Anak Muda Mau Bisnis? Siapa Takut, Yuk Simak Kisah Inspiratifnya

Kali ini Cerdaskan.ID akan membahas artikel mengenai sebuah inspirasi bisnis bagi anak muda. Meskipun masih muda, berbisnis tidak ada yang akan melarang kamu. Bahkan, di sana sudah terdapat banyak setumpuk anak muda sukses dengan bisnisnya loh.

Mungkin artikel ini akan cocok bagi kamu yang lagi lesu dan ragu dalam memulai bisnis dengan usia muda, atau lagi mengebu-ngebunya merintis bisnis. Kamu hanya perlu mencermati beberapa inspirasi bisnis bagi anak muda di bawah ini. Yuk simak artikelnya!

Pendahuluan

Menjadi pebisnis muda memang menjadi dambaan tiap orang. Source: Pexels.com

Berbisnis merupakan sebuah peluang besar bagi siapapun. Dengan berbisnis keuntungan meraup omzet ataupun kekayaan, terutama materil, bukan cerita fiktif lagi. Disana banyak bertebaran cerita menarik, baik dari pemuda ataupun pemuda paruh baya, yang telah sukses merintis bisnisnya. Namun tentunya, di balik kesuksesan bisnis mereka saat ini, ada kisah inspiratif dari mereka, mulai dari jatuh bangunnya berbisnis, keadaan terpuruk sampai sukses saat ini. Karenanya haruslah adil memandang mereka yang sukses, yang mana pasti memiliki cerita dibalik fakta kesuksesannya.

Baca juga: Kursus Menjahit – Lokasi dan Harga

Untuk itu, mesikpun baru akan memulai bisnis terutama selagi muda, kamu pasti bisa melakukannya. Bisnis merupakan pekerjaan yang tidak memandang kasta, baik kamu dari kalangan manapun tentu bisa berbisnis dengan skala masing-masing. Kalau kamu sudah hatam dengan pepatah habiskan kegagalanmu di masa muda, ya itu memang tepat, tapi intinya dari sana kegagalan bukanlah tujuan. Kamu hanya harus berani mencoba dan memulai meskipun dalam keadaan yang sedang di bawah. Percayalah, orang yang sudah lancar meniti bisnisnya, mereka pasti memiliki cerita sendiri bagaimana lika-likunya menjadi seorang pebisnis.

Yuk baca artikel di bawah ini hingga tuntas guna memberikan sebuah inspirasi bisnis untuk kamu. Jangan pernah ragu untuk merintis sejak dini, kamu bisa melihat beberapa pebisnis muda di bawah ini yang sukses dengan bisnisnya.

Inspirasi Bisnis dari Kisah Inspiratif Pebisnis Muda

Jangan lupa analisis kesempatan dan segala hal yang menunjang bisnis kamu. Source: Pexels.com

Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti sekarang dikenal seluruh masyarakat Indonesia sebagai menteri kelautan fenomenal. Menteri Kelautan yang berbeda dari yang lainnya karena kebijakan berani dengan menenggelamkan perahu pencuri di laut Indonesia. Mungkin kamu lupa dengan latar belakang Bu Susi dari seorang pebisnis. Bisnis yang dijalaninya yaitu pemasok pelelangan ikan di tempat lahirnya yaitu pangandaran dan pemilik Susi Air.

Baca juga: Daftar Template Curriculum Vitae (CV) Menarik yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Melamar Kerja

Berkat kepiawaiannya dalam berbisnis dan kepeduliannya terhadap nelayan membuat Presiden Indonesia, Jokowi, meminangnya sebagai menteri kelautan dan kemaritiman. Perjalanan menuju itu tidaklah mulus. Awalnya, ibu Susi meniti karirnya dengan berjualan pakaian dan sejenisnya. Namun, melihat potensi laut yang luas akhirnya banting setir pada penjualan Ikan.

Dengan modal kurang dari 1 juta, beliau membeli ikan dan memasoknya ke beberapa restoran. Kemudian, dalam bisnis penerbangan rute pedalaman dan carter, beliau mengembangkannya karena untuk memasok ikan yang susah dengan transportasi laut dan darat, sehingga dipilih jalur udara. Alhasil beliau bisa mengembangkan bisnis baru.

Ali Muharam

Kemudian cerita inspiratif selanjutnya yaitu dari pemuda lulusan SMA asal Tasikmalaya. Ali yang setelah lulus seperti pemuda pada umumnya merantau ke kota demi mendapatkan pekerjaan lebih baik, tersandung di beberapa tempat. Mulai dari office boy di Bogor, pegawai kantin bank di Jakarta dan lainnya. Namun tidak disangka, rezeki Ali tidak datang dari pintu menjadi seorang pegawai, tapi dari menjadi pengusaha.

Baca juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Dalam Bahasa Inggris

Usahanya tersebut berawal dari pinjaman uang kurang lebih 20 juta. Dulu tidak terpikir akan berbisnis apa, dan akhirnya membuka usaha makanan dengan gerobak. Makanan yang dipilih Ali yaitu makaroni, atau makaroni ngehe. Dengan berjualan itu, Ali sempat mendapatkan omzet dikisaran 3 miliar lebih loh gaes.

Hamzah Izzulhaq

Inspirasi selanjutnya kembali dari anak muda kelahiran 1993. Hamzah Izzulhaq namanya menjadi direktur utama di usia yang terbilang muda, yaitu 22 tahun. Bisnis yang dijalankannya yaitu menjalani bisnis bimbingan belajar Bintang Solusi Mandiri.

Baca juga: 15 Jurusan Kuliah Ini Akan Berguna Ketika di Dunia Kerja

Asal usul suksesnya Hamzah berawal dari mengikuti seminar bisnis ketika masih SMA. Kemudian dia ditawarkan mengambil tempat bimbel dari pemuda yang lebih dulu dari dirinya. Bermodalkan uang 5 juta dan pinjaman 70 juta, ia berhasil membeli tempat bimbel seharga 175 juta. Sisa dari bayarannya dibayar dengan cicilan dari keuntungannya. Perusahaan bimbel miliknya saat ini telah mengantongi izin resmi berbadan hukum dengan CV Hamasa Indonesia loh, hayoo di umur 22 tahun apa yang sedang dilakukan loh?

Nicholas Kurniawan

Nicholas yang merupakan salah satu pengusaha sukses dengan latar belakang keterbatasan finansial. Sejak umur belia, ia sudah berjualan di taman sekolahnya baik makanan ataupun pakaian. Kemudian ketika masuk sekolah menengah, dengan memanfaatkan forum jual beli online kaskus, Nicholas menawarkan ikan hias di sana.

Baca juga: Wawancara Kerja – 10 Hal yang Harus Dipersiapkan

Meskipun pada awalnya banyak ditipu oleh beberapa calon pembeli, Nicholas mampu menjadi penjual ikan hias yang sampai mengirim ke luar negeri loh. Bahkan, Nicholas juga sempat mendapatkan keuntungan ratusan juta rupiah dari penjualan tersebut.

Jack Ma

Terakhir, pengusaha kaya asal China atau Tiongkok yang sudah tersohor ini bisa menjadi inspirasi kamu. Pendiri Alibaba ini awalnya terlahir dari keluarga kurang memiliki dana. Ma berpikiran dengan pendidikan bisa mengangkat derajat keluarganya. Namun, Jack Ma dua kali gagal dalam ujian masuk perguruan tinggi. Yang akhirnya ia melamar kerja untuk biayanya.

Baca juga: Daftar Tempat Kursus Barista di Jakarta Ini Bisa Kamu Pertimbangkan untuk belajar

Dengan beberapa kegagalan, akhirnya Ma menjadi pengajar bahasa Inggris dengan upah lumayan perbulannya. Kemudian, ia sempat mengunjungi Amerika dan sadar akan terbuka luasnya bisnis di internet. Setelah itu ia memulai usahanya, namun kembali menuai kegagalan. Akan tetapi pada usia 35 tahun, ia menggaet teman-temannya untuk berinvestasi pada pasar online, yang mana sekarang dikenal dengan perusahaan Alibaba. Omzet yang didapat mencapai USD 46,6 Miliar di tahun 2017. Sungguh besar bukan?

Penutup

Kalau sudah sukses bisnis kamu, lokasi ini akan familiar denganmu. Source: Pexels.com

Oke, untuk kali ini hanya cukup sampai di sini saja. Bagi kamu yang hendak berbisnis sejak muda hayuk dipersiapkan. Kalau masalah inspirasi, kamu bisa memulai bisnis dengan melihat potensi sekitar kamu, mulai dari menentukan siapa pembelinya, apa yang dijual dan apa bedanya dengan penjual lainnya. Masalah kisah inspirasi lainnya, kamu bisa menemukan beragam cerita mulai dari yang di atas hingga pengusaha Indonesia seperti Bob Sadino, Chairul Tanjung, Sandiaga Uno dsb. Yuk jika kamu memang berminat menjadi seorang pebisnis, jangan mau takut dengan kesempatan, tinggal diambil dan dimanfaatkan.

Satu lagi, Jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisan mupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya.

Terima kasih

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu