Mari Mengenal Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim: Tekanan Udara dan Angin dalam Menjelaskan Turunnya Suhu di Indonesia

Kali ini Cerdaskan.ID akan memuat artikel mengenai  Unsur-unsur lain dari Cuaca dan Iklim yaitu Tekanan Udara dan Angin. Unsur tersebut bisa menjelaskan turunnya suhu udara di Indonesia akhir-akhir ini.

Bagi kamu yang penasaran dan menaruh minat pada fenomena alam ini bisa di simak lebih lanjut di bawah ini.

Pendahuluan

Seperti yang sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya [Ini penjelasan mengapa suhu di Indonesia menjadi turun jauh dan Dingin] mengenai penurunan suhu udara di Indonesia bukan karena aphelion. Namun ini merupakan siklus tahunan bumi. Fenomena aphelion sendiri merupakan fenomena annual bumi dalam mengorbit pada matahari di lintasan yang elips. Hal itu menyebabkan akan terjadinya jarak terdekat dan terjauh dari matahari.

wrong trump GIF
Wrong bro

Seperti yang dilansir dari AccuWeather suhu udara merupakan hasil yang dipengaruhi oleh hal yang lebih komplek daripada aphelion. Karena suhu udara merupakan bagian dari cuaca dan iklim, Oleh karena itu, kamu harus perlu tahu unsur-unsur yang mempengaruhi keduanya.

Jika kamu ingin menggali lebih luas lagi kamu bisa mempelajari salah satu lapisan bumi yaitu atmosfer. Well, mungkin akan saya jelaskan lain kali mengenai bagian atmosfer di bumi. Saat ini mari membahas unsur cuaca dan iklim yaitu tekanan udara dan angin.

Definisi

Sebelum melangkah lebih dalam, untuk membentuk konsep pikir lebih baik berangkat dari definisi kedua hal tersebut.

Tekanan udara merupakan tekanan yang diberikan udara setiap luas bidang datar dari permukaan bumi sampai batas atmosfer karena beratnya pada tiap 1 cm persegi.

Yutmaida, Y., Geografi 1

Sedangkan angin memiliki definisi

Angin merupakan pergerakan udara pada arah horisontal karena adanya perbedaan tekanan udara. Angin bertiup dari tekanan udara tinggi menuju tekanan udara rendah.

Yulmaida ,. dan sumber lain

Seperti itulah perbedaan secara defintif antara tekanan udara dan angin yang mana keduanya saling bekaitan.

Tekanan Udara

Berdasarkan penjelasan di atas kita bisa mendapatkan bahwa tekanan udara akan berbeda pada tempat secara vertikal. Artinya, makin tinggi suatu tempat maka kerapatan udaranya semakin rendah. Sehingga tekanan udara akan berbanding terbalik dengan ketinggian tempat yang mana semakin jauh dari permukaan akan semakin kecil tekanan udaranya.

Sumber : blog serba ada

Gambar paling jelas yaitu adanya anjuran batas dalam mendaki sebuah gunung pada sekian meter di atas permukaan laut. Ini disebabkan udara makin tipis di sana. Itulah mengapa jarang yang bisa menaklukan atap dunia yaitu Gunung Everest, susahnya itu kayak naklukin doi wkwk.

Karena semakin ke atas tekanan udara mengecil, ini berarti tekanan udara paling besar berada di atas lautan. Tekanan udara akan turun 1/30 kali setap naik 300 m (turun 1 mm Hg setiap naik 11 m) pada atmosfer bawah.

Penyebaran tekanan udara akan berbeda di setiap tempat. Dalam peta, tekanan udara ditunjukan oleh Isobar. Isobar sederhananya yaitu Iso = Sama dan Bar = tekanan (udara). Jelasnya yaitu garis yang menghubungkan daerah dengan tekanan udara yang sama pada waktu yang sama juga. Kamu hanya perlu ingat Barometer. Karena barometer merupakan alat pengukur tekanan udara.

Contoh peta isobar. Source: Toiki

Tekanan udara di bumi yang bervariasi disebabkan karena penyebaran suhu udara oleh pergerakan letak matahari, garis lintang, gaya tarik bumi, komposisi gas penyusunnya, dan penyebaran daratan serta lautan. Sedangkan unsur lainnya sama seperti yang mempengaruhi suhu udara.

Sebagai catatan juga bahwa udara akan selalu menyamakan tekanan sehingga terjadilah pergerakan dari daerah bertekanan udara tinggi menuju daerah bertekanan udara rendah, ini disebut angin.

Penyebaran Tekanan Udara

Seperti yang telah di jelaskan di atas tekanan udara dipengaruhi oleh garis lintang. Karena di bumi in terbagi ke dalam empat wilayah di antaranya.

1. Pembagian Lintang

Pembagian garis lintang

A. Daerah minimum tekanan udara khatulistiwa/equator/doldrum karena penyinaran matahari sepanjang tahun sehingga udara menjadi renggang. Di daerah ini terdapat daerah tenang yang terletak di lintang 0-10 LU dan LS. Akibatnya kapal layar sering menghindari daerah tersebut karena sukar untuk maju.

B. Tekanan udara tinggi sepanjang sub tropis utara dan selatan dengan lintang 25-35 derajat. Namun daerah sub tropika memiliki daerah tenang juga di lintang 30-40 derajat LU dan LS. Ini disebut juga lintang kuda.

C. Tekanan udara rendah sepanjang sub tropis utara dan selatan dengan lintang 60-70 derajat.

D. Tekanan udara tinggi pada lintang kutub utara dan selatan.

2. Daerah front

Daerah ini terbentuk karena ketika udara panas dan dingin berdampingan. Ibarat minyak kedunya tidak bisa menyatu, atau ibarat kamu dengan doi wkwk. Ketika udara panas dan dingin bertemu akan membentuk front. Udara panas akan berada di atas udara dingin dan di antaranya disebut dengan bidang front. Ada tiga jenis front di bumi ini yaitu

A. Front dingin yaitu jika udara dingin bergerak ke arah udara panas. Front itu dinamakan front panas.

B. Front poler, terletak antara udara subtropika dan sedang.

C. Front khatulistiwa terletah di belahan bumi khatulistiwa.

Angin

Berdasarkan definisi di atas, angin terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara di suatu daerah. Perbedaan tekanan udara tersebut disebabkan karena intensitas penyinaran sinar matahari. Itu mengakibatkan tekanan udara menjadi rendah, dan daerah yang tidak banyak terkena sinar matahari akan memiliki tekanan udara yang tinggi.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan dari premis di atas bahwa udara akan selalu bergerak dari daerah kutub ke daerah khatulistiwa. Hubungan antara tekanan udara dan angin dinyatakan dalam Hukum Buys Ballot. Hukum Buys Ballot menyatakan bahwa udara akan bergerak dari daerah maksimum ke daerah minimum. Kemudian udara akan berbelok arah ke kanan di utara dan membelok ke kiri di selatan. Kamu bisa lihat ilustrasinya di bawah ini.

Hukum buys ballot dengan efek corilois

Angin memiliki kecepatan yang diukur dalam satuan milibar. Kecepatan angin sendiri banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya yaitu perbedaan tekanan udara dua isobar dan adanya hambatan. Hambatan yang dimaksudkan adalah bentuk permukaan, gedung, pohon dan rintangan lainnnya yang menghalangi. Ini menjadi alasan mengapa kalau main layangan di lapangan luas akan cepat terbang.

Penyebab lainnya yaitu waktu, letak geografis, gradien tekanan horisonal. Alat yang digunakan untuk mengukur angin yaitu anemometer.

Jenis Angin

Angin sering memiliki nama yang berbeda di setiap daerahnya, namun yang pasti angin secara terstandard diberi nama sesuai arah datangnya angin. Misal angin laut berarti angin dari laut ke darat dsb.

nicolas cage hair GIF
Angin

Sebelum mengenal jenis angin kita simak sistem peranginan di dunia menurut Hadley yaitu karakteristik daerah doldrums atau khatulistiwa bertekanan rendah, adanya angin pasat timur laut dan tenggara, garis lintang kuda bertekanan tinggi, angin barat dan angin timur kutub.

Yuk simak beberapa jenis angin yang ada.

1. Angin Barat dan Timur

Angin barat merupakan angin yang berhembus dari daerah lintang 35 derajat LU dan LS yang akan berbelok ke kanan di daerah sub tropik dengan lintang 60 derajat LU dan LS karena pengaruh rotasi bumi. Sedangkan angin timur adalah angin yang bergerak dari timur di daerah kutub utara dan selatan.

Angin dunia

2. Angin pasat timur laut dan tenggara

Angin pasat merupakan angin yang bergerak dari daerah sub tropis yang bertekanan udara tinggi menuju daerah khatulistiwa. Sifat daerah khatulistiwa yang bertekanan rendah dan menciptakan daerah kosong akibat penyinaran matahari. Kaya pengaruh rotasi atau coriolis, angin pasat dibagi menjadi dua. Angin pasat dari utara akan berbelok sehingga menjadi angin pasat timur laut, sedangkan angin pasat dari selatan akan berbelok menjadi angin pasat tenggara.

Sebaliknya udara yang bergerak naik dan massa udara selalu ringan dari khatulistiwa menyebabkan angin kering di daerah sub tropis. Ini berakibat terbentuknya gurun di daerah sub tropis.

3. Angin siklon dan anti-siklon

Angin anti siklon dan siklon. Source: Siswapedia

Angin siklon dan anti siklon merupakan angin yang bergerak memutar. Di utara angin akan berputar searah dengan jarum jam dan disebut angin siklon, sedangkan di selatan sebaliknya. Siklon sendiri berarti pusat tekanan udara rendah dikelilingi area bertekanan udara tinggi (konvergen), sedangkan antisiklon berarti pusatnya bertekanan tinggi yang dikelilingi daerah bertekanan rendah.

4. Angin musim atau Munson atau Muson

Angin ini terjadi lintas benua. Mungkin angin ini yang banyak dipebincangkan akhir-akhir ini. Angin musim atau munson terjadi karena perbedaan pemanasan antara daratan dan lautan. Periode antara april-oktober, belahan bumi utara dan Asia mengalami pamanasan maksimal sedangkan di Australia sedang musim dingin. Sehingga angin bergerak dari Australia yang membawa udara kering bagi Indonesia. Akibatnya terjadi musim kemarau di Indonesia dan terjadinya penurunan suhu udara.

Sebaliknya periode oktober-april Indonesia akan menerima udara banyak uap airnya dan jenuh di Indonesia sehingga turun hujan.

5. Angin darat dan laut

Proses angin darat dan laut. Source: FisMath

Angin darat dan angin laut terjadi karena perbedaan sifat pemanasan antara daratan dan lautan. Ketika siang hari daratan akan cepat panas daripada lautan, sehingga angin yang berhembus terjadi dari lautan dan disebut angin laut.

Sedangkan pada malam hari daratan akan cepat mengeluarkan panas sehingga tekanan udaranya tinggi dan anginpun berhembus dari daratan ke lautan, ini disebut angin darat.

6. Angin lembah dan lereng

Angin lembah dan gunung. source: Kuttabku

Konsep antara lembah dan gunung sama dengan daratan dan lautan. Ketika siang hari gunung atau lereng akan lebih cepat panas, sehingga angin akan berhembus dari lembah menuju lereng. Sedangkan pada malam hari sebaliknya.

7. Angin lokal atau fohn

Angin fohn. Source: Satujam

Angin fohn merupakan gerakan massa udara menuju ketinggian lebih dari 2.000 meter. Angin yang bergerak naik memiliki uap air banyak sehingga turun hujan. Ketika angin itu terjun di lereng lain, angin tersebut membawa uap kering dengan kecepatan tinggi.

Angin fohn memiliki banyak nama di Indonesia seperti angin kumbang di Cirebon, angin Bohorok di Deli, Angin Ganding di Probolinggo dsb.

Penutup

Jadi, tekanan udara dan angin saling berkaitan satu sama lain. Karena ini merupakan siklus atmosfer di bumi. Untuk penjelasan fenomena suhu udara dingin di Indonesia terjadi karena siklus tahunan musim kemarau. Siklus tersebut karena uap air di udara yang dibawa dari Benua Australia merupakan udara kering. Yang mana penjelasan udara kering telah dijelaskan di [Ini penjelasan mengapa suhu di Indonesia menjadi turun jauh dan Dingin]. Jadi, sebenarnya suhu udara rendah di Indonesia merupakan agenda tahunan yaitu antara bulan april-oktober dan karena posisi pergerakan semu matahari.

Dan juga untuk daerah pegunungan, seperti yang dijelaskan suhu akan turun sebesar 1 derajat celcius setiap naik 100 m. Sehingga bisa dipastikan, orang yang tinggal di pegunungan akan sangat merasa kedinginan dan kesepian.

lonely death GIF by Dark Igloo
kesepian

Well, semoga ini bisa menjelaskan sedikit bagi kamu yang tertarik dengan fenomena udara dingin di Indonesia dan siklus atmosfer.

Semoga kamu lebih terbuka dan terus mencari kebajikan dalam hidup. Karena tahu banyak hal tidak akan rugi, dan ilmu itu tidak berat untuk dibawa kemana-mana. Yuk mari sebarkan berita yang valid dan cegah informasi hoax supaya masyarakat Indonesia semakin cerdas dan berkompeten.

Bacaan Lebih Lanjut

Wikipedia, https://en.wikipedia.org/wiki/Wind

https://www.cwb.gov.tw/V7e/knowledge/encyclopedia/me012.htm

Manoa Hawai wind system, https://manoa.hawaii.edu/exploringourfluidearth/physical/atmospheric-effects/wind-systems

Redaksi - Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu