Apasih Focus Group Discussion (FGD) Itu ?

Kali ini Cerdaskan.ID akan menjelaskan jenis diskusi lainnya yaitu Focus Group Discussion atau FGD. Sebelumnya saya sudah menjelaskan mengenai Leaderless Group Discussion beserta fungsinya disini, silahkan dibaca juga ya!

Bagi kamu yang ingin mengetahui dan memperdalam pengetahuan mengenai Focus Group Discussion atau FGD, kamu bisa melanjutkan bacanya sampai ke bawah.

Pendahuluan

Diskusi merupakan salah satu cara untuk mengumpulkan sebuah data dalam penelitian. Diskusi juga menjadi wadah bagi orang yang ingin bertukar pikiran dengan orang lain. Di samping itu, diskusi memiliki peranan penting dalam ranah akademisi.

Diskusi bisa menjadi sarana untuk brainstorming

Diskusi menurut wikipedia merupakan sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih atau kelompok. Dengan diskusi orang bisa bertutur kata tentang pikirannya. Selain itu juga diskusi digunakan oleh banyak kalangan untuk mengentaskan permasalahan yang dihadapinya. Menilik dari manfaat tersebut peranan diskusi menjadi sangat penting. Terutama kamu yang saat ini bergelut di universitas ataupun sekolahan.

Saat ini, diskusi sudah masuk ke ranah penelitian menjadi alat pengumpulan data. Biasanya orang menggunakan metode diskusi untuk berkomunikasi salah satu ilmu atau pengetahuan dengan tujuan saling bertukar pemahaman yang baik dan benar. Jadi, diskusi pasti memiliki tujuan dan arah yang jelas.

Dalam kesempatan ini yang akan menjadi fokus pembahasan adalah Focus Group Discussion.

Bagi kamu mahasiswa atau siswa yang baru saja lulus dan berniat melamar kerja harus mengenal betul diskusi ini. Karena biasanya tahap penyeleksian perusahaan menggunakan Focus Group Discussion.

Baca juga : Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar bahasa Indonesia

Focus Group Discussion

Definition

Focus Group Discussion atau juga diskusi kelompok terarah adalah diskusi yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang sangat spesifik. FGD biasa juga disebut sebagai metode dan teknik pengumpulan data kualitatif dengan mewawancara kelompok.

Forum Group Discussion bisa jadi simulasi dan alat mengumpulkan data Source: Pexels

FGD sendiri tentunya memiliki aturan baku untuk menjalankannya. Biasanya, FGD terdiri dari 6 sampai 8 individu dalam sebuah ruangan dan duduk melingkar. Jalannya diskusi akan dipandu oleh moderator yang telah dipilih sebelumnya. Inilah salah satu yang membedakan dengan Leaderless Group Discussion.

Seperti yang telah disinggung di atas, FGD bisa berfungsi sebagai metode dalam penelitian dan melamar kerja. Alasan yang dapat diterima yaitu ketika menggunakan FGD seseorang akan mampu menggambarkan karakterisitik individu yang terlibat. Dalam waktu yang relatif singkat biasanya akan mendapatkan informasi mengenai persepsi, pendapat, sikap, motivasi, pengetahuan, masalah dan harapan terkait masalah yang didiskusikan (Edi Indrizal).

Baca juga : Cara membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris yang baik dan benar.

Informasi yang didapat tersebut sangatlah penting dan bermanfaat bagi peneliti atau penyeleksi kerja. Reaksi atau respon terhadap masalah yang diberikan merupakan jawaban spontan dari individu. Respon tersebut juga merupakan apa yang ada dalam kognisi atau otak individu. Sehingga gambaran individu akan terukur jelas sesuai yang diharapkan.

Dalam kontek seleksi kerja, FGD digunakan untuk mensimulasi masalah dalam dunia kerja. Karena dalam dunia kerja nanti, banyak sekali masalah yang akan dihadapi oleh calon pekerja, tidak jarang akan membuat stress. Nah, dengan simulasi tersebut diharapkan semua peserta bisa aktif dalam diskusi untuk melihat sikap dalam menghadapi masalah.

Karakteristik Focus Group Discussion

Seperti halnya dengan LGD atau metode diskusi lainnya, FGD memiliki karakteristik tersendiri, di antaranya yaitu:

Ciri dari FGD adalah peserta yang tidak terlalu banyak.
  1. FGD biasanya diikuti oleh para peserta yang terdiri dari 7 – 11 orang. Namun lebih kecil lebih baik karena keterlibatan aktif para peserta akan lebih terlihat.
  2. Dalam kontek penelitian, FGD merupakan proses pengumpulan data yang menekankan pada proses. Karena ketika berlangsungnya FGD akan tercapainya konsensus dan tergalinya informasi yang dalam dan unik.
    Informasi lainnya yang bisa didapat ketika bertujuan untuk mengukur individu yaitu akan tergambarnya struktur jiwa individu.
  3. FGD dipimpin oleh fasilitator yang berfungsi sebagai moderator diskusi. Tujuannya yaitu memandu dan memimpin jalannya diskusi supaya semua peserta terlibat aktif.
  4. Sebaiknya dilaksanakan di tempat yang netral supaya individu tidak akan merasa takut dalam mengemukakan pendapatnya.
  5. Waktu berlangsungnya FGD sangatlah beragam mulai dari 20 menit, 60 menit sampai 90 menit.

Moderator dalam Focus Group Discussion

Sesuai dalam uraian karakteristik FGD di atas, moderator memiliki peranan penting dalam memandu jalannya diskusi, mirip dengan wasit dalam permainan sepak bola yang memandu jalannya permainan. Karena tujuan dari FGD adalah sebuah proses keterlibatan aktif setiap peserta, kepiawaian moderator sangat diperlukan di sini. Jika hal itu tidak dimiliki moderator, mungkin akan ada beberapa peserta yang akan terlalu aktif dan ada beberapa yang pasif.

Moderator dalam diskusi. Source: Giphy

Baca juga : Cara membuat CV bahasa Inggris yang akan menarik hati HRD

Tugas utama moderator di antaranya yaitu:

  1. Menjamin terbentuknya suasana hangat dalam diskusi supaya tidak takut dalam berargumen.
  2. Bisa menjelaskan tata cara berdiskusi, yaitu tidak ada jawaban benar atau salah.
  3. Bisa mengenal atau memahami topik atau masalah yang dimuat sehingga bisa mengajukan pertanyaan yang memancing untuk berpikir kritis dan kreatif.
  4. Moderator harus santai, antusias, terbuka, sabar, netral dan adil.
  5. Moderator tidak boleh memihak pada salah satu anggota sehingga bersifat mendominasi jalannya diskusi.
  6. Harus memahami respon bahasa tubuh dari peserta.
  7. Hendaknya moderator bisa mengendalikan waktu diskusi sehingga berjalan sesuai dengan rencana.

Menilik hal tersebut, peranan moderator sangatlah vital. Berhasil dan gagalnya proses diskusi akan bergantung padanya. Karena dalam FGD sasaran yang dimaksudkan adalah untuk mengetahui struktur jiwa seseorang. Struktur jiwa yang dimaksud adalah motivasi, minat, sikap, persepsi, dan harapan individu terhadap suatu topik atau masalah.

Penutup

Jadi, berdasarkan rangkaian informasi di atas Forum Group Discussion (FGD) memiliki fungsi yang sangat penting sehingga biasanya pihak yang menggunakan teknik atau metode FGD tidak jauh-jauh dari ranah peneliti, rekrutmen, dan lainnya yang bertujuan mengetahui cara individu bersikap dan bertindak saat menyelesaikan suatu masalah.

Fungsi FGD pada peneliti adalah sebagai metode untuk mendapatkan data kualitatif yang tidak bisa didapatkan dalam wawancara ataupun observasi. Alasannya yaitu dalam FGD terjadi interaksi antara individu dengan individu lainnya yang berjalan alami.

Sedangkan bagi para rekrutmen, FGD sebagai teknik mengenali gambaran diri seseorang. Dengan FGD, HRD bisa melihat bagaimana proses kognisi seseorang terhadap suatu masalah. Sehingga simulasi ini bisa menjadi validator prediktif bagi karyawan terpilih dalam menghadapi permasalahan di perusahaan mendatang.

Pemangku kepentingan lainnya yaitu mereka yang bertujuan bertukar pikiran dalam rangka memecahkan masalah yang ada. FGD menjadi alat untuk berargumen sesuai dengan topik spesifik yang diangkat.

Well, sekarang setidaknya kamu sudah mengenal apa itu Focus Group discussion. Semoga artikel ini berguna untukmu sebagai persiapan ketika akan menjalaninya. Goodluck ya!

Oh iya, Jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisanmupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya.

Terima kasih.

Daftar Pustaka

Indrizal E., “Diskusi Kelompok Terarah atau Focus Group Discussion

Kompasiana, https://www.kompasiana.com/febyunsoed/550d7f71a33311211e2e3b3d/tips-dan-trik-menghadapi-focus-group-discussion-fgd

Kompasiana, https://www.kompasiana.com/santidiwyarthi/54f84ea2a333112a608b52c8/focus-group-discussion-diskusi-kelompok-terarah

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu