Les Kumon – Temukan Detail Harga, Cara Daftar, Lokasi dan Informasi Lainnya Disini

Kali ini Cerdaskan.ID akan memuat informasi mengenai detil harga, cara daftar lokasi dan informasi terkait kursus / les di Kumon.

Bagi kamu yang berminat les di Kumon, yuk temukan berbagai informasi terkait les Kumon di sini untuk perencanaan yang lebih matang.

Pendahuluan

Belajar merupakan keharusan dan menjadi bagian dari kehidupan manusia. Dengan belajar, manusia bisa memperbaiki dirinya dan mengembangkan potensinya. Fungsi belajar tersebut mengantarkan peradaban manusia hingga menjadi saat ini. Teknologi bertebaran dan kemudahan dalam segala bidang merupakan bukti nyata hasil belajar manusia, di samping faktor lain tentunya.

Apa yang ada dibenak temen-temen ketika mendengar belajar? Suasana sekolah kah atau bimbel (bimbingan belajar) atau di kegiatan membaca buku ?

Memang, asosiasi pada kata “belajar” masih didominasi oleh suasana sekolah, buku, ataupun suasana membosankan. Jika dikupas secara makna, kata belajar yang ditujukan, menyatakan perubahan pada diri manusia baik itu dalam kognisi ataupun dalam perilakunya. Masalah sumber dari mana seseorang dapat belajar, merupakan hal di luar itu. Belajar bisa dari manapun, orang lain, buku, fenomena, bahkan dari makhluk hidup lainnya. Untuk itu demi menyongsong perubahan yang tentunya ke arah lebih baik, mari belajar sungguh-sungguh sedari dini.

Ilustrasi gambar buku pelajaran
Salah satu sumber belajar adalah buku.

Baca juga: Informasi Kursus Bahasa Jepang Terpercaya dan Lengkap

Saat ini kebutuhan untuk belajar terutama di sekolah non formal sangat tinggi. Salah satu fungsi sekolah non formal yaitu tempat bimbingan belajar (bimbel) atau les. Ini bertujuan tidak lain untuk menambah ilmu yang didapat di sekolah formal dan menjadikan orang itu lebih baik dari sisi pendidikannya.

Di Indonesia sendiri sangat banyak pilihan tempat bimbingan belajar bagi anak-anak sampai remaja. Salah satu tempat yang menyediakan pelayanan bimbingan belajar / les yaitu Kumon. Yuk bagi para orang tua atau kamu yang berminat mengikuti bimbingan les di Kumon, cek harga les Kumon di bawah ini!

Les di Kumon

Seputar Kumon

Kumon merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pendidikan terutama sekolah non formal. Kumon pertama kali didirikan oleh Toru Kumon tahun 1958. Toru Kumon merupakan seorang guru matematika SMA, yang pada awalnya menerapkan metode Kumon pada anaknya Takeshi yang masih kelas dua SD.

Kemudian di tahun 1955 kelas matematika dengan lembar kerja kumon dibuka di Osaka, Jepang. Memang pada awalnya Kumon hanya membuka kelas Matematika saja. Sehingga kelas yang ditawarkan di Jepang yaitu kelas Matematika. Sampai saat ini Kumon telah memiliki beberapa cabang di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Negara tersebut di antaranya yaitu US, Inggris, Taiwan, Brazil, Jerman, Australia dsb. Siswa yang belajar di kumon tercatat kurang lebih empat juta tiga ratus orang di 50 negara berbeda.

Filosofi Kumon

Dengan menggali potensi yang dimiliki oleh setiap individu serta mengembangkan kemampuannya sebesar-besarnya, Kumon memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan mengembangkan manusia-manusiayang sehat dan berbakat.” 

Filosofi Kumon

Dalam materi, selain matematika sekarang Kumon menawarkan juga bimbingan dalam memahami bacaan bahasa ibu dan bahasa asing. Sehingga kumon hanya menyediakan kursus Matematika dan Bahasa Inggris.

Metode Belajar di Kumon

Untuk mencapai tujuannya Kumon memiliki metode sendiri. Dalam mencapai kondisi seperti yang disebutkan di atas, perlu menerapkan dua metode berikut:

Logo kumon tanpa warna
Temukan Harga les kumon di sini.

Pertama adalah Pembimbing Kumon yang menemukan bagian yang “tepat” untuk setiap siswa. Yang kedua adalah bahan pelajaran Kumon yang disusun secara small steps untuk mendorong siswa maju dengan inisiatif mereka sendiri.

Kumon mengadakan placement test atau tes penempatan pada setiap siswa yang akan masuk sesuai kemampuan yang dimilikinya. Setelah itu pembimbing akan membuat rencana pembelajaran ke depan untuk siswa tersebut. Rancangan tersebut harus tepat selaras dengan siswa. Tepat dalam artian tingkat kesulitan pelajaran dan kemampuan siswa selaras. Ini akan menjaga semangat siswa dalam belajar. Sederhananya tidak terlampau jauh dari kemampuan siswa. Dalam psikologi istilah ini dinamakan Scaffolding (Baca di sini: Edglossary).

Kumon tidak menggunakan alat bantu dalam belajarnya selain pensil dan kertas. Ketika mengerjakan Matematika sulit sekalipun, tidak diperkenankan menggunakan kalkulator. Siswa akan diarahkan untuk mengerjakan worksheet y

Prosedur Pendaftaran

Bagi yang sudah matang akan mendaftar di Kumon, kamu bisa mengikuti prosedur daftarnya di bawah ini:

Mencari kelas Kumon

Kumon sudah tersebar di banyak titik di Indonesia. Carilah lokasi Kumon terdekat dengan tempat tinggal kamu dengan kelas yang spesifik kamu inginkan. Namun apabila tidak terdapat kelas seperti yang diinginkan bisa menghubungi kantor Kumon. Kamu juga bisa mencari tahu kelas terdekat dengan rumah kamu di sini [Cari Kelas Kumon Terdekat]

Membuat perjanjian untuk orientasi orang tua siswa

Sesudah mendapatkan kelas Kumon, biasanya setiap satu bulan sekali diadakan perjanjian dengan pembimbing untuk orientasi siswa. Perjanjian ini dibuat untuk mengetahui apa saja yang akan dilakukan, melihat trafik perkembangan siswa,  ditambah untuk mengetahui tujuan apa yang ingin dicapai.

Konsultasi tentang hasil tes penempatan

Setelah orientasi orang tua siswa akan diadakan tes penempatan. Tes ini untuk mengetahui dan memasukan anak ke level awal yang tepat sesuai kemampuan siswa. Penempatan kelas ini bukan sebagai tolak ukur pintar atau tidak, namun untuk memberikan pelayanan terbaik dalam menggali potensi siswa atau anak didik.

Harga Les Kumon Indonesia

Untuk masalah harga, Kumon bisa bersaing dengan segala keunggulannya. Ohya harga yang tercantum merupakan informasi yang penulis dapatkan pada November 2018. Untuk harga terupdate, tentunya kamu bisa menanyakan langsung ke kantor Kumon terdekat. 

Keunggulan Kumon

Keistimewaan Kumon salah satunya yaitu menumbuhkan sikap puas dan gembira siswa ketika menyelesaikan materinya dengan mudah dan sesuai kemampuannya. Kemudian tingkatan kesulitan akan ditingkatkan guna memaksimalkan potensi siswa. Karenanya di Kumon perbedaan individu sangat diperhatikan dalam belajar.

Yuk langsung aja cek harganya di bawah ini yang dikutip langsung dari web resmi Kumon Indonesia (Nov, 2018) :

Biaya Pendaftaran

Area 1 & Area 2: Rp. 280.000

Area 3: Rp. 250.000

Biaya Kursus Bulanan

Area 1

  • Prasekolah sampai Sekolah Dasar: Rp.420.000
  • SMP dan SMA: Rp. 470.000

Area 2

  • Prasekolah sampai Sekolah Dasar: Rp. 370.000
  • SMP sampai SMA: Rp. 420.000

Area 3

  • Prasekolah sampai Sekolah Dasar: Rp. 320.000
  • SMP sampai SMA: Rp. 370.000

Area Kumon

Area 1: Banten, Jabodetabek, Karawan.

Area 2: Bali, Bangka Belitung, Batam, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara.

Area 3: Aceh, D.I. Yogyakarta, Jambi, Jawa Tengah, Lampung, Lombok, Riau, Sumatera Barat.

Catatan:

  • Efektif per 1 Agustus 2016.
  • Uang pendaftaran dibayarkan satu kali pada saat pertama kali mendaftar di Kumon.
  • Biaya pendaftaran dikenakan untuk siswa pindah ke negara lain sesuai ketentuan negara tujuan.
  • Uang kursus bulanan adalah biaya per subjek per siswa. Sebagai contoh, jika seorang siswa SD (Jabodetabek) mengambil program Matematika dan Bahasa Inggris di kelas Kumon, total uang kursus yang dibayarkan siswa kepada Pembimbing adalah Rp. 1.120.000,-

Oh iya, jika kebetulan kamu akan berhenti dan masuk kembali ke Kumon, waktu yang terhitung adalah 3 bulan. Ketika memutuskan libur dari Kumon dalam maksimal waktu 3 bulan akan bebas dari biaya bulanan. Namun lebih dari durasi itu akan dianggap berhenti, dan ketika akan masuk kembali harus membayar uang pendaftaran kembali.

Jika kamu akan pindah dari Kumon satu dengan Kumon yang lain, kamu masih bisa melanjutkan untuk mengikuti pelajarannya itu.

Penutup

Oke untuk kali ini dicukupkan sampai di sini saja ya. Untuk kamu yang sedang mempertimbangkan untuk kursus, tentukan tempat kursus yang worthed untukmu, lakukan riset yang mendalam agar kamu tidak salah pilih ya. Bagi kamu yang hendak mengikuti les Kumon, semoga artikel ini bisa membantu menguatkan keputusan kamu. 

Untuk para orangtua yang membaca artikel ini, tetap berikan yang terbaik pada tumbuh kembang dan penggalian potensi optimal anak. Berikanlah dorongan yang tepat untuk mereka supaya menjadikan dirinya belajar mandiri dan proaktif. Sehingga outputnya mengetahui peranan dirinya dalam masyarkaat.

Oh iya, jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisanmupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya.

Terima kasih.

Daftar Pustaka

Edglossary, https://www.edglossary.org/scaffolding/

Kumon Global, http://id.kumonglobal.com/page.jsp?id=657

Wikipedia, https://id.wikipedia.org/wiki/Metode_Kumon

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu