Bagi Kamu yang Ingin Melamar Kerja, Panduan Membuat Surat Lamaran Kerja Ini Bisa Jadi Rujukan

Kali ini Cerdaskan.ID akan memuat artikel tentang panduan membuat surat lamaran kerja bagi kamu yang membutuhkan.

Ini merupakan kelanjutan dari artikel cara membuat CV sebelumnya, [baca disini]. So, bagi kamu yang ingin melamar kerja bisa dilanjut membacanya sampai bawah.

Pendahuluan

Setelah lulus sekolah ataupun kuliah masalah yang dihadapi pada umumnya yaitu mau kemana. Melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya atau masuk ke dunia kerja. Ketika memutuskan untuk masuk ke jenjang pendidikan berikutnya kita hanya perlu mempersiapkan berkas akademik. Namun beda hal nya ketika kita memilih untuk masuk ke dunia kerja.

Saat kita masuk ke dunia kerja, kita akan berada di bawah pimpinan orang lain. Artinya kita harus menjadi orang yang profesional karena kita dibayar. Sehingga ketika masuk dunia kerja, kita harus bisa meyakinkan si pemberi kerja. Salah satu alat untuk meyakinkan pemberi kerja adalah surat lamaran kerja.
Surat lamaran kerja pada dasarnya merupakan sebuah tulisan permohonan pelamar kepada pemberi kerja. Seyogyanya melamar sesuatu, kita harus mempercantik surat tersebut. Ga mau kan kamu dilamar oleh orang yang datang dengan tampilan carut marut? wkwk.

Surat lamaran kerja juga perlu dihias

Karenanya, surat lamaran menjadi gerbang penting dalam melamar pekerjaan. Perlu diingat juga, surat lamaran biasanya menjadi pengantar dalam satu berkas yang terdiri dari CV, KTP, Ijasah, Transkrip Nilai, Pas Foto dsb. Jadi, surat lamaran harus meyakinkan pemberi kerja atau penyeleksi bahwa kamu pantas untuk dipinang.

Kali ini surat lamaran kerja yang akan disajikan adalah bagi kamu yang akan melamar perusahaan yang berbasis di Indonesia. Bahasa yang digunakan tentunya bahasa Indonesia. Meskipun kita terbiasa dengan bahasa Indonesia, mungkin ketika menggunakan bahasa formal ada banyak kekeliruan. Karenanya yuk bagi kamu yang akan kerja dan masih bingung dengan surat lamaran kerja bisa dilanjut membacanya.

Surat Lamaran Kerja

Sebelum membuat surat lamaran kerja

Seperti dalam artikel kami sebelumnya mengenai bagaimana membuat CV [cek disini yuk] nah sebelum membuat surat-surat kamu juga harus bisa menganalisis diri dan mempersiapkan beberapa hal penting lainnya. Namun karena surat lamaran kerja merupakan surat formal jadi kamu hanya perlu mengikuti aturan baku surat lamaran kerja.

Mencari kerja juga perlu surat
  1. Cari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan atau bakat kamu.
    Saat ini banyak sekali pekerjaan yang tersedia, namun karena kurangnya informasi kita sering kali tidak menemukan pekerjaan yang pas. Pas dalam artian kamu suka dan sesuai dengan diri. Biasanya penyesuaian pekerjaan yang paling lumrah selain minat dan bakat yaitu riwayat pendidikan kamu. Riwayat pendidikan merupakan senjata ampuh untuk kamu tonjolkan dalam surat lamaran kerja. Sehingga jangan lupa detail syarat-syarat yang diminta.
    Selain itu, kamu tidak perlu minder dengan pendidikan. Di Amerika misalnya di perusahaan Google yang diutamakan adalah kemampuan atau skill. Karena memang saat ini (walaupun tidak semua), banyak diantara lulusan pendidikan tinggi namun kemampuan nya masih kurang. Jadi, kamu masih memiliki kesempatan untuk menonjolkan kemampuanmu meski tidak memiliki riwayat pendidikan yang tinggi.
  2. Coba kamu baca syarat-syarat yang diminta. Ini bertujuan agar saat menulis surat lamaran kerja, kamu tidak akan keluar konteks yang diminta. Ditambah kamu juga bisa memperkirakan isi dari surat yang akan dibuat nanti.
  3. Tulis detail yang diperlukan untuk surat lamaran kerja. Seperti nama perusahaan, nama orang, gelar, jabatan atau penerima surat lainnya, dan alamat perusahaan. Pastikan tidak terdapat kesalahan dalam pengetikan.
  4. Pastikan kamu menggunakan ejaan kata sesuai kaidah bahasa Indonesia. Yaitu mencakup kalimat yang singkat, padat, jelas, sopan dan mudah dipahami sesuai kaidah penulisan bahasa Indonesia.
  5. Jika surat lamaran kerja ditulis tangan (tidak menggunakan komputer), pastikan tulisan kamu mudah untuk dibaca oleh orang lain.

Menulis Surat Lamaran Kerja

Setelah kamu mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan dalam menulis surat lamaran kerja, kamu tinggal mengeksekusinya. Yuk simak bagian dalam surat lamaran kerja dan langkah-langkahnya.

Bagian surat lamaran kerja

Photo by rawpixel on Unsplash

Seperti surat pada umumnya, surat lamaran kerja memiliki beberapa bagian seperti kop surat, isi dan penutup. Lebih detailnya yaitu;

  1. Tempat dan tanggal saat pembuatan surat di pojok kanan atas.
  2. Di bawahnya di sebelah kiri tulis alamat surat.
  3. Kemudian kamu harus menulis perihal tujuan dibuatnya surat.
  4. Setelah itu, kamu perlu mengenalkan maksud dan menjelaskan mengapa kamu membuat surat.
  5. Kemudian tulis biodata singkat tentang diri kamu.
  6. Setelah kamu memperkenalkan diri dan tujuan kamu, kamu harus mencantumkan kemampuan atau skill, etos kerja, dan keahlian kamu lainnya yang mendukung agar kamu dapat diterima oleh perusahaan tersebut.
  7. Di bawah itu, kamu perlu menuliskan lampiran apa saja yang dikirimkan bersamaan dengan surat lamaran ini. Karena surat lamaran merupakan “cover” bagi data yang kamu lampirkan. Lampiran biasanya berisi berupa CV dsb. [Cara membuat CV agar dilirik HRD bisa kamu baca disini]
  8. Diakhir kalimat kamu bisa menuliskan harapan kamu atas alasan kamu membuat surat lamaran kerja tersebut. Contohnya saya sangat berharap dapat bergabung atau bisa dipanggil wawancara dsb.
  9. Terakhir tulis nama jelas kamu.

Untuk contoh lamaran kerja, kamu bisa lihat bentuknya seperti di bawah ini.

Contoh surat lamaran kerja

Tangerang Selatan, 28 April 2018


Kepada Yth.,
HRD Manager PT. Cerdaskan Indonesia
Jl. Kesuksesan No. 1, Tangerang Selatan

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya terima melalui laman website projects.co.id pada tanggal 20 april 2018, PT. Cerdaskan Indonesia membuka lowongan pekerjaan. Dengan surat lamaran kerja ini saya bermaksud untuk bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai penulis tetap.

Berikut data singkat tentang diri saya:

Nama                                    : Farhan Abdurrahman
Tempat & tgl. Lahir            : Solo, 29 Januari 1992
Jenis Kelamin                      : Laki-laki
Pendidikan Akhir               : Master Psikologi Kognitif, Universitas Hokkaido.
Alamat                                  : Jl. Pemuda No. 22 Tangerang Selatan
Telepon (HP)                        : 083727444999
E-mail                                    : Farhanabdurrahman@gmail.com
Status Perkawinan             : Belum menikah

Saat ini saya dalam keadaan sehat baik jasmani maupun rohani. Saya juga tidak memiliki riwayat penyakit mematikan. Saya mampu berbahasa Inggris dan Jepang dengan baik secara lisan dan tulisan, dan mampu bekerja dengan perangkat komputer seperti Ms. Office dan Aplikasi editing (Adobe). Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai editor dalam majalah Tempoe Doeloe di Jakarta, sehingga akan mendukung pada pekerjaan saya nanti.
Saya juga telah melampirkan beberapa berkas sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu sebagai berikut :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy Transkip Nilai Terakhir.
  3. Foto copy Ijasah Terakhir.
  4. Foto copy Surat Penglaman Kerja.
  5. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  6. Foto copy Surat Pencari Kerja (Surat Kuning).
  7. Pas foto 3×4 terbaru.

Besar harapan saya dapat mengikuti test selanjutnya agar dapat menjelaskan lebih detail lagi kemampuan serta kompetensi yang saya miliki. Dan juga saya sangat senang jika dapat bergabung dengan PT. Cerdaskan Indonesia yang Bapak/Ibu pimpin.
Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Farhan Abdurrahman

Contoh lainnya bisa kamu lihat di link berikut ini:

Moondoggiesmusic[dot]com
Jempolkaki[dot]com
Dsb.

Penutup

Well, demikianlah penjelasan mengenai Surat Lamaran Kerja yang dapat saya paparkan kali ini. Semoga kamu yang sedang mencari kerja bisa segera diterima dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisanmupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya

Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mempersiapkan diri dalam melamar pekerjaan. Terima kasih telah membaca Bagi kamu yang Ingin Melamar Kerja, Panduan Membuat Surat Lamaran Kerja Ini Bisa Jadi Rujukan.

Daftar Pustaka

Vemale, https://www.vemale.com/tips-and-tricks/112732-cara-membuat-surat-lamaran-kerja-kln.html.
Liputan6, https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3548946/9-cara-membuat-surat-lamaran-kerja-yang-mudah-dibuat-pemula
Kampusious, https://kampusious.com/contoh-surat-lamaran-kerja/
USMVaw, https://usmvaw.com/contoh-surat-lamaran-kerja-dan-contoh-curriculum-vitae/

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

This Post Has One Comment

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu