Membuat Logo – Tips dan Trik Sederhana, Cocok Buat Pemula

Kali ini Cerdaskan.ID akan memuat artikel mengenai bagaimana membuat sebuah logo sederhana yang cocok untuk pemula.

Bagi kamu yang saat ini sedang ditugaskan membuat logo ataupun memiliki sebuah produk, acara, ataupun proyek yang memerlukan logo dan masih awam dengan itu, kamu bisa membaca tutorial tips membuat logo sederhana ini hingga tuntas. Yuk baca dan lanjutkan sampai akhir!

Pendahuluan

Beberapa contoh logo perusahaan ini bisa dipelajari. Source: Pexels.com

Logo atau desain saat ini menjadi sentral fungsinya, terutama untuk sebuah branding. Penggunaan logo tersebut juga mencirikan sebuah identitas suatu organisasi, kelompok, atau komunitas. Selain itu juga, logo biasanya memiliki sebuah makna filosofis mendalam. Sebuah perkumpulan, dalam membuat logo setiap gurat, warna, dan bentuknya memiliki arti tersendiri. Karenanya untuk mengenalkan kelompok kamu, sudah barang tentu memiliki logo sendiri menjadi kewajiban yang harus dipenuhi.

Membuat konsep sebuah logo memang merupakan sebuah perkara yang susah-susah gampang. Susahnya yaitu ketika kamu harus menjalani prosesnya dari awal hingga tahap eksekusinya, dan gampangnya kamu sudah dimudahkan dengan beragam aplikasi desain grafis. Aplikasi yang biasanya populer digunakan dalam membuat desain logo yaitu Adobe Photoshop, Ilustrator, Corel Draw, Paint, Canva dan sejenisnya.

Baca juga: Cara Membuat Design Sederhana Menggunakan Adobe Photoshop

Mungkin bagi kamu yang memang baru pertama kali bersentuhan dengan membuat logo akan bingung cara buatnya. Kamu hanya perlu memiliki dan menguasai beberapa tools dari aplikasi di atas. Jadi meskipun kamu baru pertama kali, membuat desain logoakan menjadi lebih mudah.

Yuk simak beberapa tips membuat logo sederhana dan cocok buat pemula di bawah ini!

Tips Membuat Logo Sederhana untuk Pemula

Pelajari dasar logo yang efektif

Ini merupakan indikator desain logo yang efektif. Source: Berakal.com

Tujuan membuat logo pastilah untuk membedakan ciri kita dengan orang lain. Ini sudah barang tentu jika logo kita ingin terus diingat oleh orang. Karena dengan begitu, logo merupakan representatif unik dari sebuah kelompok atau identitas kita. Oleh karena itu, mempelajari pembuatan logo yang efektif merupakan suatu keharusan bagi kamu. Prinsip-prinsip logo yang efektif di antaranya yaitu:

Baca juga: Cara Membuat PowerPoint Elegan yang Memikat Hati Audiens

Harus sederhana supaya mudah diingat dan dikenal orang. Mudah diingat biasanya harus sesuai dengan brand atau sedikit mencolok supaya tertanam kuat di pikiran, harus bertahan lama, jangan mengikuti popularitas sementara karena harus jangka panjang sifatnya, harus serba guna artinya bisa diterapkan dalam aplikasi apapun sehinga menggunakan warna pilihan menjadi yang harus diutamakan, harus sesuai artinya harus memiliki kesesuaian dengan tuuan dan tema pembuatannya.

Kenali tujuan membuat logo

Coba kamu kenali apa tujuan membuat logo. Source: Pexels.com

Mengenali tujuan pembuatan logo akan lebih membantu kamu dalam kefektifan bekerja. Tujuan dari pembuatan logo sendiri umumnya yaitu untuk mengenalkan produk atau identitas kamu. Ketika kamu paham dengan arti tersebut, harusnya sudah mengenali bagaimana supaya logo kamu mudah teringat oleh orang lain. Mungkin harapannya ketika dipaparkan logo kemudian dirotasi beberapa derajat pun logo kamu masih teridentifkasi.

Untuk mencapa itu semua, kamu harus memahami proses kerja otak manusia dalam mengingat. Biasanya memori manusia bekerja dan tahan lama terhadap sesuatu yang unik, berbeda, dan tidak memerlukan tenaga lebih untuk mengingat. Kamu juga bisa melakukan riset terlebih dahulu tentang sasaran konsumen kamu. Sehingga logo yang akan kamu buat bisa dikreasikan dengan kesesuaian antara animasi dengan konsumen kamu.

Pahami alur pembuatan logo juga

Kamu harus memahami alur pembuatan logo secara teratur. Source: Pexels.com

Untuk mendapatkan logo yang efektif dan juga dikenal oleh konsumen, kamu harus memahami alur pembuatan logo. Dengan memahaminya kamu akan mengembangkan sistem kerja yang baik, serta capaian logo yang efektifpun bisa tercapai. Secara konsep, prosedur ini memang terkesan rumit. Namun ketika kamu sudah terbiasa dengan ini, hal tersebut bukan merupaka sebuah masalah.

Baca juga: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Android Wajib Dimiliki Siswa atau Mahasiswa

Alur yang bisa kamu lakukan ketika pertama kali membuat logo yaitu riset, yaitu mencari tahu apa yang dibutuhkan dan menilik saingan. Brainstorming, atau mencari ide dan mengumpulkan ide serta menyimpulkan apa yang cocok. Sketching, pada tahap ini kamu sudah mulai membuat sketsa logo yang akan dibuat. Eksekusi, tahap ini kamu mulai membuat vektor desain logo menggunakan software di komputer. Presentasi, tahap ini kamu coba minta orang lain menilai bagiamana logo kamu atau coba minta tanggapan klien apa yang kurang. Revision, tahap ini mencoba menambahkan hasil persentasi dan masukan dari beberapa orang terkait kekurangan logo kita. Delivery, terakhir kamu bisa memakai dan menggunakan logo deh.

Bermainlah dengan warna dan Typography

Kamu bisa mengkombinasikan beberapa jenis font loh. Source: Pexels,com

Dalam pembuatan logo, warna dan typgraphy atau jenis font merupakan nyawa penting. Dengan pemilihan warna yang tepat dan kiranya seimbang serta kokoh akan menambah kesan pada logo kamu. Pemilihan warna yang cerdas seperti mengkombinasikan logo dengan brand kamu sangat dianjurkan. Contohnya kamu bisa lihat logo edX yang mengkombinasikan beberapa warna namun tetap elegan.

Namun kamu juga tidak perlu berlebihan soal warna, bahkan terlalu mencolok akan diabaikan orang. Pilihannya yaitu bisa menggunakan satu warna saja. Contohnya yaitu facebook dengan warna birunya ataupun android dengan warna hijaunya. Oh iya, kamu bisa mempelajari korealasi antara warna dan mood seseorang. Sehingga akan membantu kamu dalam memilih warna dasar.

Baca juga: Inilah 10 Soft Skills yang Harus Kamu Miliki Dalam Menghadapi Ekonomi Tahun 2020

Untuk masalah typography, kamu harus bisa memilih jenis yang berbeda. Sebisa mungkin kamu jangan menggunakan jenis font yang sudah lumrah digunakan. Kamu bisa mensortir beberapa jenis font dan melihat kecocokan dengan desain kamu.

Oh iya, selain itu juga kamu bisa memaksimalkan fitur lain seperti italic, bold, serif atau underline. Selain itu jangan pernah nekat juga menggunakan beberapa jenis font dalam satu logo. Cukup dengan satu jenis saja akan sangat menarik. Contohnya yaitu jenis font andoroid yang sangat unik, dan tentunya cocok dengan niche smartphone. Kamu bisa mengambl inspirasi dari sana loh.

Coba gunakan bentuk ruang sederhana

Logo tentunya past memiliki suatu bangun ruang, seperti facebook yang menggunakan persegi, ataupun ford dengan bentuk lonjongnya. Kamu juga bisa menggunakan lingkaran seperti logo Dell atau juga tanpa bentuk ruang juga akan lebih menarik seperti Android, coca-coal dsb. Intinya kamu harus bisa mengkombinasikan antara bentuk ruang, warna, animasi, dan typography yang sesuai dengan niche logo kamu. Jangan lupa juga dengan konsep logo yang efektif.

Sebisa mungkin menggunakan aplikasi berbasis vektor

Dalam tips ini, kamu berarti sudah sampai pada tahap eksekusi. Tahap ini tentunya memerlukan bantuan piranti komputer yaitu software design. Biasanya dalam pembuatan logo atau editing menggunakan adobe illustrator, photoshop, inDesign, element, corel draw, canvas dan sejenisnya.

Baca juga: 6 Kemampuan Ini Harus Segera Kamu Miliki di Abad ke-21 Supaya Kamu Bisa Meraup Penghasilan

Ketika kamu membuat logo, sebisa mungkin menggunakan aplikasi yang berbasis vektor bukan pixel. Alasannya yaitu ketika kamu memperbesar atau memperkecil ukuran logo, itu tidak akan pecah. Sehingga keindahan dan keunikan logo kamu tidak kabur. Aplikasi yang berbasis vektor di antaranya yaitu Corel Draw dan adobe illustrator dsb. So perhatikan itu ya.

Download bahan-bahan kebutuhan logo di website gratis

Tips tambahannya yaitu, kamu bisa menggunakan beberapa animasi tambahan untuk mempercantik logo kamu. Misalnya di situs freepik.com, canva.com, iconfinder.com, flaticon.com dan sebagainya. Tentunya selain membuat logo lebih sederhana dan mudah, kamu akan lebih hemat biaya.

Penutup

Oke untuk kali ini hanya cukup sampa di sini saja, semoga bagi kamu yang sedang membutuhkan logo bisa terealisasikan dan terbantu. Jangan pernah takut untuk berbeda, karena kegunaan logo yaitu untuk membedakan identitas milik kita dengan identitas orang lain. So, mari menembus batas dan berpikir out of the box.

Oh iya, jika kamu suka menulis tapi merasa membuat & mengurus blog ribet, kamu bisa langsung berkontribusi di Cerdaskan.ID! Kamu tidak perlu membuat akun, dan tulisanmupun bisa kamu kirim lewat chat atau metode lain, dimana tim kami bisa bantu melakukan editing agar asik dibaca banyak orang! Lihat bagaimana caranya.

Terima kasih.

Daftar Pustaka

Cara bisnis online, https://carabisnisonline.co.id/anda-baru-mau-membuat-desain-logo-cukup-lihat-tips-ini/
Piratto, https://piratto.com/12-tips-dan-panduan-dalam-membuat-logo/
Berakal, https://www.berakal.com/cara-membuat-logo-dengan-photoshop/#
Canva, https://www.canva.com/id_id/membuat/logo/

Arif Budiman

Penyuka langit biru di antara pepohonan yang hijau

Punya Pertanyaan atau Komentar untuk Kontributor?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu