penting mengerakan soal tes CPNS supaya kamu lulus!

Seputar Seleksi Tes CPNS

Logo LIPI
Salah satu intansi pembuka lowongan seleksi tes CPNS. Source: id.wikipedia

Sebelum beranjak ke bagian tips penting, alangkah baiknya kita perkenalan dulu dengan seleksi CPNS. Seleksi CPNS merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pemerintah guna menjaring dan menyaring warga negara Indonesia yang ingin bekerja di pemerintahan. Karena banyaknya permintaan lebih besar daripada penawaran, maka harus dilakukan tes.

Dalam seleksi CPNS biasanya terdiri dari rangkaian tes di antaranya yaitu Seleksi Kemampuan Dasar (SKD): Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Jenis Tes CPNS

Tes Wawasan Kebangsaan (TWP) merupakan salah satu tes yang menguji rasa nasionalisme, integritas, keindonesiaan, hospitality, dan networking dengan berdasarkan pada implementasi UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Baca juga: 15 Jurusan Kuliah Ini Akan Berguna Ketika di Dunia Kerja

Karena akan menjadi seorang profesional dan melayani masyarakat Indonesia khususnya, tentunya para peserta harus memiliki wawasan kebangsaan dan nasionalisme pada Indonesia.

Tes Intelegensi Umum yaitu menguji IQ atau intelegensi para peserta tes. Biasanya ini akan menguji bagaimana berpikir, bernalar dsb. Sedangkan tes karakteristik pribadi yaitu mengukur kepribadian diri dan mencari tahu budaya kerja diri dan seputar dalam diri kita.

Untuk lulus tahapan ini harus melewati ambang batas atau passing grade. Jadi di sini ada yang bakal tersingkir dengan skor yang diraih dan perbandingan dengan para peserta tes lainnya. Informasi lebih lanjut kamu bisa akses di laman SSC Badan Ketenagakerjaan Nasional.

Tips Penting yang Perlu Kamu Tahu

Pastikan kelengkapan data diri dan persyaratan

Data diri dalam asuransi
Jangan lupa data diri untuk lolos tes CPNS

Hal yang pertama dan utama agar bisa melangkah ke tahap selanjutnya adalah kelengkapan berkas administrasi diri. Kamu harus memahami apa saja yang diminta oleh petugas sebagai syarat mendaftar. Melengkapi persyaratan administrasi merupakan suatu keharusan yang mutlak. Ketika kamu melupakan satu prasyarat saja, kamu akan dipastikan gagal tahap pertama ini.

Persyaratan administrasi biasanya berupa kelengkapan data diri seperti kartu identitas, lampiran keterangan lulus, akreditasi jurusan dan kampus dsb. Usahakan kamu membuat beberapa rangkap data yang akan dilampirkan. Ini berguna untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kenali dan berlatih sistem CAT

Jangan pernah gagap teknologi guys. Source: GIPHY

Mengenali medan perang merupakan prasyarat yang harus kamu penuhi ketika hendak berperang. Medan yang asing akan membuatmu menjadi gugup, dan akan menurunkan performa kamu dalam bertindak. Begitupun dalam tes CPNS, kamu harus memahami bagaimana tes CPNS itu diberikan.

Sistem tes CPNS sudah menggunakan sistem CAT atau Computer Assisted Test (ACT). CAT sederhananya ujian dengan berbasis komputer, dan tidak lagi menggunakan sistem ujian kertas.  Karenanya calon pegawai pemerintah harus banget tidak gagap teknologi. Kegagapan pada teknologi akan menghambat kamu dalam lulus uian CPNS.

Baca juga: 5 Hobi yang Menghasilkan Uang Untuk Pelajar. Perlu Kamu Coba Nih!

Jangan Lupa Latihannya

Sistem CAT biasanya kita hanya tinggal mengisi jawaban yang termaktub dalam layar. Kamu tidak perlu lagi tuh membawa pensil, bolpoint dsb. Hanya tinggal bawa kemampuan dan kesiapan saja. Setelah kamu mempelajari tes yang diselenggarakan secara komputer, kamu hanya perlu berlatih.

Cobalah untuk berlatih mengerjakan soal apapun yang berbasis komputer. Saat ini banyak sekali diinternet yang memfasilitasi kamu ketika ingin berlatih soal intelegensi misalnya. So, persiapkan diri kamu semaksimal mungkin.

Kenali dan Kuasai Sistem Tes CPNS

Mempelajari setiap proses atau prosedur tes cpns memberikan poin lebih bagi kamu untuk menghadapinya. Seperti yang sudah diutarakan di atas, mengenali medan pertempuran akan meningkatkan kepercayaan diri kamu. Cobalah pelajari hal umum yang berkaitan dengan keberlangsungan tes. Seperti kriteria kelulusan, apa saja yang diujikan, teknis pengerjaan sampai teknis ujian sekalipun, salah satu upayanya yaitu membaca artikel ini hehe.

Untuk masalah seputar tes, sudah sedikit saya ulas di atas. Dengan begitu, kita akan lebih terbayang dan tergambar strategi apa yang akan digunakan ketika tes. Meskipun jenis soal seperti apa yang akan dikeluarkan oleh pembuat soal.

Membaca wawasan mengenai Indonesia dan kewarganegaraan

Salah satu materi yang akan diujikan dalam tes CPNS yaitu menguji wawasan Indonesia dan nasionalisme. Materi yang disampaikan tidak jauh dari empat pilar kebangsaan seperti UUD 1945, Pancasila, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Materi ini sebenarnya sudah kita pelajari bahkan sejak zaman SD. Kamu hanya perlu belajar ulang dan banyak membaca.

Bacaan yang wajib kamu baca selain di atas adalah seputar sejarah Indonesia. Ini relevan karena mereka ingin menguji seberapa kuat rasa nasionalisme dan pengetahuan kita pada Indonesia. Atau ketika kamu memiliki uang lebih, kamu bisa mengikuti bimbingan belajar CPNS. Selain mendapatkan materi, ini akan meningkatkan motivasi untuk lolos. Karena di sana berkumpul para peserta lainnya.

Berlatih soal sebanyak mungkin

Selain belajar mandiri dengan banyak membaca, kamu perlu menyiasati materi intelegensi umum. Namun sebenarnya tes ini mengetes sesuatu yang tidak dipelajari. Maksudnya yaitu karena tes intelegensi, tes nya berupa bagaimana kita berpikir, bernalar, verbal, logika dsb.

Meskipun begitu, kamu perlu membiasakan diri menghadapi soal seperti ini. Tujuannya supaya kamu tidak asing dengan soal yang akan diujikan.

Try out juga perlu dilakukan

Selain itu, kamu perlu coba try out sendiri. Kamu bisa mensimulasi tes CPNS sendiri. Untuk masalah modul, kamu bisa membelinya di toko buku atau mengunduhnya di internet. Coba untuk membuat lingkungan semirip mungkin dengan tes CPNS.

Jujur dan apa adanya dalam mengerjakan tes kepribadian

Jujur lah pada diri sendiri ketika tes cpns. Source: Pexels.com

Dalam tes kepribadian, jangan berpikir kamu bisa memanipulasi jawaban. Contohnya kamu mengisi soal dengan harapan “terlihat baik atau cocok”. Dalam psikologi istilah ini dinamakan Social Desirability. Sebisa mungkin kamu mengisi jawaban sesuai dengan keadaan diri kamu apa adanya. Karena siapa tahu penguji menginginkan karakteristik orang seperti kamu.

Jangan pernah takut dengan tes ini. Tetap tenang ketika mengerjakan soal. Karena di sini itu menguji integritas diri, semangat kerja, kemampuan adaptasi diri, kerja sama dsb. Btw, soal TKP biasanya memiliki butir yang sangat banyak. Usahakan jaga stamina kamu.

Jaga kesehatan mental dan fisik

kesehatan fisik untuk bertarung
Jangan lupakan juga kesehatan mental dan fisik saat tes cpns. Source: Pexels.com

Poin penting lainnya yaitu kamu harus bisa menjaga kesehatan mental dan fisik kamu. Kesehatan mental di sini berarti kamu memiliki kesiapan, kepercayaan diri, siap secara kompetensi, tidak inferior terhadap peserta lain. Usahakan untuk tidak stres berlebihan ketika menghadapi ujian ini. Ketika kamu stres terhadap masalah, kamu akan cenderung fokus pada hal itu, tapi tidak pada hal lainnya. Artinya kemampuan mu akan terhambat mengerjakan soal. Bahkan jangan deh kamu mencapai depresi hehe. Usahakan untuk terus berpikir positif dan tidak cemas, insyaa Allah semuanya akan mudah dan indah pada waktunya wkwk.

Kesehatan fisik bisa kamu jaga dengan menerapkan pola hidup sehat seperti makan teratur, pola tidur yang teratur juga. Sehingga ketika kamu tes nanti tidak akan sakit-sakitan. Kemampuanmu tidak akan optimal ketika kamu sakit, jadi usahakan untuk menjaga fisik kamu.

Jangan lupakan do’a

Faktor penentu keberhasilan lainnya yaitu do’a. Jangan pernah kamu meremehkan kekuatan do’a yang memberikan efek psikologis terhadap diri kamu. Kamu akan merasa tenang ketika menghadapi ujian karena tidak merasa terbebani. 

Selain itu, jangan lupa meminta restu dan do’a orang tua. Do’a yang paling mustajab adalah kedua orang tua.

Penutup

And that’s it. Untuk kali ini dicukupkan sampai di sini saja. Semoga artikel tips penting mengerjakan tes CPNS bisa membantu kamu untuk lolos seleksi. Jangan pernah menyerah, teruslah berusaha dan berdo’a. Karena ketika kamu lolos seleksi ingatlah banyak sekali faktor yang mempengaruhinya selain kemampuan diri kamu. So, berdamailah dengan Tuhan, orang tua, teman, orang sekitar dan lainnya. Karena faktor tersebut secara tidak langsung mempengaruhi diri kamu.

Bagi teman-teman yang sudah lebih dulu melewati tahapan tes dan ingin berbagi suka dan duka maupun tips yang berguna bagi para pembaca, dipersilahkan berpendapat di kolom komentar dibawah ya.

Oh iya, jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisanmupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya.

Terima kasih.

Daftar Pustaka

Awam Bicara, https://www.awambicara.id/2018/06/tes-wawasan-kebangsaan-twk-cpns-2018.html.

Liputan6, https://www.liputan6.com/bisnis/read/3042847/lakukan-7-hal-ini-kalau-mau-lolos-tes-cpns-2017

Yuvalinda, http://yuvalianda.com/tips-lulus-ujian-cpns/

Moneysmart, https://www.moneysmart.id/ada-tips-lulus-tes-cpns-dari-ahlinya/

Wolipop detik, https://wolipop.detik.com/work-and-money/d-4232935/5-tips-penting-untuk-lolos-tes-seleksi-cpns-2018

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

This Post Has One Comment

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu