Tips Mengelola Keuangan Mahasiswa Ala Cerdaskan

Kali ini Cerdaskan.ID akan memuat artikel mengenai tips mengelola keuangan mahasiswa ala cerdaskan.

Bagi kamu yang sekarang statusnya masih mahasiswa, tentunya persoalan finansial merupakan hal krusial. Sehingga perlu kemampuan khusus dalam mengatur aliran keuangan. Yuk simak beberapa tips mengelola keuangan mahasiswa ala cerdaskan di bawah ini!

Pendahuluan

Menjadi seorang mahasiswa memang tidak semudah yang digambarkan sinetron Indonesia. Banyak sekali sisi kehidupan yang tidak terulas oleh pihak perfilman, yang sebenarnya krusial dalam mahasiswa. Dengan demikian jika kamu masih beranggapan kehidupan mahasiswa itu cuman ke kampus dan itu hanya dipenuhi drama, itu hanya bagian kerak luarnya saja, belum memandang secara utuh.

Tips mengelola keuangan mahasiswa ala cerdaskan, yuk simak. Source: Pexels.com

Banyak sekali aspek kehidupan yang perlu dilalui oleh para mahasiswa untuk bertahan hidup, terutama anak rantau. Sebagai seorang anak rantau, kemampuan untuk bertahan hidup ketika mahasiswa sudah pasti teruji, oleh ITB dan IPB wkwk. Mereka tidak hanya dibebankan dengan tugas kuliah yang bejibun, namun juga dipenuhi struggle di luar kampus untuk bertahan hidup.

Baca juga: 15 Jurusan Kuliah Ini Akan Berguna Ketika di Dunia Kerja

Salah satu dimensi atau masalah yang perlu dihadapi yaitu tentang keuangan. Meskipun sebenarnya ini tidak hanya melanda anak kostan yang akhir bulan makan mie instan, mahasiswa rumahan juga perlu pengelolaan yang tepat. Karena yang namanya mahasiswa untuk masalah keuangan akan sama saja. Akan tetapi jika kamu anak sultan mungkin ini tidak akan bemanfaat, karena sultan mah bebas.

Yuk yang mau mulai mengelola keuangannya ala cerdaskan bisa dilanjut bacanya ke bawah!

Tips Mengelola Keuangan Mahasiswa Ala Cerdaskan

Tentukan tujuan dari hidup hemat

Tentukan tujuan kamu hidup hemat. Source; Pexels

Mencoba untuk menjalankan hidup hemat sebagai mahasiswa tentunya harus punya tujuan yang pasti. Mengapa perlu membuat tujuan? Jawabannya sederhana yaitu sebagai motivasi eksternal kamu. Karena kondisi psikis kita tidak melulu stagnan dan datar, terkadang kita kebablasan menggelontorkan uang bulanan. Ketika dalam kondisi demikian, kita bisa menahannya dengan mengingat kembali tujuan kita agar tidak menyimpang.

Tujuan yang bisa kamu buat misalkan di bagi ke dalam tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang. Tujuan jangka pendek seperti membeli buku kuliah, menengah mungkin membeli laptop baru atau berlibur ketika liburan kuliah, atau jangka panjang seperti biaya kuliah ke luar negeri atau biaya nikah bagi jomblo eh. Yuk tentukan tujuanmu sendiri sekarang.

Setelah menentukan tujuan, kita harus bisa menjaga komitmen pada tujuan itu. Karena tanpa komitmen tujuan hanya akan mengebu-ngebu di awal saja.

Kamu harus tetap memperhatikan nutrisi yang masuk ke tubuh, alih-alih hemat malah sakit

Kamu harus menjaga kesehatan dari makanan loh. Source; Pexels.com

Seberapa irit kamu dalam mengelola keuangan, jangan pernah memangkas jatah makan kepada kebutuhan yang kurang penting. Sumber tenaga dan kehidupan jasad kamu berada dalam makanan.

Cobalah mengatur uang makan dan rajin menghitung harga makanan di warung langganan. Kalau bisa tetep setia pada beberapa warung yang sudah kenal, biasanya dapet bonus juga sih hehe.

Jangan makan Junk Food

Bagi kamu yang mungkin berkuliah di beberapa tempat yang terkenal murah akan biaya hidupnya, kalian bisa mengatur gizi makan dengan lebih mudah. Namun meski kamu kuliah di sekitaran Jakarta, makanan murah dan bergizi tetep ada kok tenang aja, asal rajin mencari tahu dengan bertanya.

Oh iya, jangan pernah keseringan makan mie instant atau junk food lainnya. Ini akan membahayakan kesehatan kamu. Alih-alih kamu mencoba hidup hemat dengan junk food, tau-taunya malah sakit dan biaya pengobatan melebihi rencana keuangannmu, kan lucu.

Selalu catat arus pengeluaran dan pendapatan

Selalu catat pengeluaran dan pendapatan kamu. source: Pexels

Salah satu cara mengontrol pengeluaran kamu yaitu dengan mencatat arus keuangan. Cobalah untuk lebih peduli dengan uang sendiri. Di samping kamu mudah mengawasi keuangan, kamu akan peduli pada uang sekecil apapun, memiliki skill memanage uang dan latihan jadi akuntan.

Diusahakan kamu bisa mencatat sedetail mungkin. Namun memang kamu juga bisa mengelompokkan beberapa catatannya supaya tidak terlalu panjang dan membuat kamu malas duluan. Misalnya hari selasa kamu jajan cimol, batagor, makan di warteg bisa menjadi Uang Jajan dan Uang makan atau apapun yang dimengerti oleh temen-temen.

Hindari membeli buku kuliah dengan harga asli

Banyak sekali referensinya ya

Kebutuhan utama mahasiswa lainnya yaitu buku materi perkuliahan. Meskipun buku terdapat banyak di perpustakaan, kamu juga perlu memilikinya beberapa. Baik itu sebagai investasi masa depan ataupun sumber bacaan ketika malas ke perpus. Biasanya dosen memberikan rekomendasi membeli buku apa yang wajib, atau membeli buku karyanya.

Dalam membeli buku asli memang selangit buat mahasiswa, apalagi buku luar negeri bisa sampai satu juta. Namun ketika membeli yang bajakan akan merasa melanggar hak cipta. Menyiasati hal ini kamu bisa hunting buku bekas senior atau orang lain yang ingin menjual buku tersebut. Harga yang ditawarkan bisa bersahabat dengan kantong deh. Saran membeli buku bekas di Jakarta, coba deh berkelana sekitaran pasar Senen dan Blok M Square.

Ide lain, kamu juga bisa memanfaatkan e-book yang bertebaran di mana-mana.

Jika masih belum menemukan solusi di atas, solusi terakhir biasanya minta izin ke bagian perpustakaan untuk mengcopy buku yang diinginkan wkwk.

Gunakan paket internet secara wajar, bahkan sebisa mungkin gunakan Wifi

Remaja punya link yang luas dengan temannya lewat wifi

Kebutuhanutama mahasiswa lainnya, banyak banget ya kebutuhannya, yaitu kuota internet. Kuota internet sangat penting demi kelangsungan mengerjakan tugas dan informasi dosen atau kelas, tahu lah gimana. Aktivitas dengan kuota internet sangat penting, terutama sebagai mahasiswa. Di samping untuk membuat tugas, kamu juga dituntut untuk update informasi terkini.

Biasanya paket internet jebol karena penggunaan yang tidak wajar seperti zombie. Berlebihan mengakses Youtube, main game, Instagram atau lainnya. Akses terhadap hal tersebut mulailah dikurangi dari sekarang. Coba mulai saat ini memaksimalkan kuota internet sesuai masa tenggangnya, ditambah memilih kartu yang tidak terlalu mahal. Atau solusi terakhir kamu bisa memanfaatkan fasilitas wifi kampus ketika berada disekitar kampus.

Raih beasiswa guna meringankan beban orang tua

Salah satu manfaatnya yaitu dapat beasiswa

Jalan lain dalam hidup hemat dalam artian meringankan beban orang tua yaitu kamu sebisa mungkin harus meraih beasiswa atau bantuan pendidikan lainnya. Ketika hidup di kampus, bantuan pendidikan terhampar banyak. Mulai dari beasiswa dari pemerintah Indonesia, dari kampus secara internal, ataupun pihak lainnya. Tinggal gimana usaha kamu mencari tahu informasinya dan ikut mendaftarkan diri.

Beasiswa di sini bukan hanya berupa bantuan uang pendidikan saja ya. Kamu juga bisa memaksimalkan bantuan tempat tinggal gratis, uang potongan semesteran ataupun yang lainnya. Apalagi jika kamu mendapatkan ketiganya, ini akan sangat membantu meringankan beban orang tuamu.

Saran saya yaitu kamu harus sudah mencari beasiswa sejak menjadi mahasiswa baru, kemudian memperbanyak link dengan orang lain. Siapa tahu bisa dapat tempat tinggal gratis ataupun ngontrak bareng.

Mulailah melakukan sesuatu yang mendatangkan penghasilan

Waktu kuliah yang memang lebih fleksibel dari sekolah memberikanmu peluang untuk menjadi freelance atau kerja paruh waktu. Sekarang banyak mahasiswa yang menambah uang jajannya dengan bekerja. Kamu bisa menyesuaikan waktu kerja kamu dengan jadwal kuliah, mengerjakan tugas kelompok ataupun individu. Selain mendapatkan tambahan uang saku, manfaat kamu sudah mulai bekerja dari kuliah yaitu akan menambah pengalaman kamu sebelum lulus dan akan memperkaya CV kamu tentunya.

Baca juga : Panduan Membuat Curriculum Vitae (CV) yang Menarik 

Di samping itu, kamu bisa juga mulai bisnis dengan berjualan di kampus loh. Terkadang ketika kita berjualan, teman sekelas mu akan banyak membeli daganganmu. Terutama berjualan makanan akan laku dibeli teman kamu yang mager jalan ke luar. So ini bisa menjadi alternatif ketika kamu tidak mendapatkan beasiswa dan minat dalam berbisnis.

Jangan sungkan menolak ajakan makan teman

Salah satu pengeluaran yang tidak terkontrol yaitu ajakan makan atau nongkrong teman kamu. Ketika kamu makan bersama teman, biasanya mereka akan mengajak ke kafe atau tempat lainnya. Karena tujuannya yaitu kumpul bareng, diskusi, nongkrong bareng sambil makan.

Bagi kamu yang memang pas-pasan untuk “jajan” di tempat yang bukan tempat biasa kamu, jangan sungkan menolak ajakan mereka dengan halus. Utarakan alasan yang memang rasional, dan tidak minta dikasihani. Namun jika hanya sesekali ,boleh lah ikut juga demi merekatkan pertemanan dan link kamu.

Selalu berbuat baik pada orang lain

Rezeki datang tidak ada yang tahu jalannya, mungkin dari temen atau dari orang sekitar kamu. Karena dengan berbuat kepada orang lain sebenarnya hasilnya akan kembali pada diri kita sendiri. Meskipun begitu kita jangan berharap meminta imbalan dari perilaku menolong kita pada orang lain.

Jangan lupa sedekah!

Salah satu pintu rezeki yaitu sedekah. Saling membantu sesama dalam menyelesaikan masalah merupakan cara berbuat baik pada orang lain. Salah satu cara menolong orang lain yaitu dengan bersedekah. Memang jika dilihat dari segi akal, sedekah mengurangi materi kita.

Namun kehidupan tidak selamanya berjalan dalam akal sehat. Banyak kejadian di luar nalar kita. Jadi kalau kamu ga percaya silahkan saja buktikan. Rajin bersedekah tidak akan membuat kamu menjadi miskin, namun malah menjadi semakin kaya. Tapi tentunya harus dengan ke ikhlasan dan tidak mengharap balasan ya.

Bagi muslim cobalah untuk berlatih puasa Senin-Kamis

Cara yang hemat dan bernilai ibadah dalam mengelola uang bagi seorang muslim yaitu puasa senin dan kamis. Puasa ini merupakan puasa sunnah dan sangat dianjurkan, terutama bagi kamu yang sedang menuntut ilmu. Dengan berpuasa pengeluaranmu akan terpotong dan sedikit hemat. Selain itu juga kamu sudah menjalankan ibadah sunnah. Jadi double manfaatnya kan.

Kamu hanya akan makan dan minum ketika sahur dan buka. Jika kamu ingin makan enak dan hemat cara ini patut dicoba. Ini karena ketika buka puasa kamu bisa menyantap makanan yang diinginkan. Tentunya sesuai budget juga ya hehe.

Penutup

Oke untuk kali ini dicukupkan sampai di sini. Semoga kamu yang masih mahasiswa bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan. Sehingga kamu bisa mencicipi apa yang disemogakan. Sebelum berakhir, saran satu lagi yaitu cobalah untuk tinggal berasrama atau bersama, ini akan membuat kamu lebih hemat dalam pengeluaran makan. Coba aja deh.

Oh iya, jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisanmupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya.

Terima kasih

Daftar Pustaka

Okezone, https://economy.okezone.com/read/2017/05/12/320/1689902/tips-cerdas-mengelola-keuangan-mahasiswa-kos

Hipwee, https://www.hipwee.com/sukses/cara-bertahan-hidup-sebagai-mahasiswa-dengan-uang-saku-rp-750-000-ribu/

Idntimes, https://www.idntimes.com/business/finance/putri-wahyudewi/tips-keuangan-untuk-mahasiswa

Finansialku, https://www.finansialku.com/cara-mengatur-keuangan-mahasiswa/

Detik, https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-4095074/4-tips-keuangan-mudah-buat-mahasiswa-baru-1

Money Crashers, https://www.moneycrashers.com/financial-tips-college-students-save-manage-money/

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

This Post Has One Comment

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu