Kamu Pengguna Laptop Apple? Yuk Simak Cara Mudah Mengambil Screenshot di Laptop MacOS atau MacBook

Kali ini Cerdaskan.ID akan memuat artikel mengenai cara mengambil gambar atau screenshot di laptop dengan MacOS di MacBook. Jika sebelumnya yang dibahas yaitu mengenai cara screenshot di laptop dengan sistem operasi windows, maka kali ini penulis akan membahas untuk sistem operasi MacOS pada laptop MacBook.

Bagi kamu yang memiliki Macbook atau laptop berbasis MacOS dan penasaran gimana cara screenshot, yuk cari tahu lebih jauh dalam artikel ini.

Pendahuluan

Cara mengambil gambar atau screenshot di MacBook atau laptop berbasis MacOS mungkin sudah banyak yang tahu, tapi belum sebanyak di OS (Operating System) Windows. Karena pengguna Windows masih merajai pasar sistem operasi terutama di Indonesia. Jadi make sense kan pada ga tau cara screenshot MacOS bagi para pengguna Windows 😀

Layar MacOS yang dapat diambil gambarnya secara penuh. Source: MacWorld

Sedikit bercerita mengenai sistem operasi, mostlikely kamu hanya akan menemukan sistem operasi MacOS di laptop keluaran merek Apple. Sedangkan untuk sistem operasi Windows yang dikeluarkan microsoft diterapkan di seluruh jenis merek laptop.

Tapi ada beberapa orang yang memilih menggunakan Linux, baik itu Ubuntu, Mint, Elementary atau yang lainnya, namun penggunanya masih dibawah pengguna Windows tentunya. Linux biasanya menerapkan sistem GUI (Graphical User Interface) dimana penggunaannya terkesan rumit, ditambah lagi memakai terminal bahasa pemograman. So, Windows menurut penulis dipilih oleh sebagian besar pengguna karena memang lebih mudah digunakan.

Kembali pada pengguna MacOS, yuk kita bahas screenshot di MacBook yang sebenarnya cukup mudah dan sederhana sekali loh!

Screenshot di MacOS atau MacBook

Seperti halnya Windows, MacOS memiliki banyak jenis atau versinya. Dalam artikel ini yang akan dibahas yaitu dari MacOS Sierra, High Sierra, dan Mojave. Kalau kamu ingin tahu urutan atau riwayat rilisan versi MacOS bisa berkunjung ke Wikipedia.

Mari langsung saja cari tahu cara mengambil gambar layar atau Screenshot di MacOS berikut ini : 

Menu Screenshot Mojave. Source: MacRumors

Gunakan Shift-Comand-5 alam MacOS Mojave

Jika kamu menggunakan MacOS X versi Mojave kamu bisa menggunakan Shift-Command ()-5 di keyboard kamu. Ketika membuka menu ini, kamu akan dihadapkan dengan beberapa menu pilihan seperti menangkap gambar seluruh layar, mengambil gambar jendela, mengambil sebagian gambar layar yang dipilih, atau merekam video layar.

Mengambil Screenshot layar secara menyeluruh

Kamu bisa juga menggunakan layar menu yang muncul dari perintah di atas, namun kamu bisa juga menggunakan tombol lainnya. Tombol lain di keyboard yang berfungsi mengambil gambar penuh yaitu Command + shift + 3.

Hasil tangkapan layar akan bernama Screen Shot diikuti waktu pengambilannya di folder desktop kamu.

Mengambil gambar layar atau Screenshot pada wilayah yang diseleksi

Di MacOS juga bisa mengambil sesuai keinginan kamu loh. Source: WikiHow

Jika di atas tadi kita disuguhkan mengambil gambar secara menyeluruh. Kali ini mirip dengan cara Snipping Tool pada Windows. Jadi gambar yang akan diambil bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Caranya yaitu Command + Shift + 4, kemudian seret layar sesuai area yang ingin kamu tangkap layarnya.

Kamu juga bisa memilih salah satu window untuk diambil gambarnya

Ketika kamu membuka beberapa window dalam MacBook kamu, kamu bisa menangkap salah satu gambar window tersebut loh. Caranya yaitu Command + Shift + 4 kemudian Space.

Mengambil gambar dengan Touch Bar

Pada MacOS versi Sierra 10.12.2 atau versi terbaru, kamu bisa mengambil gambar layar dengan Touch Bar yang ada di Laptop kamu. By the way, jika kamu belum tahu Touch Bar singkatnya adalah tombol yang berada di atas keyboard. Jelasnya di gambar ini.

Tombol-tombol dalam keyboard MacOS. Source: Support Apple

Kamu bisa mengubah beberapa peraturannya

Simpan di: Pilih lokasi penyimpanan otomatis untuk jepretan layar.

Timer: Pilih durasi jepretan layar diambil: berapa lama layar diambil setelah kamu mengklik keyboard.

Penutup

Baiklah demikianlah informasi yang dapat kami bagikan saat ini mengenai screenshot atau pengambilan gambar layar dalam MacOS. Gampang bukan? Hanya cukup dengan beberapa tombol keyboard saja. Tidak jauh berbeda dengan OS Windows tentunya.

Nah, jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisanmupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya.

Terima kasih.

Daftar Pustaka

Makemac, https://www.makemac.com/4-cara-mengambil-screenshot-di-mac/

Support Apple, https://support.apple.com/id-id/HT201361#earlier

WikiHow, https://www.wikihow.com/Take-a-Screenshot-with-a-MacBook

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu